biaya rumah 5x7 sederhana

Perkiraan Biaya Rumah 5 X 7 yang Bisa Anda Hitung

Saat ingin membangun rumah dengan desain minimalis, maka sangat penting bagi Anda memikirkan biaya rumah 5 x 7. Baik itu mulai dari pondasi awalnya sampai dengan siap huni. Rumah ukuran tersebut sendiri dapat menampung dua kamar tidur di dalamnya sehingga cocok untuk satu keluarga.

Perkiraan Biaya Rumah 5 X 7 Minamalis Sederhana

Sangat penting bagi Anda yang ingin membangun rumah untuk memperkirakan biaya keseluruhannya. Dengan begitu, biaya tersebut tentu tidak akan jauh berbeda dari biaya aslinya. Dengan ukuran 5 x 8, maka di bawah ini perkiraan biaya tersebut:

  1. Pondasi

Saat ingin membangun rumah ukuran 5 x 7, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuat pondasi. Proses pembuatannya ini sendiri dapat menghabiskan biaya sekitar Rp 15.000.000 sampai dengan Rp 25.000.000. Umumnya hal tersebut akan tergantung dengan keadaan tanahnya.

Sebagai contoh membangun rumah di area rawa tentu akan memakan lebih banyak biaya daripada membangun rumah di area tanah yang lebih keras. Pasalnya, ukuran pondasi sekaligus besi yang terpakai tentu berbeda sehingga terdapat perbedaan harga.Ke

  1. Dinding

Dinding merupakan bagian lain yang perlu dibangun setelah berhasil membuat area pondasi. Tentu saja, keberadaan dinding ini sangat penting dalam sebuah hunian. Pasalnya, berperan sebagai pembatas ataupun penyekat sehingga perlu dibangun dengan tepat.

Untuk proses pembuatan dinding ini sendiri umumnya dapat menghabiskan dana sekitar Rp 10.000.000 sampai dengan Rp 15.000.000. Hal ini tentu saja masih belum termasuk biaya pengecatan. Oleh sebab itu, pastikan melebihkan biaya tersebut.

Baca juga Persiapan Biaya Rumah 6 X 7 yang Perlu Diperhatikan

  1. Atap

Sekarang ini ada banyak jenis seng maupun genteng beredar di pasaran. Tentu saja harga sekaligus kualitasnya akan berbeda satu dengan lainnya. Oleh sebab itu, pastikan menyesuaikannya dengan keuangan masing-masing saat memilihnya.

Apabila Anda memakai atap dengan bahan baja ringan, maka perlu menyiapkan biaya sekitar Rp 30.000.000. Berbeda jika menggunakan bahan kayu, maka dapat berkisar Rp 15.000.000 saja. Akan tetapi, saat menggunakan baja ringan tidak perlu khawatir akan terkena rayap.

  1. Jendela dan Pintu

Untuk membuat hunian dengan ukuran 5 x 7, maka bagian dengan harga paling murah adalah pintu sekaligus jendela. Akan tetapi, tentu saja tidak boleh menganggap sepele hal ini. Pasalnya, tetap memerlukan biaya hingga jutaan sekalipun.

Pembuatan jendela dan pintu pada rumah tersebut umumnya dapat mencapai harga sekitar Rp 7.000.000 sampai dengan Rp 10.000.000. Hal ini akan bergantung dengan jumlah jendela dan pintu yang ingin Anda gunakan pada hunian minimalis tersebut.

Baca juga Tips Membangun Rumah Minimalis dengan Modal 30juta Tahun 2022

  1. Pengecatan Rumah

Tidak banyak orang menyadari, bahwa sebenarnya biaya pengecatan dapat Anda tekan agar pengeluaran jauh lebih hemat. Salah satu caranya adalah dengan membeli cat harga lebih murah. Setelah itu, pastikan untuk melakukan pengecatan sendiri atau manual.

Pasalnya, jika harus menggunakan jasa pengecatan, tentu saja perlu menyiapkan uang tambahan sekitar Rp 5.000.000. Umumnya hal ini sudah termasuk dengan catnya sehingga tidak perlu lagi membeli cat sendiri. Akan tetapi, akan lebih hemat jika mengecat sendiri.

Gambar Denah Bangun Rumah 5 x 7

bangun rumah 5x7 tampak depan
souce pinterest

 

bangun rumah 5x7 1
souce pinterest

 

bangun rumah 5x7 1 tampak atas
source pinterest

 

bangun rumah 5x7 2
source pinterest

 

bangun rumah 5x7 3
source pinterest

 

bangun rumah 5x7 denah
source pinterest

 

bangun rumah 5x7 bagian kanan
source pinterest

Tips Membangun Rumah Minimalis

Ada banyak tips yang perlu Anda perhatikan apabila ingin membangun rumah. Tentu saja, sangat penting untuk memperhatikan setiap tips tersebut. Agar nantinya proses pembangunan rumah dapat berjalan dengan lancar sesuai keinginan. Di bawah ini diantaranya:

  1. Buat Rencana Pembangunan Rumah

Sebagai langkah awal dalam membangun rumah, usahakan Anda membuat rencana pembangunan rumah terlebih dahulu. Dalam hal ini, tidak ada salahnya untuk menghitung berapakah dana yang perlu dikeluarkan, ukuran bangunan, serta pemilihan materialnya.

Selain itu, cobalah untuk menggunakan jasa bangun rumah minimalis paling tepat. Tentukan juga waktu penyelesaian pembangunan hunian tersebut. Tentu saja, adanya perencanaan tersebut dapat berguna sebagai manajemen pengendali agar tidak ada penyimpangan pembangunan.

  1. Terapkan Desain Minimalis

Sekarang ini rumah dengan desain minimalis modern bisa jadi pilihan tepat. Desain tersebut memiliki kesan mewah pada bagian eksterior maupun interiornya. Terdapat pula pilihan lainnya yaitu desain industrial akan tetapi lebih cocok untuk membangun café maupun restoran.

Apabila ingin mencari inspirasi lebih jauh, maka tidak ada salahnya mencari di internet. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan dana dalam hal desain interior tersebut saat ingin membangun rumah. Namun tetap pastikan bahwa desainnya sesuai budget.

Itu tadi penjelasan lengkap tentang perkiraan biaya rumah 5 x 7. Sebelum memutuskan untuk membangun rumah, maka usahakan Anda memahami bagaimana cara memperkirakan biaya tersebut. Agar nantinya proses pembangunan tidak berhenti di tengah jalan.

Bikin Rumah

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Perkiraan Biaya Rumah 5 X 7 yang Bisa Anda Hitung yang dipublish pada May 26, 2022 di website BikinRumah.co.id

Leave a Comment