Kredit rumah langsung pemilik

Cari Tahu Tentang Kredit Rumah Langsung Pemilik

Kredit rumah adalah salah satu cara untuk mendapatkan hunian dengan lebih mudah. Hal ini karena dengan kredit seseorang tidak perlu membayar secara penuh harga rumah dalam satu waktu melainkan mencicilnya selama beberapa tahun. Cara ini tentu akan lebih terjangkau bagi mereka yang memiliki penghasilan rendah tetapi sudah membutuhkan rumah. Kredit rumah sendiri jenisnya ada banyak dan memiliki teknis yang berbeda-beda. Salah satu opsi kredit rumah yang harus Anda ketahui adalah kredit rumah langsung pemilik. Ini merupakan kredit rumah yang cukup berbeda dengan sistem kredit rumah pada umumnya.

Bagi Anda yang sekarang sedang mempertimbangkan untuk kredit rumah tentu harus tahu seluk beluk kredit rumah dengan baik. Tanpa informasi yang lengkap besar kemungkinan Anda melakukan kesalahan ketika memutuskan kredit rumah dan pada akhirnya justru merugikan diri sendiri. Anda pastinya tidak ingin membuang-buang uang karena kesalahan yang sebenarnya bisa dengan mudah Anda hindari, bukan? Ulasan yang satu ini akan membantu Anda memahami mengenai kredit rumah.

Apa Sih Maksud dari Kredit Rumah Langsung Pemilik?

kredit rumah langsung pemilik
Sumber Freepikcom

Ketika pertama kali mendengar istilah kredit rumah langsung pemilik Anda mungkin akan bingung. Karena yang namanya kredit biasanya berhubungan dengan bank atau pihak lain yang mengurus keuangan. Bila tidak demikian maka Anda akan berhubungan langsung dengan developer rumah yang Anda incar dan bukannya pemilik rumah.

Secara prinsip sebenarnya program kredit rumah ini sama saja dengan kredit rumah yang Anda ketahui menggunakan sistem KPR ke bank. Dengan kata lain ini merupakan salah satu alternatif untuk membeli rumah secara kredit selain dari bank. Sesuai dengan namanya, kredit rumah yang satu ini hubungannya secara langsung ke pemilik rumah incaran.

Baca juga: Kredit Rumah Berapa Tahun Sih yang Tepat Itu?

Berikut ini merupakan tahapan proses kredit rumah langsung pemilik yang akan Anda lalui.

Proses Pembayaran Tanda Jadi Membeli

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika memutuskan untuk kredit rumah langsung kepada pemiliknya adalah memproses tanda jadi membeli. Pembayaran tanda jadi ini merupakan bukti bahwa Anda benar-benar ingin membeli rumah dari sang pemilik. Tanda jadi ini juga merupakan bagian dari harga rumah, sehingga tidak perlu khawatir dan menganggap ini merupakan biaya tambahan.

Nominal jumlah biaya tanda jadi ini sangat bervariasi tergantung bagaimana kesepakatan Anda dengan sang pemilik rumah. Biasanya penghitungan biaya tanda jadi ini berdasarkan harga hunian yang Anda inginkan. Makin mahal harga hunian tersebut tentunya akan makin tinggi pula biaya tanda jadinya.

Proses Pembayaran DP

Nah, proses kredit rumah langsung pemilik yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Karena Anda pun harus membayar DP ketika mengambil KPR rumah dari bank. Pada proses ini Anda tidak langsung menyerahkan uang DP kepada pemilik rumah incaran, tetapi Anda akan melalui proses pengecekan kelayakan keuangan Anda.

Apabila Anda tidak lolos dalam pengecekan tersebut tentu saja Anda tidak bisa melanjutkan proses kredit rumah. Oleh karena itulah pastikan catatan keuangan Anda bagus dan tidak memiliki tunggakan apa pun. Proses pembayaran DP ini akan menunggu pihak bank dulu karena pihak bank yang akan menentukan nominal DP Anda.

Bank akan menilai properti yang Anda inginkan Anda harus sabar menunggu hingga proses penilaian ini selesai. Nah, setelah mendapatkan informasi mengenai jumlah yang harus Anda bayarkan sebagai DP Anda bisa memproses pembayaran tersebut. Proses selanjutnya tidak jauh berbeda dengan KPR rumah dari bank.

Proses Pembuatan Surat Pengikatan

Tahapan terakhir dari kredit rumah langsung pemilik adalah membuat surat pengikatan. Surat ini untuk mengalihkan hak atas tanah dan bangunan hunian idaman Anda sehingga sifatnya sangat penting untuk Anda utamakan. Anda sebaiknya juga membuat surat pengambilan sertifikat hak milik setelah Anda membayar semua angsuran hingga lunas.

Surat yang tak kalah pentingnya adalah surat pemberitahuan kepada bank dalam hal pengalihan hak dari pemilik rumah kepada Anda. Pastikan Anda memiliki surat-surat ini untuk memastikan keamanan proses kredit rumah Anda.

Kenapa Pilih Kredit Rumah Langsung Pemilik?

cicilan rumah ke owner
Sumber Freepikcom

Mengingat kredit rumah langsung pemilik berbeda dengan KPR bank pada umumnya Anda mungkin akan bertanya-tanya keuntungan dari program kredit rumah ini. Mengapa lebih memilih kredit langsung dari pemilik dan bukannya memilih untuk mengambil KPR dari bank saja? Tentunya ada beberapa kelebihan dari sistem kredit rumah yang satu ini hingga ada yang memilihnya.

Maka, berikut ini adalah beberapa poin alasan pemilihan kredit rumah langsung pemilik daripada KPR biasa.

Tawaran Bunga yang Lebih Rendah

Anda mungkin sudah tahu berapa suku bunga yang harus Anda tanggung bila seandainya jadi mengambil KPR. Biaya bunga tersebut tentunya cukup besar terlebih bila Anda harus melakukan angsuran yang cukup panjang. Belum lagi adanya fluktuasi suku bunga karena tidak menggunakan suku bunga tunggal.

Nasabah kredit rumah langsung pemilik, akan menikmati suku bunga fixed rate atau tunggal. Suku bunga ini memiliki nilai yang sama sehingga suku bunganya terbilang kecil. Tentunya ini merupakan hal yang sangat menguntungkan daripada KPR rumah biasa yang memiliki suku bunga mengambang.

Tawaran Nominal Cicilan yang Lebih Terjangkau

Siapa yang tidak tergiur dengan tawaran cicilan hunian yang lebih murah daripada yang berlaku di pasaran? Pastinya semua akan tertarik dan mulai mempertimbangkan kredit rumah dengan sistem yang satu ini. Ketika Anda mengambil alih rumah dari seseorang, cicilan rumah tersebut kepada bank sudah berjalan beberapa bulan. Tentunya biaya DP dari rumah tersebut sudah Adna sehingga Anda bisa lebih murah ketika membayar cicilannya.

Baca juga: Cari Tahu Tentang Kredit Rumah Langsung Pemilik

Bagaimana Cara Kredit Rumah Langsung Pemilik?

Nah, Anda pastinya sudah tidak sabar lagi untuk mengetahui bagaimana cara mengajukan kredit rumah langsung pemilik, bukan? Silakan simak beberapa petunjuk singkat ini agar Anda tidak bingung ketika ingin mengambil sistem kredit hunian yang menarik ini.

Memenuhi Persyaratan dan Ketentuan untuk Kredit Hunian

Langkah pertama tentu adalah persiapan persyaratan untuk mengambil kredit rumah. Langsung cari tahu pemilik rumah yang ingin Anda ambil alih dan tanyakan berkas apa saja yang Anda butuhkan. Dengan demikian Anda tidak perlu bingung lagi harus menyiapkan yang mana dulu.

Memproses Kredit Bersama Pemilik Rumah

Setelah semua dokumen siap, Anda bisa mengajukannya ke pemilik rumah agar bisa melanjutkan ke proses berikutnya. Ikuti petunjuk dari sang pemilik rumah untuk memproses pembelian hunian Anda secara kredit tersebut. Diskusikan mengenai suku bunga, tenor, dan angsuran bulanan Anda dengan baik. Pastikan Anda sudah memperhitungkan sisa gaji bulanan dan kebutuhan dalam sebulan sudah sesuai ataukah belum.

Demikianlah informasi mengenai kredit rumah langsung pemilik yang dapat Anda pelajari. Menurut Anda manakah jenis kredit rumah yang paling mungkin untuk Anda ambil? Diskusikan dengan keluarga Anda dengan baik agar tidak memilih keputusan yang salah. Jangan lupa pula memantapkan hati dan pikiran karena komitmen kredit rumah ini sangatlah panjang.

Reisha Dewi

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cari Tahu Tentang Kredit Rumah Langsung Pemilik yang dipublish pada November 20, 2023 di website BikinRumah.co.id

Leave a Comment