Bangunan di Jogja Buatan Bikinrumah.co.id

Pada umumnya, jenis bangunan yang ada di seluruh daerah di Indonesia memiliki variasi yang menarik. Begitu pula dengan bangunan di Jogja, secara keseluruhan bangunan yang ada di sana mempunyai desain yang unik. apalagi sebagian besar masih menggunakan model khas dari Jawa.

Bangunan di Jogja

Pada dasarnya, bangunan di Jogja ini sama saja dengan bangunan pada umumnya yang seringkali Anda lihat di beberapa tempat, kota atau daerah lain. Hanya saja, mungkin setiap kota mempunyai ciri khasnya sendiri. Seperti Yogyakarta yang memiliki desain bangunan asli khas Jawa Tengah.

Namun, selain di Jogja Jawa Tengah desain bangunan sama seperti yang lain. Seperti misalnya rumah yang memiliki desain minimalis / klasik. Ada juga apartement, rumah kontrakan, sewa, ruko, tempat usaha, perusahaan, hotel, pusat perbelanjaan dan masih banyak lagi jenis bangunan lainnya.

Bangunan di Jogja

Dari berbagai macam jenis bangunan tersebut, tentu saja memiliki manfaat dan fungsinya sendiri. Seperti misalnya saja perusahaan yang berguna sebagai tempat untuk orang bisa menjalankan pekerjaannya. Lalu ruko, biasanya menjadi tempat orang berdagang dan masih banyak lagi lainnya.

Berbagai Macam Jenis Bangunan Jogja

Rumah atau bahkan jenis bangunan lainnya, seakan tidak akan pernah lepas dari kebutuhan hidup setiap manusia. Mengingat mereka sangat memerlukan tempat untuk tinggal sampai dengan mencukupi kebutuhan hidup sehari – hari dengan bekerja. Bangunan menjadi patokan nomor satu.

  1. Jenis Bangunan Town House

Salah satu jenis bangunan yang perlu Anda ketahui, yaitu Town House. Biasanya istilah tersebut memiliki arti sebagai perumahan kompleks yang mempunyai jumlah cukup terbatas dan berlokasikan di tengah – tengah perkotaan. Bangunan ini menggunakan sistem seperti rumah cluster.

Lebih tepatnya, seluruh bangunan yang ada di sana akan dilindungi dengan tembok atau bahkan pagar. Ada pun berbagai macam fasilitas penunjang yang tersedia secara lengkap di sana bagi semua penghuni. Seperti misalnya saja adanya kolam renang, tempat gym / pusat kebugaran.

  1. Jenis Bangunan Rumah Tapak

Selain itu, ada jenis bangunan yang termasuk ke dalam kategori rumah pribadi. Di masa lalu, jenis bangunan rumah tapak ini lokasinya terpisah dengan satu rumah lainnya. Biasanya banyak yang menyebutkan, bahwa rumah ini memiliki istilah lain yaitu rumah tunggal atau istilah lainnya detached.

Bila harga dari suatu tanah semakin mahal, justru menjadikan rumah tapak ini menjelman menjadi rumah lain. Seperti rumah gandeng atau deret yang modelnya memiliki dinding yang berdempetan dengan rumah satu dan lainnya. Ciri khas dari bangunan ini adalah hak kepemilikannya bersifat tunggal.

  1. Jenis Bangunan Cluster

Seperti yang telah Anda ketahui pada pembahasan sebelumnya, cluster ini merupakan bangunan yang bentuknya semacam perumahan kompleks dengan berbagai macam fasilitas tambahan. Biasanya rumah di sana terbagi menjadi beberapa kawasan atau bahkan sub kompleks.

Di dalam sub kompleks tersebut, ada beberapa hunian dengan tipe yang selalu sama / adanya fasilitas umum khusus untuk para penghuni. Akan tetapi, cluster ini juga biasanya tersedia fasilitas bermain yang bisa digunakan oleh seluruh penghuni sub kompleks. Tipe rumahnya pun tertutup.

Baca juga Pemborong Rumah Terbaik dan Berkualitas

  1. Jenis Bangunan Apartemen

Bangunan di Jogja pun juga memiliki jenis bangunan apartemen. Biasanya Anda akan mudah menemukannya di tengah kota. Bukan berarti termasuk kota yang selalu menyelaraskan dengan ciri khas adat Jawa. Yogyakarta pun juga mempunyai jenis bangunan modern dan tidak kalah bagusnya.

Apartemen merupakan blok bangunan yang desainnya bertingkat. Sedangkan di bagian dalamnya terbagi menjadi beberapa ruang yang biasanya cukup luas (tergantung tipe). Biasanya akan mudah Anda temukan di tengah kota, tipe unit paling umum antara lain one or two bed room, studio dan lain-lain.

  1. Jenis Bangunan Kondotel

Selain itu, ada jenis bangunan yang tidak kalah menariknya yaitu kondotel. Istilah tersebut bukan nama asli, melainkan merupakan singkatan dari kondominium hotel. Termasuk ke dalam salah satu jenis apartemen yang memiliki layanan dan juga fasilitas yang hampir menyerupai seperti di hotel.

Pada awalnya, kondominium hotel ini populer di Amerika Serikat. Akan tetapi, saat ini ada beberapa daerah di Indonesia yang membangun kondotel ini. Melihat dari namanya saja pasti sudah sangat mewah. Anda bisa mengajak keluarga besar untuk berlibur dan menginap di sana.

  1. Jenis Bangunan Rumah Toko

Rumah toko atau biasanya orang sebut sebagai ruko ini paling banyak dan mudah Anda temukan di beberapa daerah di Indonesia. Termasuk di Jogja, biasanya ruko ini memiliki keterkaitan erat dengan sebuah usaha dagang.

Seperti misalnya saja baju, makanan ringan dan masih banyak lagi jenis usaha lainnya. Biasanya ruko atau rumah toko ini akan bergabung dengan rumah dari pemilik usahanya (owner). Jadi, mereka tidak perlu repot bolak – balik ke tempat usaha jika ingin berdagang. Kelihatannya lebih fleksibel.

Itulah beberapa penjelasan secara detial, mengenai berbagai macam jenis bangunan di jogja dan seluruh Indonesia yang perlu Anda ketahui. Dari pembahasan di atas, kin itelah jelas, bahwa sudah semakin banyak macam bangunan dengan desain menarik dan modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat