8 Jenis Jasa Arsitek dan Pengertiannya

Jasa arsitek seperti apa yang Anda butuhkan? Dan bangunan seperti apa yang ingin Anda bangun? Jawab pertanyaan ini dulu sebelum menentukan akan menggunakan jasa arsitek.

Memiliki arsitek yang tepat dengan pengalaman dan pelatihan profesional, sangat berdampak besar pada keberhasilan pembangunan. Sebelum memulai proyek konstruksi, sebaiknya Anda pelajari dahulu apa saja jenis arsitek di dunia. Bagi orang awam, banyak dari mereka mengabaikan profesi ini saat membangun rumah. Inilah penyebab kenapa tampilan rumah Anda begitu-begitu saja. Bagi mereka yang mulai menyadari, akan paham, bagaimana dampak dari menggunakan dan tidak menggunakan jasa ini.

Pengertian Arsitek 

jasa arsitek

Arsitek adalah sebuah profesi yang memiliki lisensi untuk membuat dan mengawasi keseluruhan estetika struktur bangunan. Pekerjaan utamanya adalah membuat desain bangunan lewat gambar-gambar di atas kertasnya. Nantinya dia menentukan, berapa kira-kira panjang, diameter, dan hal-hal ini akan dipelajari oleh mandor atau para pekerja kontraktor saat membuat bangunan beserta strukturnya.

Orang-orang kebanyakan hanya tahu bahwa arsitek adalah seorang ahli desain. Terlepas dari tugas utama tersebut, arsitek juga bisa menjadi pengawas dan mereka berspesialisasi dalam beragam sektor dan proyek. Bidang spesialisasi ini biasanya berdasarkan minat khusus atau proyek yang dari awal memang menjadi incaran mereka. Tidak semua arsitek menguasai semua jenis pembangunan.

Jenis arsitektur dapat dicirikan berdasarkan desain struktur dan periode konstruksi. Agar tidak salah pilih arsitek, berikut adalah daftar jenis-jenis arsitek yang berspesialisasi dalam berbagai sektor.

Jenis-Jenis Arsitek 

jasa arsitek online

1. Arsitek Perumahan 

Membangun rumah yang indah, mungkin sering dipahami sebagai tugas dari seorang arsitektur dasar. Itu tidak sepenuhnya salah. Namun biasanya orang yang ingin membangun rumah dengan klien pribadi, dan mengembangkan real estate untuk tempat tinggal rumah, dan membuat rumah yang hanya disesuaikan satu klien, bisa menggunakan jenis arsitek ini.

Seorang arsitek perumahan memiliki keterampilan yang mampu mengubah rumah impian klien menjadi kenyataan tanpa meninggalkan fungsional dari bangunan tersebut. Mereka selalu lebih mendengarkan Anda, dan selalu memastikan desain rumah ini hanya dimiliki oleh Anda, sehingga tidak pasaran, dan lebih unik. Arsitek perumahan juga perlu memahami aturan bangunan lokal dan batasan lingkungan, serta memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan batasan ini.

2. Arsitek Komersial 

Adalah arsitek yang mengkhususkan diri dalam merancang proyek bangunan seperti toko ritel, hotel, menara perkantoran, museum, rumah sakit, bangunan umum, pusat pemerintahan, dan properti non perumahan lainnya. Arsitek-arsitek ini mampu membuat bangunan yang fungsional dan praktis untuk penghuninya.

Mungkin sebagian orang yang bercita-cita sebagai arsitek, ingin menjadi arsitek komersial. Karena disinilah mereka bisa membangun bangunan tinggi, indah, yang banyak dikunjungi orang, juga termasuk dalam bagian arsitek yang membangun objek-objek wisata yang banyak mendapatkan perhatian dan jepretan kamera para pengunjungnya. Untuk menjadi arsitek komersial, Anda harus memiliki keterampilan desain luar biasa, dan memiliki pemahaman penuh terkait kode-kode bangunan komersial peraturan keselamatan dan keuangan yang terlibat dalam konstruksi.

3. Arsitek Desain Berkelanjutan 

Bangunan yang dibuat para manusia selama ini menjadi penyumbang besar emisi karbon atau gas yang tidak baik untuk bumi. Efek rumah kaca, desain interior yang penuh peralatan teknologi penghasil emisi karbon, minimnya tanaman pada sebuah hunian dan struktur bangunan yang salah sehingga memberikan dampak negatif untuk lingkungan. Tidak semua arsitek berkonsep memperhatikan lingkungan. Kebanyakan fokus ke keindahan saja.

Namun untuk jenis arsitek yang berkutat pada desain berkelanjutan yang mendukung hijaunya bumiku,  mereka memperhatikan bagian-bagian ini. Mereka memiliki keahlian dalam menciptakan bangunan yang ramah lingkungan dan hemat energi. Mereka memahami metode pembangunan hijau, mahir menggunakan fitur konstruksi inovatif yang memadukan fungsi bangunan, keindahan dipandang dan sehat untuk bumi.

Baca juga Jasa Arsitek Rumah Membantu Anda Bangun Rumah Impian

4. Desainer Perkotaan 

Yang jelas mereka berspesialisasi pada bangunan milik umum, bukan individu, dan banyak terlibat dalam desain perencanaan perkotaan dan berfokus pada area secara keseluruhan. Ini juga berkaitan dengan penentuan di mana tempat yang tepat mendirikan fasilitas kota untuk nantinya dimanfaatkan oleh masyarakat.

Mereka menghitung secara akurat mengenai letak-letak fasilitas tersebut harus didirikan. Tak hanya fasilitas umum, mereka juga mengatur letak-letak bangunan di seluruh kota. Misalnya toko komersial , rumah pribadi seseorang, jaringan jalan, jembatan, bangunan  utilitas umum, dan infrastruktur lainnya yang dibangun di kota. Dari melihat tugas-tugasnya ini, tentu yang paling membutuhkan jasa arsitek ini adalah pemerintah. Mungkin arsitek ini memiliki penyebutan nama atau istilah berbeda, yang jelas, memang ada arsitek yang memiliki tugas seperti ini.

5. Arsitek Industri 

Fokus mereka adalah pada seberapa berfungsi-nya bangunan mereka terhadap para penghuni. Bukan lagi keindahan. Karena ia tidak dijadikan tempat tinggal, melainkan sebagai tempat produksi atau penyimpanan dan aktivitas industri lainnya. Arsitek yang berspesialisasi di bidang ini, melayani pembuatan bangunan berupa pabrik, gudang, fasilitas distribusi dan logistik, pembangkit listrik, hub, terminal transportasi dan banyak lagi.

Arsitek industri mampu mengintegrasikan berbagai mesin, peralatan, dan persyaratan lain dari industri tertentu ke dalam desain bangunan fungsional. Tujuan utama mereka adalah menyiapkan ruang yang dapat mengefektifkan operasional suatu bisnis sekaligus memberikan ruang yang ergonomis bagi penggunanya.

6. Arsitek Konservasi 

Apakah Anda memiliki barang-barang yang bernilai tinggi yang dilindungi atau properti sejarah yang rentan terhadap keausan normal? Jasa arsitek ini akan sangat berguna bagi mereka yang memiliki museum yang menyimpan barang-barang dilindungi tersebut. Selain museum, mereka juga sering dipekerja-kan untuk istana, bangunan bersejarah, candi, atau properti tempat tinggal yang memiliki kepentingan bersejarah.

Arsitek konservasi adalah mereka yang ahli dalam spesialisasi dalam konsultasi konservasi dan restorasi properti yang bersejarah dan dilindungi. Mereka memperlihatkan pemahaman mendalam tentang arsitektur periode yang membantu dalam melestarikan keindahan bangunan bersejarah secara efektif. Arsitek konservasi juga mempunyai pengetahuan mendalam soal undang-undang dan peraturan yang terkait saat renovasi atau memperluas bangunan yang terdaftar.

7. Arsitek Lanskap 

Arsitek lanskap berspesialisasi dalam desain dan pengembangan luar ruangan seperti taman pribadi atau publik, alun-alun, kebun buah-buahan, jalan setapak tepi jalan atau bangunan, lapangan golf, dan ruang rekreasi lainnya. Arsitek jenis ini mempunyai keahlian di bidang hortikultura, karena mereka yang menentukan jenis pohon, bunga, tanaman, dan tanaman hijau lain yang harus ditempatkan di tempat tertentu.

Keputusan soal tanaman jenis apa yang diletakkan pada suatu ruang, tak terlepas dari pengetahuan mereka memahami iklim, lokasi properti dan apakah subur atau tidak ditanam di tempat tersebut. Bekerja sama dengan arsitek desain berkelanjutan adalah hal yang wajar terjadi. Konsep mereka hampir sama, membuat ruang luar atau outdoor menjadi lebih hijau dan baik untuk bumi. Mereka tidak mendesain dalam ruangan, hanya di luar ruangan saja. Mereka bisa melakukan proyek perkantoran atau perumahan, tapi fokusnya bukan di dalam ruang, tapi di luar ruangan.

8. Arsitek Interior

Arsitek interior dan jasa desain interior memiliki tujuan yang sama, tapi Anda tidak perlu bingung dengan keduanya arsitek interior adalah arsitek yang berfokus pada seni serta ilmu yang merancang ruang interior. Mungkin kebalikan dengan arsitek lanskap. Bagian dekorasi ruang, komponen struktural bagaimana desain tersebut akan terbentuk, adalah tugas dari arsitek interior.

Saat Anda menggunakan jasa kontraktor yang membangun rumah atau bangunan  komersial, biasanya mereka hanya menawarkan ruang tanpa hiasan. Alias bagian dalam masih kosong, perlu diisi dahulu oleh penghuninya. Layanan ini terjual terpisah dari jasa mereka, harus menggunakan jasa arsitek desain interior untuk bagian desain mendesain bagian dalam ruangan. Mereka tidak hanya peduli dengan gaya dan perabotan properti, tetapi mereka juga bertanggung jawab untuk mengubah ruang hitam, atau ruangan yang tidak layak huni menjadi lingkungan yang layak huni.

Jasa Arsitek Online 

Ia tidak masuk dalam kategori jenis-jenis arsitek, tapi ada hal unik yang seru dibahas dari jasa ini. Mereka menawarkan gambar rumah atau bangunan yang dipesan klien secara online. Komunikasi dilakukan secara daring dan kebanyakan tidak melakukan pertemuan.

Harga yang ditawarkan menggiurkan karena lebih murah dibanding jasa arsitek biasanya. Harga yang murah mungkin karena ketiadaan penghitungan atau survei secara langsung ke lokasi. Jadi mereka hanya menggambar dan menggambar. Nantinya desain tersebut dikirimkan kepada Anda, berikutnya gambar itu diberikan kepada kuli atau mandor yang bekerja. Kelihatannya simpel, dan orang-orang tertarik dengan jasa ini karena tarif arsitek dibuka dari Rp 10.000 saja. Cocok untuk coba-coba.

Namun sebagai sedikit peringatan dan pesan yang mungkin bermanfaat, Anda sebaiknya mengetahui beberapa fakta soal arsitek online yang menawarkan gambarnya secara online ini:

  1. Seringnya, ada biaya tersembunyi dari layanan  jasa arsitek online. Saat penyesuaian, perencanaan dan perubahan kecil pada gambar desain, bisa mengeluarkan biaya lagi. Jadi biaya yang Anda bayar tidak membayar seluruh layanan, hanya sebagian saja
  2. Lingkup pekerjaan proyek yang kadang tidak jelas
  3. Kurangnya komunikasi dengan pelanggan dikarenakan komunikasi tidak bisa dilakukan secara tatap muka
  4. Interaksi yang buruk dengan pelanggan mengenai frekuensi dan ketepatan waktu komunikasi
  5. Gambar arsitektur online tingkat rendah. Mereka memiliki banyak gambar, jual berapa saja yang penting laku. Kurang lebih ada jasa yang berprinsip seperti ini
  6. Kurangnya akuntabilitas dan kepemilikan. Sulit melihat apakah mereka kompeten karena kurangnya keterlibatan pada proyek
  7. Arsitek online belum tentu memahami atau lulus dari tes dasar. Tes dasar yang dimaksud adalah aturan dasar keselamatan sebuah hunian, keselamatan kebakaran, dan hal-hal terkait keselamatan. Hal seperti ini disebabkan karena mereka tidak datang ke lokasi

Tidak semua arsitek online seperti ini. Ada juga yang profesional, tapi soal komunikasi dan keterlibatan arsitek pada proyek, perlu Anda pikirkan matang-matang karena sulit rasanya membuat hunian yang spektakuler bila arsiteknya jauh dan tidak ikut hadir di sisi Anda.

Belum lagi soal masalah biaya tersembunyi. Ini perlu diwaspadai, takut jika harga dan hasil tidak sesuai. Lantas Anda meminta perubahan rencana lalu malah memunculkan biaya-biaya tambahan tersembunyi yang tidak diberitahukan sejak awal.

Bagaimana dengan keputusan Anda sekarang? Dari ulasan di atas, Anda sudah memahami banyak jenis arsitek dan jasa arsitek online yang akhir-akhir ini banyak dipakai masyarakat. Keputusan ini ada di tangan Anda.

Saran dari saya sendiri, lebih baik Anda menggunakan jasa kontraktor paket lengkap yang menyediakan jasa kontraktor, jasa arsitek hingga penyediaan material bangunan dalam satu perusahaan yang sama. Biasanya untuk beberapa jasa, jika sudah memesan jasa kontraktor, Anda akan dapat bonus jasa desain arsitek yang diperoleh secara gratis. Tertarik dengan jasa arsitek milik kami?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 - BikinRumah.co.id