Mengenal Jasa Kontraktor : Kumpulan Pertanyaan dan Jawabannya

Jasa Kontraktor – Bagi Anda yang sedang ingin memakai jasa ini, tapi masih terlalu pemula di dunia ini, Anda bisa membaca beberapa informasi berikut.

Kami akan membahas segala hal soal kontraktor, dari mulai pengertian, tugasnya, bidang apa saja yang dikerjakan, biaya dan jasa kontraktor terbaik yang cocok untuk bidang Anda. Simak tanya jawab berikut untuk menambah pengetahuan soal kontraktor:

Jasa Kontraktor itu apa ? 

jasa kontraktor adalah

Jasa kontraktor adalah suatu badan hukum atau badan usaha yang dikontrak untuk menjalankan suatu proyek sesuai dengan perjanjian isi kontrak.

Kontraktor bersinonim dengan kata Pemborong. Ada yang sering menyamakan antara jasa pemborong dengan jasa kontraktor. Mereka memiliki perbedaan dalam pembuatan perjanjian, meskipun tugasnya pada dasarnya sama.

Dimana, jasa kontraktor perjanjian kerjanya dilakukan dengan cara ditulis sementara jasa pemborong sejarah perjanjian lisan. Kontraktor juga berbadan hukum, sementara jasa pemborong tidak.

Kontraktor cocok dipakai untuk pembangunan berskala besar yang butuh orang-orang terpercaya dalam mengurus bangunan dari tahap 0 sampai akhir. Menyewa kontraktor untuk pembangunan kecil juga tidak masalah.

Di dalam jasa kontraktor, ada 3 cakupan jasa:

Jadi dengan memakai jasa kontraktor, kita bisa dapat perjanjian pembangunan tertulis yang berbadan hukum, jasa arsitek, dan mendapat material atau bahan bangunan.

Apa Saja Jenis-Jenis atau Bidang Kerja Kontraktor? 

Kontraktor tak hanya melulu bertugas membangun rumah dan bangunan tinggi. Di dalam jasa ini terdapat beberapa pembagian jenis jasa, sehingga kita bisa memilih dengan mudah pekerjaan kontraktor sesuai bidang yang kita butuhkan.

Bidang Arsitektur: Arsitek adalah sebutan bagi orang yang menguasai ilmu arsitektur. Keberadaan seorang arsitektur, sangat penting untuk kelancaran proyek. Karena selain melakukan perancangan pembangunan, membuat gambar, meneliti lingkungan pembangunan, dia juga melakukan pengawasan pembangunan dari awal hingga akhir pembangunan.

Bidang Pekerjaan Sipil: biasanya pada bidang ini, para kontraktor menggarap proyek seperti: pembuatan jembatan, jalan, landasan pesawat, jalur kereta api, terowongan, jalan bawah tanah, pembuatan pelabuhan, konstruksi pabrik, jasa penghancuran bangunan, struktur bangunan gedung, tambang dan bendungan.

Bidang Tata Lingkungan: mereka ini mengatur segala hal terkait lingkungan. Misalnya dengan melakukan perencanaan penataan kota, pengolahan air bersih, limbah, analisis dampak properti pada lingkungan, teknik lingkungan dan perawatan.

Bidang Elektrikal; tugasnya berkaitan dengan hal-hal yang ada hubungannya dengan listrik. Seperti melakukan instalasi listrik, sinyal, telekomunikasi, jaringan transmisi-distribusi dan sejenisnya.

Bidang Mekanikal: kontraktor jenis ini bertanggung jawab pada tugas-tugas pada bidang mekanik, contohnya melakukan instalasi AC, instalasi minyak atau gas, pemasangan pipa air, pemasangan lift dan eskalator.

Anda bisa memilih salah satu atau beberapa bidang di atas untuk Anda gunakan jasanya. Namun jika kita menyewa suatu jasa kontraktor untuk pembangunan rumah dari 0% sampai 100%, kita sudah bisa mendapatkan semua jasa di atas dalam satu perusahaan kontraktor.

Adakah Plus Minus Memakai Jasa Kontraktor? 

Tentunya ada. Karena setiap pilihan selalu ada risiko di samping kelebihan-kelebihan yang ditawarkan.

# Kekurangan Memakai Jasa Kontraktor 

Ada beberapa kekurangan memakai jasa kontraktor. Meskipun kontraktor terbilang berbadan hukum, tapi ada beberapa kontraktor di luar sana yang tidak bertanggung jawab. Pernah ada suatu kasus, dimana jasa kontraktor meninggalkan suatu proyek begitu saja.

Selain itu, kontraktor yang tidak baik juga bisa memalsukan harga material, menaikkan spesifikasi material tidak sesuai dengan kesepakatan, memanipulasi teknik konstruksi, dan jika salah pilih kontraktor dan arsitek, akan menyebabkan pada keburukan kerja desain bangunan.

Jadi singkatnya, kekurangan memakai jasa kontraktir ini akan Anda rasakan jika salah dalam memilih jasa. Jika Anda memilih jasa yang benar, minus-minus di atas tidak akan Anda rasakan.

# Kelebihan Memakai Jasa Kontraktor 

  • Tidak perlu pusing mencari material proyek, tukang, tidak perlu ribet melakukan pengawasan dan tidak ribet dengan jadwal proyek. Semuanya dihandle oleh pihak kontraktornya
  • Kemungkinan gagal pembangunan sangat kecil. Itu jika Anda memilih kontraktor yang berpengalaman
  • Dengan memakai jasa kontraktor kita terhindar dari over budget
  • Mendapat gratis gambar desain

Intinya, agar kontraktor yang Anda pilih bisa bekerja dengan baik serta terhindar dari minus-minusnya, maka pilihlah jasa kontraktor yang tepat.

Bagaimana Tips Memilih Kontraktor Terbaik untuk Proyek Saya?

Pilihlah jasa kontraktor sebelum Anda menentukan konsep bangunan. Karena kita di sini akan bekerja sama dengan orang-orang baru, pastinya mereka memiliki perbedaan pemikiran, pendapat dan perbedaan ide-ide konsep bangunan. Jadi jangan terlalu fokus pada konsep. Carilah yang profesional!

Coba kalian cari kontraktornya dahulu. Soal konsep bangunan kita pikirkan di akhir. Yang penting itu cari yang terpercaya, yang banyak pengalaman, dan berbadan hukum

Berikut adalah beberapa tipsnya:

Tips 1: Cari kontraktor yang memiliki kantor operasional yang jelas, memiliki izin operasi dan berbadan hukum

Tips 2: Pilihlah kontraktor yang memiliki banyak pengalaman. Coba lihat isi websitenya, lihat testimoni serta hasil kerja. Ingin memilih kontraktor yang baru bangun dan masih sedikit pengalaman?

Boleh-boleh saja. Tapi soal tips-tips memilih jasa kontraktor yang masih baru berdiri tersebut Saya tidak memiliki tips-tipsnya

Tips 3:  Ajukan pertanyaan kepada kontraktor. Jangan malu bertanya, tanyakan banyak hal yang sekiranya membuat Anda yakin, Anda pantas memilih mereka.

Pertanyaan-pertanyaan yang dilempar bisa seperti: “Apakah kontraktor ini memiliki badan hukum?”, “Apakah ada jaminan keselamatan kepada para tukang?”,

“Apa yang membedakan Anda dengan kontraktor lainnya?”, “Waktu pengerjaan berapa lama?”, “Berapa budget yang kira-kira bakal dikeluarkan?”,

“Kapan jadwal meeting untuk membahas, serta dilakukan secara langsung, teks atau panggilan?” dan pertanyaan-pertanyaan lainnya 

Tips 4: Pilih kontraktor yang mau terikat dengan kontrak resmi. Kontrak yang resmi, harus memuat informasi selengkap-lengkapnya soal pengerjaan proyek.

Ini meliputi waktu pengerjaan, biaya, jenis pembayaran, metode pembayaran dan sebagainya

Tips 5: Pilih kontraktor yang memiliki garansi supaya kita bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang terjadi setelah pembangunan

Agar lebih mudah mencari kontraktor untuk Anda yang masih pemula dalam dunia ini, cobalah meminta saran dari beberapa kerabat, maupun teman-teman Anda yang sudah pernah memakai jasa ini dalam membangun rumah.

Atau Anda ingin memakai rekomendasi dari kami?

Apa Nama Rekomendasi Jasa Kontraktor Terbaik untuk Membangun Rumah? 

Ada 1 jasa yang ingin Saya rekomendasikan. Yaitu jasa dari perusahaan kontraktor bernama BikinRmah.co.id

# Tentang Jasa Kontraktor BikinRumah.co.id

Yang paling ditonjolkan dari jasa kontraktor jogja milik BikinRumah.co.id adalah kalian bisa membangun rumah sesuai keinginan Anda dengan budget hemat. Dari mulai awal desain, sampai tahap akhir pembangunan, Anda bisa mmepercayakan kepada BikinRumah.co.id

Untuk lebih jelasnya, soal jasa ini, Anda dapat melakukan konsultasi gratis. Tanyakan berbagai hal terkait proyek yang ingin Anda kerjakan pada kami. Seperti, estimasi biaya, apa saja paket yang Anda dapatkan, bertanya soal hasil kerja, portofolio, jaminan dan sebagainya.

#  Cara Menggunakan Jasa Kontraktor dari BikinRumah.co.id 

Cara menggunakan jasa dari BikinRumah.co.id sangat simpel. Pertama-tama, Anda hanya cukup menghubungi customer service jasa kontraktor ini, mereka akan melakukan survey pada bangunan, setelah itu kita mendapatkan estimasi biaya (perhitungan RAB), memperoleh deadline pekerjaan, setelah itu progres pekerjaan akan segera dimulai. Pekerjaan akan dilakukan sesuai dengan kontrak yang tertulis.

# Kenapa Harus Menggunaka  Jasa Kontraktor BikinRumah.co.id?

BikinRumah.co.id memiliki beberapa kelebihan yang bisa mulai Anda jadikan pertimbangan apakah harus memilih jasa ini atau tidak.

Setidaknya, ada 11 alasan kenapa Anda harus memakai jasa kontraktor ini.

  1. BikinRumah.co.id memiliki lokasi kantor yang jelas, ada di jalan ….
  2. Memiliki izin operasi dan berbadan hukum
  3. Kontraktor ini bisa terikat dengan kontrak resmi. Di dalam surat perjanjian, akan tertera jelas beragam proyek pembangunan dari mulai waktu pembangunan selesai, estimasi biaya, apa saja yang Anda dapatkan, metode pembayaran dan sebagainya
  4. Tersedia konsultasi gratis. Layanan ini bisa Anda pakai untuk menanyakan hal-hal tentang pembangunan maupun pertanyaan soal hal-hal yang ada hubungannya dengan jasa mereka
  5. Memiliki banyak pengalaman, Anda bisa menyimak portofolio di website bikinrumah.co.id Anda bisa menemukan contoh bangunan yang pernah dibangun dan desain-desain arsitekturnya
  6. Melayani berbagai jenis pembangunan seperti rumah, gedung, apartemen, kantor, villa, kolam renang dan renovasi
  7. Bagian arsitektur di jasa ini sangatlah kreatif. Didukung pula dengan basis teknologi tinggi berupa keahlian programing dunia desain arsitek
  8. Pemilihan bahan bangunan berkualitas, mempekerjakan tukang yang profesional dengan harga tetap terjangkau
  9. Mereka memiliki penawaran harga yang jelas dan transparan, tidak ditutup-tutupi
  10. Menyediakan garansi minimal 3 bulan (bisa lebih lama dari 3 bulan) untuk urusan pemeliharaan
  11. Mendapatkan gratis jasa desain rumah untuk penggunaan jasa pembangunan rumah. Kita diberikan 1 paket menguntungkan, mendapatkan gambar 3D, rancangan bangunan, denah ruangan, denah perletakan zona furniture,  gambar teknis arsitektur struktur, mekanikal, elektrikal, dan plumbing

Jika Ada tertarik, cobalah hubungi customer service BikinRumah.co.id

Gratis kok. Silahkan tanya-tanya saja dulu. Tidak jadi melakukan kerja sama juga tidak akan kena marah.

Bagaimana Cara Mencari Tahu Harga Jasa Kontraktor? 

Sebenarnya pertanyaan ini bisa Anda langsung tanyakan kepada pihak kontraktornya. Mereka akan melakukan survey terlebih dahulu, setelah mendapatkan informasi, mereka pun membuat estimasi biaya beserta RAB-nya sejelas mungkin.

Itu adalah cara terbaik kita mengetahui berapa besar biaya yang harus dikeluarkan.

# Harga Jasa Kontraktor BikinRumah.co.id

Jika di jasa kontraktor BikinRumah.co.id, kita bisa mulai mengetahui harga serta paket apa yang kita dapatkan dengan mudah melalui websitenya.

Di website tersebut, mereka memakai metode penghitungan harga biaya jasa kontraktor berdasarkan luas per m2.

> Harga Jasa Desain Rumah 

Harga: Rp 30.000 per m2

Paket yang Anda dapatkan:

  • Analisa ukuran, luasan dan bentuk lahan
  • Analisa kebutuhan ruang
  • Analisa arah mata angin bangunan dan ruang,
  • Analisa sirkulasi cahaya dan udara
  • Pembuatan denah bangunan
  • Denah ruang
  • Denah peletakan zona furniture
  • Model 3D bangunan pembuatan gambar render
  • Pembuatan gambar teknis arsitektur, struktur, mekanikal, elektrikal dan plumbing.
  • Termasuk Design Interior

> Harga Jasa Bangun Rumah 1 Lantai 

Harga: Rp 2.800.000 per m2

Paket yang Anda dapatkan:

  • Gratis semua paket jasa desain rumah di atas
  • Jasa Tukang Handal
  • Closet Jongkok American St
  • Hand Shower Onda/Setara
  • Kran KM Onda/Setara
  • Pintu KM PVC/Aluminium
  • Keramik Lantai KM 25×25
  • Keramik Dinding KM 25×40
  • Bata Merah
  • Semen Holcim
  • Besi Tulangan Full SNI
  • Rangka Atap Baja Ringan
  • Genteng Morando/Setara
  • Plafond Gypsum Indoboard
  • Lisplank 20cm
  • Lampu Downlight
  • Lantai Granit 60×60
  • Pintu Kayu Jati
  • Kusen Aluminium & Jendela Kayu Jati
  • Cat Interior Dulux Catylac/ Jotun /Setara
  • Cat Eksterior Dulux Catylac/Jotun Setara
  • Pipa Air Wavin / Rucika
  • Ground Tank 1100l / Sumur Bor
  • Toren 550l
  • Mesin Hisap Shimitsu
  • Bonus AC LG
  • Bonus Carport Spandek

> Harga Jasa Bangun Rumah 2 Lantai 

Harga: Rp 3.700.000 per m2

Paket yang Anda dapatkan:

  • Memperoleh semua paket gratis jasa desain rumah
  • Jasa Tukang Handal
  • Closet Jongkok American St
  • Hand Shower Onda/Setara
  • Kran KM Onda/Setara
  • Pintu KM PVC/Aluminium
  • Keramik Lantai KM 25×25
  • Keramik Dinding KM 25×40
  • Bata Merah
  • Semen Holcim
  • Besi Tulangan Full SNI
  • Rangka Atap Baja Ringan
  • Genteng Morando/Setara
  • Plafon Gypsum Indoboard
  • Lisplang 20cm
  • Lampu Downlight
  • Lantai Granit 60×60
  • Pintu Kayu Jati
  • Kusen Aluminium & Jendela Kayu Jati
  • Cat Interior Propan Latex
  • Cat Eksterior Propan Anti Air
  • Pipa Air Wavin / Rucika
  • Ground Tank 1100l / Sumur Bor
  • Toren 750 l
  • Mesin Pendorong Wasser
  • Mesin Hisap Shimitsu
  • Bonus Pemanas Air 20l
  • Bonus AC Daikin
  • Bonus Carport Polycarbonat

Dengan data-data di atas, jika Anda ingin mengetahui berapa biaya estimasi membangun rumah atau bangunan yang lain, cukup Anda kalikan saja luas rumah dalam m2 dengan biaya di atas.

Baca juga 7 Tips Renovasi Rumah Minimalis dengan Budget Hemat

# Cara Mengetahui Harga Jasa Kontraktor di Indonesia 

Jika Anda tidak ingin memakai jasa BikinRumah yang perhitungan biayanya sudah sejelas itu, kita tetap memiliki tutorial mengenai cara menghitung biaya jasa kontraktor lainnya di Indonesia.

Pertama-tama:

  1. Cari jasa kontraktor pilihan Anda
  2. Ketahui harga jasa per m2
  3. Ketahui paket-paket apa saja yang diberikan dari harga yang ditawarkan supaya kita bisa menghitung untung-ruginya
  4. Setelah menemukan jasa yang tepat, sekarang Anda hitung luas lokasi dalam m2
  5. Kemudian Anda kalikan luas lokasi dengan harga jasa per m2 dari kontraktor pilihan

Misalnya adalah luas lokasi Anda 60 m2, dikalikan harga jasa kontraktor per m2 yaitu Rp 3.000.000

Estimasi Harga: 60 × 3.000.000 = 180 juta

Bagaimana Sistem Pembayaran Jasa Kontraktor?

Ada 2 jenis pembayaran, yaitu pembayaran bertahap, bisa juga disebut sebagai pembayaran termin dan pembayaran cost and fee.

Untuk pembayaran bertahap, terdapat 4 tahapan yang harus kita lewati:

Tahap 1: Pembayaran DP sebesar 20-30% dari total seluruh biaya pembangunan

Tahap 2: Pembayaran yang kedua dilakukan saat proyek sudah 50% selesai. Pembayaran pada tahap kedua ini diberikan sebesar 30%

Tahap 3: Pembayaran berikutnya dibayarkan saat bangunan sudah 80% hampir selesai. Besar uang yang dibayar sendiri sebesar 20%

Tahap 4: Yaitu saat rumah kita sudah selesai dibuat, kita harus membayar sisanya yaitu 20% kepada jasa. Jadi sampai di tahap 4, kita sudah menyelesaikan 100% pembayaran

Jika setelah proses pembangunan ternyata ada bagian yang menurut Anda kurang memuaskan, Anda dapat menahan uang Anda sebesar 5-10% sebagai retensi atau garansi.

Sementara pembayaran dengan sistem cost and fee menempatkan kontraktor sebagai pengelola proyek. Tiap bulan kita harus menyiapkan kebutuhan uang yang dibutuhkan per bulan. Tiap bulan jumlahnya tidak menentu, bisa kecil bisa lebih besar. Sementara kontraktor di sini akan mengambil 10-20% nilai proyek sebagai upahnya.

Itulah berbagai pertanyaan seputar Jasa Kontraktor. Semoga informasi di atas bisa membantu. Jika masih kurang cukup, silahkan hubungi kami untuk menanyakan hal-hal yang lebih spesifik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat