desain rumah rumah 50 juta

Bangun Rumah 50 Juta: Rincian Biaya, Material dan Desain

Saat ini, membangun rumah 50 juta bisa terwujud, memulai dengan perencanaan yang realistis, kita akan melangkah ke dalam proses kreatif dalam memilih desain dan material yang tidak hanya ekonomis namun juga berkualitas. Membangun rumah dengan budget 50 juta memerlukan ketekunan dan kesabaran, namun pahala yang diterima di akhir perjalanan adalah kepuasan yang tak terhingga.

Saya mengajak Anda untuk turut serta dalam perjalanan menggapai mimpi yang penuh inspirasi ini. Lewat artikel ini, kita akan memecahkan mitos bahwa anggaran minimalis berarti kualitas yang kompromi. Dengan tips dan trik cerdas yang akan kita bahas, Anda akan melihat bagaimana setiap rupiah Anda bekerja keras untuk menghasilkan sebuah tempat yang Anda bangga sebut rumah.

Siapkan diri Anda untuk mengubah cara pandang terhadap pembangunan rumah. Mari kita buktikan bersama bahwa dengan anggaran 50 juta, rumah impian bukanlah sekedar mimpi.

Tips Bangun Rumah dengan Budget 50 Juta

Pertama dan yang paling krusial, Anda perlu mengembangkan rencana yang rinci. Ini mencakup menentukan ukuran rumah, jumlah lantai, hingga kebutuhan ruang untuk setiap anggota keluarga. Rencana ini akan menjadi fondasi bagi semua keputusan yang akan Anda ambil ke depannya.

Desain rumah Anda harus efisien, memaksimalkan setiap meter persegi tanah yang Anda miliki. Dengan memanfaatkan desain multifungsi, Anda bisa menghemat ruang dan biaya. Misalnya, sebuah meja lipat yang bisa menjadi tempat kerja dan area makan, atau ranjang susun yang menghemat ruang untuk kamar anak.

1. Memilih Bata atau Batako

Bata merah konvensional mungkin memiliki estetika klasik, namun biayanya bisa bertambah. Sebagai alternatif, pertimbangkan penggunaan batako yang lebih terjangkau. Walaupun batako memiliki daya tahan yang kurang dibanding bata merah, Anda bisa mengakalinya dengan penambahan material dengan teknik pengecatan yang tepat

2. Atap yang Efisien dan Tahan Lama

Pilihan material atap berkisar dari genteng tanah liat, asbes, hingga logam. Genteng metal bisa menjadi pilihan yang baik karena tahan lama dan memerlukan sedikit perawatan, tapi mungkin sedikit lebih mahal di awal. Asbes bisa lebih murah namun harus dipertimbangkan dampak lingkungannya.

3. Pilihan Lantai yang Terjangkau

Keramik adalah pilihan populer karena variasi harga dan desainnya. Namun, untuk lebih menghemat, Anda bisa menggunakan semen yang dikupas atau lantai beton polos yang kemudian di-finishing dengan coating atau wax khusus untuk estetika minimalis.

4. Kayu Alternatif atau Recycle

Kayu adalah pilihan populer untuk rangka atap, pintu, dan jendela. Namun, harganya bisa mahal. Pertimbangkan kayu alternatif yang lebih murah atau kayu recycle yang bisa lebih ramah lingkungan dan anggaran.

5. Penggunaan Besi dan Baja

Untuk struktur yang membutuhkan besi atau baja, seperti kolom dan balok, pertimbangkan untuk membeli material yang ukurannya tepat agar minim sisa potongan. Juga, perhatikan berat dan jenisnya yang sesuai dengan kebutuhan struktur.

6. Alternatif untuk Instalasi Sanitasi

Untuk instalasi pipa air dan sanitasi, PVC adalah pilihan yang terjangkau dan tahan lama. Ada banyak merek yang menawarkan kualitas yang serupa namun dengan harga yang lebih kompetitif.

7. Pintu dan Jendela

Anda bisa menghemat dengan membuat pintu dan jendela dari bahan yang lebih murah atau dengan mendesainnya agar lebih sederhana tanpa mengorbankan fungsi dan keamanan.

8. Cat dan Finishing

Untuk pengecatan, pilihlah cat yang tahan lama namun terjangkau. Perhatikan kualitas dan jangan tergoda oleh harga murah dengan kualitas yang rendah karena Anda mungkin akan mengeluarkan biaya lebih banyak untuk perawatan di kemudian hari.

Contoh Perhitungan Biaya Membangun Rumah  50 Juta

1. Biaya Desain dan Arsitek

Misalkan kita menghemat biaya ini dengan menggunakan desain standar atau melalui jasa arsitek yang lebih terjangkau, kita bisa alokasikan sekitar 5% dari total anggaran.

  • Biaya Desain: Rp 2.500.000,-

2. Biaya Pekerja

Asumsikan kita menggunakan jasa tukang yang ekonomis dengan biaya harian Rp 150.000,-. Untuk proyek selama 60 hari dengan 2 tukang:

  • Biaya Tukang (2 orang x Rp 150.000,- x 60 hari): Rp 18.000.000,-

3. Material Bangunan

Biaya material bisa sangat variatif, tapi kita akan coba membuat estimasi kasar dengan memfokuskan pada material dasar untuk struktur rumah.

  • Batako (500 pcs x Rp 5.000,-): Rp 2.500.000,-
  • Semen (100 sak x Rp 50.000,-): Rp 5.000.000,-
  • Pasir (5 truk x Rp 1.000.000,-): Rp 5.000.000,-
  • Kerikil (2 truk x Rp 1.500.000,-): Rp 3.000.000,-
  • Kayu dan triplek untuk rangka atap: Rp 4.000.000,-
  • Atap (genteng metal atau asbes): Rp 5.000.000,-
  • Pintu dan jendela kayu sederhana: Rp 3.000.000,-
  • Cat dan finishing lain: Rp 2.000.000,-
  • Instalasi listrik dan air sederhana: Rp 3.000.000,-

Total estimasi biaya material: Rp 32.500.000,-

4. Biaya Lain-Lain

kita alokasikan sebesar:

  • Rp 2.000.000,-

Total Perkiraan Keseluruhan:

  • Biaya Desain + Biaya Pekerja + Biaya Material + Biaya Lain-Lain
  • Rp 2.500.000 + Rp 18.000.000 + Rp 32.500.000 + Rp 2.000.000 = Rp 55.000.000,-

Dalam contoh ini, kita melihat bahwa biaya sedikit melebihi anggaran 50 juta. Dari sini, kita perlu melakukan penyesuaian lebih lanjut, misalnya dengan mengurangi biaya pekerja melalui sistem borongan yang lebih efisien, mencari diskon untuk material, atau mengurangi skala beberapa aspek bangunan.

Perlu juga diingat bahwa dalam setiap proyek pembangunan, penting untuk memiliki ‘buffer’ atau dana darurat untuk mengantisipasi biaya tak terduga. Oleh karena itu, jika anggaran sangat ketat, pertimbangan untuk skala bangunan atau penundaan beberapa aspek finishing mungkin diperlukan untuk memastikan tidak terjadi kelebihan anggaran yang tidak terduga.

Desain Bangun Rumah budget 50 juta

1. Desain Minimalis

rumah minimalis budget 50 juta

 

Rumah kecil dengan satu lantai, menekankan fungsi dan efisiensi ruang. Ruang tamu yang terbuka langsung ke dapur kecil dan ruang makan, satu kamar tidur, dan satu kamar mandi, Dinding batako yang diaci, lantai keramik ekonomis, atap spandek.

2. Rumah Type Studio

bangun rumah 50 juta type studio

Menggabungkan ruang tamu, dapur, dan kamar tidur dalam satu ruang terbuka besar dengan partisi minimal, Ruang multifungsi dengan kamar mandi terpisah, Dinding bata ringan, lantai keramik standar, dan atap fiber semen.

3. Rumah Panggung Sederhana

bangun rumah budget 50 juta

Rumah panggung dengan material lokal, cocok untuk daerah rawan banjir, Ruang serbaguna dengan dapur terbuka, satu kamar tidur, dan kamar mandi di bawah panggung. Material: Struktur kayu, dinding dari papan kayu atau woven bamboo, dan lantai kayu atau bambu.

4. Rumah Kontainer Modifikasi

bangun rumah anggaran 50 juta

Penggunaan kontainer bekas sebagai struktur utama rumah, Satu kontainer 40 kaki yang dimodifikasi menjadi area tinggal dengan dapur kecil, kamar mandi, dan area tidur. Kontainer baja, isolasi termal, dan finishing sesuai selera.

5. Desain Rumah Prefabrikasi

desain rumah 50jt

Rumah dengan komponen yang dibuat di pabrik dan dirakit di lokasi, Satu modul besar dengan fungsi ruang terintegrasi, kamar mandi terpisah, Panel-panel prefabrikasi, lantai vinil atau keramik, atap metal ringan.

Mengakhiri pembahasan kita tentang membangun rumah dengan anggaran 50 juta, ingatlah bahwa kunci sukses terletak pada perencanaan yang matang dan pengambilan keputusan yang bijaksana. Biaya mungkin terbatas, namun dengan kreativitas dan riset yang cukup, impian memiliki rumah yang nyaman dan fungsional bukanlah hal yang mustahil.

Hanafi .SA

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Bangun Rumah 50 Juta: Rincian Biaya, Material dan Desain yang dipublish pada November 7, 2023 di website BikinRumah.co.id

Leave a Comment