5 Kesalahan Merancang Denah Rumah

Denah rumah adalah sebuah peta yang menggambarkan tiap-tiap lokasi di dalam rumah Anda yang ditunjukkan dalam ukuran kecil seperti peta. Lokasi itu seperti ruang makan, ruang tamu, ruang tidur, dapur dan lain-lain. Ada garis-garis yang menjadi sekat, lalu pintu sebagai penghubung.

Dengan denah rumah, Anda bisa memiliki gambaran soal hunian. Dalam pembuatan denah rumah, para tukang bangunan akan menjadikannya acuan sebagai format konstruksinya nanti. Ketahui kesalahan denah rumah berikut ini untuk tahu apa saja hal yang harus dihindari.

5 Kesalahan Saat Membuat Denah Rumah untuk Pemula 

5 kesalahan bikin denah rumah

Biasanya kesalahan denah dimulai dari perbedaan persepsi antara orang yang membuat desain dan klien atau orang yang membangun rumah. Contohnya luas ruangan yang tidak sesuai dengan denah. Di gambar luasnya segini, tapi saat jadi ternyata lebih sempit.

Gambar ketika direpresentasikan menjadi sesuatu yang nyata, pasti ada-ada saja yang membuatnya tidak mirip. Di gambar kita tidak tahu tebal tembok yang sesungguhnya, tebal batu bata bisa mencapai 5 cm, jika memakai dua bata untuk menebalkannya jadinya tebal 10 cm, belum lagi plesteran, acian, finish cat, dan lain-lain. Meski perbedaannya nanti beberapa meter atau centi, bagi klien yang sangat teliti pasti merasa ada yang tidak sesuai. Di denah begini, tapi realitanya begini.

Untuk itu, saat membuat denah rumah, berusaha lebih teliti memahami maksud gambar. Termasuk soal persepi. Tukang arsitek pasti paham, tapi klien tidak semuanya memahami hal sedetail ini.

  1. Ukuran Kamar Mandi yang dibuat Besar dan Luas

Kamar mandi yang besar tidak begitu membuat nyaman. Memang benar, ukuran yang besar membuat kita bisa menaruh beberapa fitur, seperti shower, jacuzzi tub, lemari pakaian raksasa, dan wastafel yang jumlahnya lebih dari dua. Sebuah kemewahan tiada tara.

Kekurangan kamar mandi seperti ini, suara gema dari gemericik air akan terdengar sangat mengganggu, serta jika Anda memiliki bathup berukuran raksasa, itu terasa tidak nyaman untuk dipakai. Untuk mengisinya sampai penuh juga butuh waktu lama, dan satu lagi, jika rusak, butuh biaya besar untuk memperbaiki.

Baca juga Acuan Biaya Bangun Rumah Luas 100 meter persegi

  1. Ruang Televisi yang Besar dengan Ruangan Super Luas

 Memungkinkan untuk mengisinya dengan banyak sofa, dan menaruh layar TV lebar seperti bioskop. Sungguh mewah, dan tampak nyaman untuk didiami anggota keluarga Anda.

Namun kekurangannya, kedekatan kalian berkurang. Jarak tempat duduk, keberadaan sofa yang lebih dari dua, itu cukup membuat kerenggangan di antara penonton. Tapi itu bukan masalah besar, dan tidak menjadi kesalahan untuk kalian. Tapi ruangan yang luas untuk manusia seukuran kita… rasanya tetap saja terlalu berlebihan.

  1. Pintu Langsung Mengarah ke Ruang Tamu 

Saat tamu membuka pintu rumah, mereka langsung dihadapkan pada ruang tamu. Kebanyakan rumah seperti ini, dan apakah itu terasa nyaman? Saya pikir tidak. Karena tahu-tahu saat kita sedang bersantai, ada orang masuk dan mata kalian saling bertatapan canggung, terkejut, dan dipaksa bereskpresi ramah.

Anda bisa menambahkan lobi kecil di rumah Anda yang menjaga privasi selaku pemilik rumah yang belum memiliki persiapan menyambut mereka.

7 Kesalahan Membangun Rumah Minimalis untuk Orang Awam

  1. Tidak Cukup Memiliki Jendela di Rumah 

Perhatikan soal pencahayaan alami dari cahaya matahari di luar dan soal ventilasi angin masuk dan keluar dari rumah. Pertimbangkan jumlah jendela dan peletakannya untuk membuat rumah tetap terasa nyaman.

Anda bisa menambahkan jendela di dapur, ruang tamu atau ruang makan. Jumlah yang cukup bisa membuat pencahayaan rumah terasa cukup dan sirkulasi udaranya segar.

  1. Tidak Memiliki Gudang 

Sebuah kesalahan fatal, saat membangun rumah tapi tidak memiliki gudang. Gudang menjadi tempat kita menaruh semua hal yang tidak sepantasnya ditaruh di area rumah indah kalian. Sehingga barang-barang tidak perlu itu tidak mengotori garasi atau sudut rumah Anda. Di gudang juga tidak perlu memperdulikan hal estetik, dan kalian bisa membuatnya berantakan (tapi lebih baik tidak melakukan itu).

Masih banyak lagi kesalahan membuat denah rumah. Seperti: kesalahan tidak mempertimbangkan ukuran furnitur, tidak mempelajari proporsi, mengabaikan gaya hidup penghuninya, dan tidak merancang hidup berdampingan dengan tanaman hijau. Beberapa kesalahan bisa diperbaiki, beberapa lagi tidak bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 - BikinRumah.co.id