Pemborong Bangunan – Tugas, Gaji & Pekerjannya

Jika Anda mencari kata kunci ‘Pemborong Bangunan‘, maka itu pemborong artinya Anda tidak sedang mencari ‘Kontraktor’.

Soalnya kedua jasa itu memiliki arti yang berbeda. Soal tugas dan layanan, mungkin memang sama, tapi Kontraktor dan Pemborong adalah 2 hal yang berbeda. Camkan baik-baik, keduanya berbeda.

Jika dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kontraktor memang bersinonim dengan Pemborong. Namun jika sudah dikatakan berbeda yang berbeda. Jadi … Saya ingin memastikan lagi, yang Anda cari ini pemborong kan? Bukan kontraktor?

Merasa bingung? Coba Anda simak beberapa informasi soal pemborong bangunan berikut ini.

pemborong bangunan jogja

Apa Itu Pemborong Bangunan? 

Pemborong adalah penyedia jasa yang melayani layanan pembangunan, seperti pembangunan rumah dan ruko, juga melayani renovasi rumah.

Dari jasa yang ditawarkan hampir sama dengan kontraktor, hanya saja tidak semua proyek bisa dikerjakan pemborong.

Khususnya jika ada hubungannya dengan proyek negara atau pemerintahan. Ini bukan lagi tugas yang bisa diselesaikan jasa pemborong.

Sebenarnya, bisa pemborong bangunan mengerjakan proyek besar, tapi karena status pemborong itu tidak resmi, jadinya beberapa klien/konsumen akan pikir-pikir lagi memakai jasa ini.

Layanan yang diberikan sendiri hampir sama dengan kontraktor, yaitu menyediakan jasa tukang bangunan profesional, jasa design, menyediakan material dan hal-hal yang diperlukan dalam pembangunan pada umumnya.

Bagaimana Sistem Cara Kerja Pemborong Bangunan 

Pada dasarnya pemborong bangunan adalah tukang bangunan yang memakai sistem borongan dalam menghitung biaya pekerjaan.

Di dunia konstruksi, ada 2 jenis tukang bangunan berdasarkan metode pembayarannya. Yaitu tukang harian, dan tukang borongan.

Tukang harian memiliki sistem pembayaran harian. Jadi apapun pekerjaannya pada hari ‘itu’, harus digaji, misalnya Rp 150.000 tanpa kurang. Tak peduli seharian itu mereka melakukan apa, jika gajinya sehari Rp 150.000 ya tetap Rp 150.000.

Sementara tukang borongan, digaji berdasarkan luas lahan, biasanya dihitung per m2 atau m1 atau m3 (mirip kontraktor). Setiap kali menyelesaikan pembangunan setiap 1 m2, maka kita harus membayarnya sesuai dengan harga jasa yang diberikan.

Biaya yang kita bayarkan ini meliputi biaya jasa tukang saja, atau biaya jasa tukang dan biaya material. Kita menyediakan material sendiri juga tidak masalah. Terserah Anda.

Tapi ada juga yang sistem kerjanya dengan dikerjakan sampai selesai, dan pihak klien akan membayar secara bertahap. Sementara urusan material, yang menyediakan adalah klien, atau diri kita sendiri yang menyewa jasa pemborong tersebut.

Perbedaan Pemborong Bangunan dan Kontraktor Bangunan 

Sinonim kontraktor adalah Pemborong. Dari segi layanan yang diberikan, mereka memang sama. Tapi kenapa dari tadi terus disebut berbeda? Di mana letak perbedaannya?

Kontraktor Bangunan 

Kontraktor dilindungi oleh badan hukum. Sebelum mendirikan usaha, mereka melengkapi berbagai persyaratan agar legal di mata negara, jika tidak mengikuti persyaratan yang diberikan, maka belum bisa dikatakan legal.

Ada beberapa pasal undang-undang yang melingkupi para pekerja kontraktor, sehingga jika ada kesalahan atau ketidaksesuaian dalam pembangunan, klien yang memakai jasa kontraktor dapat menggugatnya.

Selain itu, proses perjanjian yang dilakukan di jasa kontraktor, dilakukan secara tertulis. Ada kontrak jelas terkait kerja sama mereka.

Jadi orang yang memakai jasa ini, bisa merasa lebih aman, tenang, dan kontraktor cocok dipakai untuk proyek-proyek besar misalnya pembangunan jembatan, bandara, atau pelabuhan.

Pemborong Bangunan 

Pemborong kebalikan dari kontraktor. Mereka tidak memiliki badan hukum, tidak resmi, dan jika ada masalah-masalah tertentu, sulit dibawa ke pengadilan atau sulit digugat.

Dan perbedaan paling jelas, terletak pada cara kalian mengikat kontrak, pemborong melakukannya secara lisan. Tak ada dokumen resmi, dan tak ada tanda tangan di atas dokumen.

Selain itu, pemborong adalah sebuah usaha individu, bukan sampai usaha besar yang dinaungi oleh berbagai jenis tukang.

Jika keduanya sudah deal (pe.borong dan klien), maka terjadilah kerja sama itu. Jasa ini cocok digunakan untuk pembangunan-pembangunan dalam skala kecil, misalnya membangun rumah atau toko-toko (bukan Mall). Di samping itu, memakai pemborong lebih hemat dibanding kontraktor.

Tapi resikonya, jika bangunan tidak sesuai dengan keinginan, sulit meminta perbaikan ulang. Kalaupun mau diperbaiki, kita harus keluar biaya lagi.

Tugas-Tugas Pemborong Bangunan yang Anda Dapatkan 

Tugas-tugas dari pemborong tak jauh beda dengan kontraktor. Mereka mempersiapkan rancangan gambar, melakukan pembangunan, menyediakan material hingga pengawasan dalam pembangunan.

Lebih jelasnya, simak semua tugas Pemborong Bangunan berikut:

Merancang Desain Bangunan: Mereka pun memiliki arsitek di dalam jasanya. Anda bisa memilih, mau memakai jasa desain gambar dari Pemborong atau mendesain sendiri.

Menyediakan Material Bangunan: Sebenarnya kita bisa membeli material sendiri. Tapi jika terlalu ribet, kita bisa meminta si pemborong untuk menyediakan material juga. Jadi tidak hanya menyediakan tukang, bahan bangunan dan peralatan bangunan bisa dari mereka.

Memberikan Saran Material: Apabila Anda ingin membeli material sendiri, kita bisa meminta bantuan pemborong untuk mencari material terbaik dari segi kualitas hingga harga.

Memperkirakan Waktu Selesainya Pembangunan: Jika di jasa kontraktor, bagian ini sudah tertulis jelas di dalam kontrak. Sementara di Pemborong, ini hanya perkiraan. Dan itu diungkapkan lewat lisan. Bisa saja nanti lebih lama dari perkiraan atau lebih cepat.

Memperkirakan Biaya Pembangunan: Karena sifatnya masih kira-kira (bukan model RAB), jadi belum tentu bakal habis ‘sekian’ saat bangunan sudah selesai nanti. Tapi membangun rumah memakai Jasa Pemborong dinilai lebih hemat, jadi jangan terlalu panik.

6 Keunggulan Memakai Jasa Pemborong Bangunan

Untuk proyek-proyek kecil, seorang pemborong sangat diminati oleh masyarakat-masyarakat dengan perekonomian menengah.

Karena dirasa cara kerjanya simpel, mudah dipahami, serta orang-orang dengan perekonomian menengah tidak begitu banyak yang paham dengan gugatan jika nanti mendapati masalah setelah pembangunan selesai.

Selain itu, kelebihan-kelebihan Pemborong Bangunan ini cukup lumayan dijadikan sebagai pertimbangan:

Biaya yang dikeluarkan lebih hemat, ini ada kaitannya dengan sistem kerja. Dimana pemborong adalah jasa yang menerima upah tiap kali menyelesaikan bangunan per m2.

Bukan yang tiap hari dibayar (tukang bangunan harian). Apalagi jika di sini Anda hanya membayar jasa tukang saja, dijamin lebih hemat.

Proses pembuatan lebih cepat, karena jasa pemborong sistem pembayarannya dihitung dari seberapa luas bangunan yang didirikan, jadi kebanyakan pemborong sering mengerjakan tugasnya dengan cepat, berharap bisa gajian dengan cepat juga.

Semua tukang yang dikerjakan paham dengan pekerjaan konstruksi, ini hal yang tak perlu dipertanyakan lagi. Kebanyakan tukang juga tidak selalu menunggu perintah mandor dulu, terus baru kerja.

Karena kebanyakan dari mereka sudah paham sendiri soal bangun-membangun. Tapi kadang jika salah memilih jasa pemborong, ada orang yang ngaku-ngaku kalau dia profesional padahal jam terbangnya tidak terlalu banyak. Jadi hati-hati dalam memilih jasa pemborong agar tidak menyesal dikemudian hari.

Gambar desain, gambar lapangan, dan rencana pembuatan rumah tersedia dengan baik, meskipun hanya seorang pemborong, tapi soal desain-mendesain mereka cukup jago. Tapi masalahnya mungkin hasilnya tidak begitu kreatif.

Anda bisa memilih material yang dibutuhkan sendiri, Anda dapat meminta pemborong untuk menyediakan material bangunan sekaligus melakukan permintaan untuk memakai material tertentu yang Anda inginkan. Dengan pemborong, kita bebas memberikan saran dan kritikan.

Mudah menyesuaikan harga, walaupun di jasa pemborong tidak memiliki RAB, namun kita bisa meminta pemborong untuk memilih material harga murah agar pengeluaran lebih hemat, kita juga bisa meminta diskon dari pemborong, dan meminta penekanan biaya.

6 Kekurangan Menggunakan Jasa Pemborong 

Selain memiliki kelebihan, mereka juga mempunyai kekurangan. Namun kekurangan ini umumnya disebabkan oleh jasa yang kita pilih.

Jadi bukan profesi pemborongnya. Pertimbangkan bagian kekurangan dan kelebihan ini dengan baik agar tidak menyesal di kemudian hari.

Lalu apa saja kekurangan tersebut? 

Biasanya jasa pemborong melakukan pekerjaan terlalu cepat dan tidak memperdulikan kualitas, dikarenakan sistem pembayaran dihitung per m2, maka mereka pun berusaha melakukan pekerjaannya dengan cepat agar bisa terima gaji.

Biasanya, kualitas dijadikan prioritas kedua, prioritas pertama adalah harus cepat jadi.

Pemborong yang nakal bisa mencuri bahan material jika tidak sedang diawasi, Anda bisa saja mengalami ini kalau salah memilih jasa. Berbeda jika Anda menemukan jasa yang tepat.

Tidak ada RAB, keberadaan dokumen ini sangat membantu kita untuk mengetahui berbagai biaya yang keluar dan masuk. Kita bisa tahu uang keluar untuk pembelian apa, juga bisa tahu adakah uang kembalian?

Uang tersebut dibawa kemana? Tapi karena tidak ada RAB, proses pengawasan masuk-keluarnya uang akan terasa sulit.

Ada pekerja yang tidak paham konstruksi dengan baik, kemungkinan ini bisa saja terjadi. Mengingat proses perekrutan pekerja di dalam jasa pemborong ini terkesan ‘sembarangan’.

Jadi di sini Anda harus benar-benar jeli dalam memilih jasa pemborong.

Kita harus ikut melakukan pengawasan proses pembangunan setiap hari, meskipun sudah ada mandor, tapi Anda jangan langsung percaya. Selalu datangi tempat pembangunan, atau jika bisa Anda ikut berpartisipasi dalam proses pembangunan. Jaga-jaga saja, agar hal buruk tidak terjadi.

Harga Jasa Pemborong Bangunan dan Cara Menghitungnya 

berapa biaya pemborong bangunan

Yang jelas, jasa pemborong lebih murah daripada jasa kontraktor. Untuk jasa kontraktor dengan layanan: jasa design, arsitektur, menyediakan material terbaik (lengkap), tukang profesional, gambar desain interior dan garansi setelah pembangunan, biasanya harganya dipatok dari Rp 1.500.000 dan yang lebih mahal lagi.

Sedangkan untuk jasa pemborong, terbilang cukup terjangkau. Apalagi jika dihitung dari jasa tukang saja (tanpa material).

Yang perlu Anda garis bawahi, harga jasa pemborong per m2/m3/m1 itu tidak sama. Tergantung kerumitan. Berikut ini akan kami paparkan, beragam harga jasa pemborong berdasarkan jenis tugas.

# Harga Jasa Pemborong dan Jenis Tugasnya 

Contoh harga ini kami kumpulkan dari berbagai jasa pemborong di Indonesia. Jadi ini hanya perkiraan harga saja, tidak fix harganya sekian. Bisa saja lebih mahal atau lebih murah, tergantung jasa yang Anda gunakan:

Biaya Menggali Tanah: Rp 80.000/m3

Biaya Pemasangan Batu Kali: Rp 93.000/m3

Biaya Land Leveling: Rp 49.000/m3

Biaya Penyusunan Batu Bata: Rp 90.000/m2

Biaya Plester dan Aci: Rp 65.000/m2

Biaya Pembuatan Sekonengan: Rp 55.000/m1

Biaya Pemasangan Kusen Pintu: Rp 110.000/unit

Biaya Pemasangan Daun Pintu: Rp 150.000/unit

Biaya Pemasangan Kusen Jendela: Rp 75.000/unit

Biaya Pemasangan Daun Jendela: Rp 77.000/unit

Biaya Pemasangan Atap (kuda-kuda, usuk, reng): Rp 98.000/m2

Biaya Kerpus: Rp 80.000/m1

Biaya Pemasangan Plafon Gypsum dan Material: Rp 34.000/m2

Biaya List Plafon Gypsum: Rp 10.000/m1

Biaya Pemasangan Lantai Keramik 30×30: Rp 30.000/m2

Biaya Pemasangan Lantai Keramik 60×60: Rp 37.000/m2

Biaya Pemasangan Lantai Keramik 80×80: Rp 45.000/m2

Biaya Pemasangan Lantai Kamar Mandi: Rp 30.000/m2

Biaya Pemasangan Keramik Dinding: Rp 62.000/m2

Biaya Pemasangan Stop Kontak: Rp 75.000/titik

Biaya Penempatan Lampu dan Saklar: Rp 75.000/titik

Biaya Pemasangan Kakus Duduk: Rp 175.000/unit

Biaya Pemasangan Wastafel: Rp 160.000/unit

Biaya Pemasangan Bak Mandi: Rp 890.000/unit

Biaya Pengecatan Dinding: Rp 10.500/m2

Biaya Pengecatan Kusen: Rp 90.000/m1

Biaya Pengecatan Daun Jendela: Rp 90.000/m1

Biaya Pengecatan Daun Pintu: Rp 90.000/unit

Daftar di atas adalah biaya tukangnya saja, tidak termasuk biaya material. Selain itu, ingatlah, itu hanya perkiraan harga saja. Karena setiap jasa mematok harga yang berbeda-beda.

Jika sudah mengetahui daftar harganya, kita bisa mulai menghitung kira-kira bisa habis berapa untuk membuat satu buah rumah memakai jasa borongan dari tahap awal sampai akhir?

Baca juga Rincian Jasa Kontraktor Bangunan di Jogja

# Cara Menghitung Biaya Jasa Pemborong Bangunan 

Sebenarnya untuk mengetahui biaya pemborong bangunan, bisa kita tanyakan langsung kepada si penyedia jasa. Mereka akan memberikan perkiraan (bukan RAB). Dan perkiraan itu cukup membantu memberikan kita tambahan informasi soal biaya.

Tapi jika Anda ingin menghitung sendiri, berikut ini adalah tahapan-tahapan menghitung biaya jasa pemborong bangunan.

Tahap 1: 

Pertama-tama, cari tahu luas tanah yang ingin Anda dirikan bangunan. Hitung luas memakai satuan m2 saja agar simpel. Atau agar lebih lengkap, hitung untuk satuan m1 dan m3.

Di sini Anda harus melakukan survei tanah secara mandiri.

Tahap 2: 

Setelah memperoleh luas, berikutnya kita cari tahu berapa harga jasa yang dipatok. Apakah Anda ingin memakai layanan tukang saja atau tukang dan material? Pikirkan mulai sekarang.

Anda bisa melihat daftar harga jasa pemborong di atas. Kemudian kalikan   dengan luas lokasi. Tahap ini agak rumit memang. Selamat berbingung-bingung ria.

Tahap 3: 

Jumlah seluruh biaya dari mulai harga membuat pondasi, harga pemasangan batu bata, harga pemasangan kusen, harga pemasangan atap, harga pemasangan plafon, pengecatan dan lain-sebagainya.

Jumlahkan semua. Dan itulah biaya yang bakal Anda habiskan untuk membuat rumah memakai jasa pemborong bangunan.

Cara menghitung biaya jasa pemborong di atas adalah metode paling mudah. Ada metode hitungan yang lain, namun akan terasa agak rumit. Metode tersebut adalah menghitung melalui persentase.

Kita harus mencari biaya jasa pemborong dalam persen dahulu. Jenis pembayaran seperti ini jarang dipakai. Tapi alangkah lebih baik, Anda menanyakan langsung kepada pemilik jasa terkait harganya.

Itulah beberapa penjelasan soal jasa pemborong bangunan yang bisa menjadi bahan pertimbangan apakah akan memakai jasanya atau tidak. Intinya, jika proyek Anda kecil, tak masalah memakai jasa pemborong bangunan.

Tapi jika proyeknya besar, Anda wajib memakai jasa kontraktor.

Jika Anda sedang mencari jasa pemborong jogja, kami siap melayani Anda dari mulai kebutuhan jasa design, menyediakan bahan material berkualitas dan tukang bangunan jogja profesional. Memakai jasa kami juga dapat garansi pemeliharaan. Kami siap melayani pembangunan rumah, toko, Mall, hotel, villa, sekolah, jembatan, jalan raya, kolam renang dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat