Jangan Salah Pilih! Ini 5 Merk Cat Tembok Yang Bagus Untuk Memperindah Rumah

Banyak jenis merk cat tembok dengan berbagai keunggulan. Akan tapi, harus berhati-hati saat memilihnya, karena setiap jenis punya peruntukan berbeda dengan mutu berbeda juga. Memilih merk cat tembok yg bagus haruslah disesuaikan dengan peruntukannya sehingga hasil akhirnya memuaskan. Misalnya eksterior atau interior, warna cerah atau netral, glossy atau doff.

Pertimbangan Memilih Jenis Cat Tembok yang Bagus

Rekomendasi Merk Cat Tembok

Sebelum memilih cat, ada banyak yang harus dipertimbangkan agar tepat sasaran, hasil akhir memuaskan dan juga tahan lama. Simaklah penjelasannya berikut ini:

  • Lokasi yang akan di cat. Bagian eksterior yang terkena cuaca akan berbeda kandungan inti bahannya dengan interior. Misalnya ada anti jamur.
  • Merk cat yang sudah dikenal umumnya memberikan alternatif pilihan warna lebih beragam. Karena warna bisa mempengaruhi suasana ruang dan mood penghuninya.
  • Tampilan akhir. Misalnya ingin yang mengkilap (glossy) atau yang biasa (doff).
  • Mutu dan Harga. Cat bermutu baik akan tahan lama sehingga bisa membuat penghematan harga dibandingkan dengan yang harus sering diulang karena cepat luntur.

Baca juga Rekomendasi Warna Cat untuk Ruangan Tamu, Super Elegan!

Rekomendasi Aneka Merk Cat Tembok

Berdasarkan jumlah pembelian yang dilakukan melalui e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee. Berikut adalah rekomendasi jenis merk cat tembok yg bagus yang dipilih karena berbagai keunggulannya:

1. Lenkote Sunguard – Avian Brands

Lenkote Sunguard dari Avian
foto : tokopedia.com

Lenkote Sunguard dari Avian ini adalah cat tembok khusus eksterior karena memiliki keunggulan tahan cuaca yang diklaim bisa membuat rumah menjadi adem. Bahan dasarnya superior acrylic bisa menutupi retak rambut pada tembok dan mudah dibersihkan, tahan jamur, lumut bahkan air garam.

Hasil akhirnya agak mengkilap (semi gloss) dengan kemasan 2,5 dan 20 L. Harga mulai Rp. 258 ribu. Produk ini dibuat tanpa timbal dan merkuri sehingga aman untuk penghuninya.

2. Anti-Mosquito – Kansai Paint

Anti-Mosquito – Kansai Paint
source : tokopedia.com

Salah satu kesulitan tinggal di daerah tropis adalah banyaknya nyamuk yang mengganggu. Cat interior Anti-Mosquito ini diklaim bisa melindungi penghuni rumah dari serangan nyamuk, sangat berguna untuk kamar anak-anak. Bahan dasarnya acrylic jadi mudah dibersihkan dan hasil akhirnya tidak mengkilap (doff atau matte).

Dijual dalam kemasan 2,5 dan 20 L kisaran harga mulai Rp. 139 ribu. Teknologi anti-mosquito ini tahan selama dua tahun dan telah melalui proses uji dari IPB. Meski bisa melawan nyamuk, cat ini tetap aman untuk manusia dan hewan peliharaan.

Baca juga Ayo Belajar Menghitung Luas Rumah Dengan Tepat!

3. Interior – Dulux Catylac

Interior – Dulux Catylac
foto : dulux

Jika penghuni menyukai permainan warna, produk Interior ini akan memberikan alternatif warna yang banyak dengan gradasi yang bagus. Warna yang ditampilkan akan terlihat doff dan berbeda karena teknologi Chroma Brite yang digunakan. Tapi jangan khawatir karena warnanya tidak mengandung bahan berbahaya.

Hadir dalam kemasan 5 dan 20 kg dengan harga mulai Rp. 135 ribu. Produk ini telah mendapatkan sertifikasi Green Label dari Singapura karena terbukti ramah lingkungan.

4. Aquaproof – Adhi Cakra Utama Mulia

Aquaproof – Adhi Cakra Utama Mulia
foto : aquaprof.co.id

Umumnya orang mengira Aquaproof hanya untuk melindungi bocor di atap atau dak beton tapi Aquaproof sudah mengembangkannya dengan pelapis dinding yang kedap air juga. Warna yang tersedia juga lebih beragam bisa disesuaikan untuk desain rumah. Pemakaiannya mudah karena dengan sifat thixotropic-nya cat ini tidak mudah menetes.

Bahan dasar cat ini adalah polimer sintetis yang memberi daya lengket yang kuat. Kemasan yang tersedia adalah 1 kg, 4 dan 20 kg yang memiliki kisaran harga mulai Rp. 208 ribu. Hasil akhirnya tidak terlalu mengkilap (semi-gloss).

Baca juga Rekomendasi Warna Cat untuk Ruangan Tamu, Super Elegan!

5. Gloss – Vinilex

Gloss – Vinilex
sumber : tokopedia.com

Merk cat tembok yg bagus dengan tampilan kilap bisa didapatkan dengan Gloss. Bisa digunakan untuk interior atau eksterior karena memilih daya tahan terhadap cuaca dan anti bakteri karena menggunakan teknologi “silver ion.” Pilihan warnanya juga sangat beragam termasuk warna barunya “Spring Vigor” persis warna bolu pandan.

Kemasan yang tersedia adalah 2,5 dan 15 L dan memiliki kisaran harga mulai Rp. 150 ribu. Produk ini dibuat tanpa timbal dan merkuri sehingga aman untuk penghuninya.

Demikianlah penjelasan tentang merk cat tembok yg bagus untuk segala situasi hunian. Untuk kepuasan maksimal dan daya tahan pilihlah cat tembok yang sesuai peruntukannya sehingga tepat guna dan menguntungkan bagi penghuninya. Warna yang tersedia juga sangat beragam bisa membantu menciptakan suasana berbeda bagi penghuninya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 - BikinRumah.co.id