harga asbes

Berkenalan dengan Jenis, Kelebihan, dan Kekurangan Serta Harga Asbes

Anda pastinya sudah sangat familiar dengan penggunaan bahan asbes sebagai atap rumah, bukan? Material asbes ini digadang-gadang menjadi pengganti atap seng. Struktur yang lebih tebal membuat atap asbes ini tidak begitu berisik bila hujan tiba. Jadi, tidak heran masyarakat mulai mempertimbangkan asbes daripada atap seng. Anda sendiri pastinya juga penasaran dengan material hunian yang satu ini dan juga ingin tahu berapa harga asbes, bukan?

Saat ini, sudah ada beragam produk material asbes sehingga Anda memiliki banyak sekali opsi. Masing-masing jenis asbes yang ada tentunya punya karakteristik yang berbeda. Anda harus paham betul mengenai material yang satu ini bila ingin menggunakannya sebagai bahan atap Anda. Hal ini penting agar Anda bisa nyaman ketika hunian sudah jadi dan berakhir menggunakan atap asbes. Biaya konstruksi juga tak kalah penting untuk Anda pertimbangkan sehingga cek juga harga kayu atau material atap pendukung lainnya. Ulasan di bawah ini membahas mengenai asbes secara singkat dan bisa Anda gunakan sebagai tambahan pengetahuan.

Jenis-Jenis Serta Harga Asbes

harga asbes

Pertama-tama, mari belajar dulu mengenai jenis-jenis asbes yang ada beserta rentang harga asbes pada masing-masing jenisnya. Anda bisa mengenali material asbes ini dengan mudah karena material konstruksi saat ini belum ada yang menyerupai asbes. Material yang satu ini memiliki tekstur yang kasar dengan warna abu-abu muda.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mempelajari melalui jenis-jenisnya di ulasan berikut ini.

Jenis Asbes Putih atau Chrysotile

Asbes putih ini memang memiliki warna terang atau putih daripada jenis asbes yang lainnya. Jenis chrysotile ini merupakan jenis asbes yang paling umum di pasaran. Anda bisa menemukan dengan mudah jenis asbes ini di toko-toko bangunan terdekat. Asbes putih memiliki tekstur yang cenderung lebih halus dan tahan terhadap panas. Menariknya, bahan asbes ini juga memiliki tingkat fleksibilitas yang bagus.

Tidak heran bila banyak masyarakat yang memilih beralih menggunakan asbes daripada jenis material atap lainnya. Dari tampilannya, Anda bisa memilih untuk membeli asbes dengan gelombang yang kecil atau gelombang yang besar. Untuk asbes gelombang kecil dengan ketebalan 4 mm dan sepanjang 1,5 meter, Anda bisa membelinya seharga Rp 60.000-an saja. Makin panjang asbes yang ingin Anda beli tentu harganya juga akan meningkat.

Harga asbes ini relatif terjangkau untuk mengatasi kebutuhan atap hunian Anda, bukan? Sedangkan untuk asbes gelombang besar harganya berada di kisaran Rp 95.000-an per lembar dengan ketebalan 5 mm dan panjang 1,8 meter.

Jenis Asbes Coklat atau Amosite

Ya, abses yang satu ini warnanya memang coklat tua dan memiliki perbedaan yang cukup mencolok daripada bahan material asbes yang lainnya. Karakteristik utama dari jenis  asbes ini adalah daya tahannya terhadap panas dan kekuatan yang tinggi. Kedua hal ini sering kali mampu menggerakkan masyarakat untuk memilih jenis asbes coklat sebagai bahan atap mereka.

Bila Anda menyadarinya, ini merupakan jenis asbes yang cukup sulit Anda temukan. Karena memang cukup jarang toko bangunan yang memajang asbes coklat ini di toko mereka. Kemungkinan besar Anda harus memesan terlebih dahulu bila ingin menggunakan jenis asbes coklat atau amosite.

Alasan sebenarnya mengapa jenis asbes ini cukup sulit Anda temukan bukan karena harga asbes sangatlah mahal. Serat-serat asbes amosite ini ukurannya sangat tipis dan rapuh sehingga besar kemungkinan bisa terhirup oleh manusia. Hal ini jelas akan membahayakan mereka yang menghuni di bawah atap asbes ini. Terlebih, ini merupakan jenis asbes yang potensi buruk terhadap kesehatannya lebih tinggi daripada jenis asbes yang lain. Jadi tidak heran bila Anda akan kesulitan untuk menemukan jenis asbes amosite ini.

Jenis Abses Biru atau Crocidolite

Selanjutnya, ada asbes biru atau crocidolite yang punya serat sangat tipis dan rapuh pula. Hampir sama dengan amosite, tetapi crocidolite ini pontensinya lebih berbahaya untuk kesehatan penggunanya. Sebisa mungkin Anda harus menghindari penggunaan asbes biru atau crocidolite.

Jenis Asbes Tremolit, Aktinolit, dan Anthophyllite

Asbes-asbes selanjutnya merupakan tiga jenis yang terakhir. Yang Anda tahu asbes merupakan material atap dengan serat kasar dan berwarna abu-abu. Selain itu, penggunaan asbes umumnya adalah untuk material atap hunian di Indonesia.

Uniknya untuk serat tremolit, aktinolit, dan anthophyllite merupakan jenis asbes yang bisa Anda temukan dalam kandungan cat, drywall, dan kontaminan lantai komposit. Dengan kata lain, bentuk dari asbes ini bukannya lembaran bergelombang yang biasa masyarakat gunakan sebagai atap hunian.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Atap Asbes

Sebagai calon pengguna, Anda mungkin saja sudah sedikit ragu mengingat penggunaan asbes tidak bagus untuk kesehatan. Di beberapa negara, bahkan sudah ada pelarangan penggunaan atap berbahan asbes ini. Dalam jangka waktu yang pendek Anda memang tidak bisa membedakan atau merasakan bahaya dari penggunaan asbes.

Di samping kekurangan asbes di bidang kesehatan tersebut, ternyata masih ada kekurangan-kekurangan lain dari material yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari asbes yang harus terima bila ingin menggunakannya.

Pemasangan yang Cukup Sulit

Asbes memang memiliki tekstur yang kuat dan kokoh, tetapi bukan berarti material ini tidak bisa rusak sama sekali. Bila Anda tidak berhati-hati ketika memasangnya unit asbes bisa retak dan menyebabkan kebocoran di hunian Anda. Bila sudah begini Anda tentu harus mengganti papan asbes tersebut dengan yang baru. Harga asbes memang relatif terjangkau tetapi bila banyak papan asbes yang rusak ketika pemasangan tentu saja akan tetap merugikan Anda.

Membuat Ruangan Panas

Material asbes ini dapat mengganggu suhu serta sirkulasi udara sehingga membuat ruangan menjadi pengap. Selain itu material asbes juga menyerap panas dan akibatnya dapat membuat ruangan di rumah Anda menjadi panas pula. Kombinasi sirkulasi udara yang buruk dan panas matahari tentu cukup membuat Anda sekeluarga tidak nyaman, bukan?

Terlepas dari semua kekurangan dari material asbes, masih ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari material asbes.

Material Asbes Ringan dan Fleksibel

Walaupun terlihat tebal dan kokoh, ternyata material asbes ini relatif ringan. Hal ini tentu dapat mempermudah Anda untuk memindahkan dan melepaskan unit materialnya. Yang mengejutkan, material asbes ini juga fleksibel sehingga Anda bisa lebih mudah ketika memasangnya.

Daya Tahan Tinggi

Jarang-jarang ada material konstruksi yang tahan lama dan murah seperti asbes ini. Material asbes bisa tahan di tengah terpaan terik matahari yang menyengat dan dinginnya hujan sekalipun. Maka, tidak heran bila masih banyak yang memilih menggunakan atap berbahan asbes.

Sampai di sini saja pembahasan mengenai atap asbes lengkap dengan harga asbes. Mengingat bahwa ada beberapa jenis atap asbes yang kurang baik untuk kesehatan, Anda benar-benar harus berhati-hati ketika mengambil keputusan. Hunian merupakan investasi jangka panjang di mana Anda dan keluarga akan bernaung dalam waktu yang lama. Tentu akan sangat berbahaya bila rumah yang seharusnya melindungi justru berpotensi mencelakai. Maka dari itu, pertimbangkan penggunaan jenis atap lain dan ketahui harga genteng masing-masing jenisnya sebagai perbandingan.

Reisha Dewi

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Berkenalan dengan Jenis, Kelebihan, dan Kekurangan Serta Harga Asbes yang dipublish pada October 15, 2023 di website BikinRumah.co.id

Leave a Comment