Syarat Bangunan Rumah Menurut Islam yang Penuh Berkah

Salah satu syarat bangunan rumah menurut Islam yakin tidak bermegah-megahan. Hal itu sesuai dengan anjuran Allah dalam surat at-takasur ayat 1 sampai 8. Meskipun terkesan sederhana tetap saja bisa akan menjadi hunian yang nyaman dan damai.

Apa Saja Syarat Bangunan Rumah Menurut Islam Itu?

syarat bangun rumah menurut islam

Menurut Alquran salah satu tanda akhir zaman yaitu banyak orang-orang yang membangun tempat hunian dengan mewah. Hal itu tentunya tidak sesuai dengan syarat bangunan rumah menurut Islam. Lantas apa saja kriterianya? Langsung saja simak penjelasan pada artikel ini.

  1. Bangunan Menghadap Kiblat

Sama seperti pada saat umat Islam melakukan sholat. Sangat disarankan untuk bangunan rumah menghadap kiblat. Hal itu secara tidak langsung bisa menjadi pengingat agar melaksanakan ibadahnya tepat pada waktunya dan menimbulkan perasaan nyaman.

Meskipun bangunannya menghadap kiblat. Namun dalam rumah terdapat satu ruangan yang tidak boleh untuk menghadap arah tersebut yakin kamar mandi. Karena hal itu sesuai dengan Hadits Shahih Muslim Nomor 338.

  1. Pada Bangunan Tidak Boleh Ada Hiasan dengan Patung atau Lukisan Makhluk Hidup

Agar terlihat menarik banyak orang menghiasi tempat tinggalnya dengan berbagai gambar makhluk hidup dan patuh. Akan tetapi dalam Islam tidak dianjurkan melakukan kegiatan tersebut. Karena dapat membuat malaikat enggan masuk ke dalam rumah.

Jika ingin tetap menghiasi rumah alangkah baiknya untuk memajang gambar berbau keislaman seperti ayat-ayat Allah, nasehat-nasehat dan keindahan alam. Dengan begitu tempat hunian akan terasa lebih tentram. Bahkan dapat mencegah makhluk halus untuk memasukinya.

Baca bangun Syarat KPR Renovasi Rumah Dan Rekomendasi Bank Penyedia

  1. Menanami Halaman dengan Pohon dan Berbagai Tumbuhan

Supaya sirkulasi udara di sekitar rumah lebih baik. Anda dapat menanami halaman dengan berbagai macam pohon. Tidak hanya itu nanti juga bisa membuat suasana menjadi di adem dan asri. Dengan begitu bisa membuat penghuninya nyaman untuk tinggal di tempat tersebut.

Dalam hal ini alangkah baiknya untuk menanam tanaman jenis obat obatan seperti daun sirih, kunyit, jahe, lidah buaya. Nantinya hasil panen dapat dibagikan kepada tetangga yang membutuhkan atau dimanfaatkan sendiri. Dengan begitu membuat hidup berkah.

  1. Terdapat Kamar Terpisah untuk Anak yang Sudah Baligh

Apabila di dalam keluarga terdapat anak yang sudah dewasa. Sangat dianjurkan untuk memisah tempat tidurnya apalagi jika berbeda kelamin. Meskipun masih mahramnya tetapi tetap saja kegiatan tersebut harus dilakukan. Karena hal itu sesuai dengan ajaran Islam.

Namun jika Memiliki keterbatasan ekonomi bisa menjadikan satu tempat tidur anak nya. Akan tetapi tetap dengan syarat jenis kelaminnya sama. Oleh karena itu sebelum membuat rumah siapkan perencanaan dengan baik dan matang.

Baca juga Syarat, Cara Mengurus dan Biaya Pengurusan IMB Renovasi Rumah

Ciri-ciri Rumah yang Berkah Menurut Islam

Menurut Islam membangun rumah bukanlah tentang bentuknya yang mewah. Akan tetapi yang paling terpenting yaitu bisa membuat suasana menjadi kondusif dengan nilai-nilai keislaman. Lantas bagaimana hunian tempat tinggal yang berkah itu?.

  1. Penghuninya Selalu Memperhatikan Adab Ketika Masuk dan Keluar Rumah

Salah satu tanda bahwa tempat hunian itu berkah bisa terlihat dari tingkah laku penghuninya. Di mana mereka akan selalu mengucap salam ketika masuk dan keluar rumah. Kegiatan itu sesuai dengan teladan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dalam hadis muslim.

Dengan selalu mengucap salam ketika masuk maupun keluar rumah. Secara tidak langsung telah memberi manfaat kepada para penghuni lainnya. Maka dari itu bisa membuat orang yang ada di dalamnya tidak kaget saat anda pulang dari kegiatan di luar.

  1. Penghuni Sering Membaca Alquran

Selain membuat rumah menjadi berkah. Sering membaca ayat suci Alquran juga bisa menghindarkan dari berbagai pengaruh jahat baik yang bisa terlihat maupun tidak. Tentunya Jika kegiatan ini sering dilakukan dapat membuat suasana menjadi tentram dan nyaman.

Dengan begitu dapat membuat para penghuninya betah untuk berdiam diri di dalam rumah tersebut. Membaca Alquran di dalam rumah juga telah sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SWT dalam hadits Tirmidzi. Agar tempat tinggal Anda berkah lakukan aktivitas itu ya!.

Itulah pembahasan singkat tentang syarat bangunan rumah menurut islam. Dalam hal ini agar hunian bisa semakin berkah cobalah untuk mengundang anak yatim mengunjunginya. Dengan begitu tempat menjadi nyaman karena doa doa dari mereka. Semoga artikel ini bermanfaat.

Dapatkan Artikel Menarik lainnya tentang jasa kontraktor rumah dan renovasi bangunan lainnya Hanya di BikinRumah.co.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 - BikinRumah.co.id