Rumah Minimalis, Bangun Rumah Budget 30 juta. Bisa!

Jika modal Anda berkisar 30 juta , tapi ingin memiliki rumah, maka tipe rumah minimalis lah jalan keluarnya. Sekarang sudah banyak desain rumah-rumah minimalis yang tetap tampak mewah, elegan, di samping ukurannya yang tidak semegah rumah dengan ukurang besar.

Yang penting di sini Anda sudah memiliki tanah, atau tempat mendirikan bangunan. Tak peduli apakah ukurannya sempit, karena kita nanti bisa membuatnya menjadi 2 lantai. Ukuran bukan masalah, yang penting Anda memiliki lokasi.

Dan berikut adalah cara atau tips bangun rumah budget 30 juta Anda bisa memperoleh rumah minimalis idaman.

Rincian Biaya untuk Rumah Budget 30 Juta

Sebelum masuk pada tips membangun rumah minimalis modal 30 juta-an, sebaiknya Anda simak dulu estimasi biaya terkait pembangunan rumah Anda nantinya.

Dengan begini kalian bisa melihat apakah membuat rumah dengn dana ‘segini’ terlihat masuk akal atau tidak.

tenaga kerja bangunan rumah minimalis

  1. Perkiraan Biaya untuk Membayar Tenaga Kerja 

Membayar tenaga kerja termasuk dalam poin penting pembangunan rumah minimalis. Untuk membangun rumah minimalis, kira-kira berapa tukang yang Anda butuhkan? 1, 2, 3, atau 5?

Untuk harga tukang bangunan sendiri bervariasi. Jasanya dibanderol dari harga Rp 100 ribu sampai 150 ribu per hari.

Itu harga per hari, ada juga jasa yang mematok harga dari Rp 600 ribu sampai 5 juta per meternya untuk jasa tukang borongan. Mau pilih tukang harian atau borongan?

Kalikan dengan jumlah tukang yang Anda butuhkan serta perkiraan waktu selesainya rumah dibangun. Coba pikirkan sendiri kira-kira berapa dana yang dibutuhkan hanya untuk membayar jasa tukang bangunan.

Perkiraan Waktu Selesainya Rumah dibangun 

Untuk pembangunan rumah minimalis, waktu yang Anda butuhkan tidak begitu lama. Kalau rumah-rumah besar bisa memakan waktu hampir 1 tahun, sementara untuk rumah minimalis tak sampai setengah tahun.

Rumah minimalis dengan luas di bawah 70 m2, waktu yang dibutuhkan kira-kira hanya 2-4 bulan. Sementara untuk luas 100-180 m2, butuh waktu sekitar 4-6 bulan.

Waktu ini tinggal kalian kalikan dengan jasa tukang bangunan di atas. Misal Anda memperkerjakan 3 tukang bangunan selama 4 bulan > dalam 4 bulan ada 120 hari > harga jasa 3 tukang bangunan Rp 300 ribu > 300 ribu dikali 120 hari > maka untuk membayar tukang banguann Anda membutuhkan dana sebesar Rp 36 juta.

Perkiraan Biaya Pengerjaan dari Luas Tanah yang Anda Miliki 

Makin luas tanah Anda, maka makin mahal pengerjaannya dan makin banyak material yang dibutuhkan. Jadi berapa luas tanah yang Anda miliki saat ini. Masihkah masuk akal bila Anda menginginkan rumah hanya dengan modal 30 juta?

perkiraan luas tanah bangun rumah minimalis

Di Indonesia, ada beberapa tipe rumah minimalis:

  • Tipe Rumah Minimalis 21: Luas tanah 60 m2 dengan dimensi 6×10 meter
  • Tipe Rumah Minimalis 33: Luas tanah 60 m2, meski luasnya sama tapi hawanya lebih luas daripada tipe 21, untuk luas bangunannya sendiri 33 m2
  • Tipe Rumah Minimalis 36: Biasanya luas tanahnya juga 60 m2, tapi juga ada yang 72 m2. Untuk luas bangunannya sekitar 36 m2
  • Tipe Rumah Minimalis 45: Luas tanah 90 m2 dan luas bangunan 45 m2

Itu beberapa tipe rumah minimalis dengan luas tanahnya. Dengan luas tanah 90 m2, Anda bisa membuat hunian yang cukup besar.

Kalau hanya 60 m2 pun juga tidak apa, meski ukuran tersebut cenderung sangat kecil. Tapi Anda bisa memperluasnya dengan membuat lantai dua.

Perkiraan Harga Material yang dibutuhkan 

material dan bahan bangunan untuk rumah minimalis

Ukuran luas tanah berhubungan dengan jumlah material yang dibutuhkan. Karena memperkirakan jumlah material yang dibutuhkan terlalu rumit, di sini Saya akan membuat daftar harga saja dari material-material yang seharusnya Anda beli.

  • Batako: Rp 3.500 per buah
  • Batu Bata Merah: Rp 725 per buah
  • Semen 3 Roda 50 kg: Rp 73.000
  • Semen Putih: Rp 90.000
  • Kayu Jati A1 Diameter 16-19 cm: Rp 2,5 – 3,8 juta
  • Cat Tembok Avitex 5 kg: Rp 73.000
  • Pasir Cor Serang 22 m3: Rp 550.000
  • Besi Rangka 8mmx3m: Rp 36.000
  • Asbes Genteng 85x115x0,4 cm: Rp 30.000 per 7,4 kg
  • Kaca Bening 3 mm: Rp 90.000 per m2
  • Keramik Lantai Platinum Savoy 60×60 Isi / dus : 4 Buah: Rp 120.000
  • Batu Split 1X2 – 1 Truk Engkel: Rp 700.000
  • Kaso Baja Ringan 0.75 mm 6 meter: Rp100.000

Dan kebutuhan ini masih belum dihitung dengan keperluan furnitur-funitur dalam rumah. Apakah masih masuk akal membangun rumah dengan dana 30 juta?

Baca juga Perusahaan Besar di Yogyakarta Profesional dan Terpercaya

Perkiraan Biaya Jasa Arsitek atau Jasa Desain Rumah Budget 30 juta

Jangan lupakan kehadiran arsitek dalam proses membangun rumah impian Anda. Lewat keterampilannya, kita bisa mendapatkan rumah impian, memperoleh analisa ukuran ruang dari orang yang handal di bidangnya, memperoleh denah bangunan, ruang, letak furniture yang sesuai denagn bentuk rumah, model 3D pembuatan gambar rumah Anda dan sebagainya.

Keberadaan arsitek juga sangat dibutuhkan oleh jasa tukang yang kalian kerjakan. Jadi jangan pernah melewati langkah ini.

Harga jasanya sendiri bervariasi, ada yang mematok harga darimulai Rp 20.000 permeter dan Rp 40.000 per meter. Makin mahal harganya, makin banyak paket yang kalian peroleh.

Setelah melihat daftar estimasi dana yang mungkin Anda butuhkan untuk membuat rumah, apakah Anda masih berpikir kalau dana sebesar 30 juta sanggup Anda gelindingkan menjadi bangunan rumah impian?

Agaknya memang tidak mungkin. Jika kita perkirakan untuk harga membayar tukangnya saja dananya lebih dari 30 juta.

Tapi tunggu dulu, di atas adalah estimasi kasar. Dana di atas adalah dana yang akan kalian keluarkan jika perencanaan Anda kurang matang.

Beda lagi kalau Anda sudah memiliki perencanaan. Harga di atas bisa kita tekan lebih hemat lagi, caranya bisa kalian ikuti sebagai berikut.

Hanya Modal 30 Juta, 6 Tips Bikin Rumah Minimalis Impian 

Mewujudkan impian Anda kini bisa dilakukan siapa saja meski modal Anda saat ini terbatas. Anda bisa mendesain sesuai keinginan, manfaatkan jasa arsitek yang ada, dan buatlah rumah yang berbeda dari hunian orang lain.

desain rumah tipe 36 minimalis

Dalam hal ini pemilihan jasa arsitek dan jasa bangunan memegang peran penting dalam mewujudkan impian Anda. Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan jasa arsitek dan jasa tukang bangunan yang digabung menjadi satu. Sehingga dana yang keluar bisa lebih ditekan.

Untuk lebih lengkapnya, simak tips-tips berikut ini:

Tips 1: Gunakan Jasa Bangunan Jenis Tukang Borongan 

Ada dua jenis metode pembayaran tukang bangunan di luar sana. Pertama tukang bangunan harian, mereka bekerja dalam sehari dari jam 7 atau 8 pagi sampai waktu pulang, kira-kira jam 4 atau 5 sore.

Dalam satu hari itu, mereka akan memperoleh bayaran tertentu kecuali hari libur.

Jadi intinya, apapun yang mereka lakukan dalam 1 hari itu di tempat kerja, harus Anda bayar. Entah pada hari itu mereka hanya mengaduk-aduk semen, atau menyusun batu bata, pokoknya dalam satu hari itu Anda harus membayar mereka tak peduli bagaimana hasil pekerjaan.

Beberapa jasa ada yang memberikan keringanan, bila dalam 2 hari kerja tukang bangunan tidak memuaskan, kalian bisa memutus kontrak kerja tersebut.

Beda lagi dengan tukang bangunan borongan, sistem mereka biasnya dibayar per meter dari bangunan yang dikerjakan.

Cara ini lebih bagus menurut Saya, karena kita tidak perlu khawatir apakah para pekerja bekerja giat atau malas-malasan. Karena nantinya hasil pekerjaan mereka menentukan bayaran.

Lebih lengkapnya coba simak beberapa kelebihan tukang bangunan borongan berikut:

  • Biaya jasa dan biaya material diserahkan langsung kepada tukang atau mandor
  • Lebih hemat biaya, selain itu pekerjaan yang dilakukan tergantung luas bangunan. Bukan hitungan harian
  • Jika Anda mengambil jasa tukang borongan dalam pengerjaan rumah, Anda tak wajib melakukan pemantauan karena pekerjaan ini akan diserahkan oleh mandor
  • Lebih efisien, serta terhindar dari para pekerja yang suka malas-malasan

Tapi ada kekurangannya juga jenis jasa ini, biasanya para tukang mengerjakan pekerjaannya terburu-buru karena mengejar target.

Hasil pekerjaan mungkin akan sedikit berantakan, jadi Anda butuh pemantauan langsung agar mereka tidak berani macam-macam.

Dan jasa borongan sangat sangat menbutuhkan keberadaan jasa desain bangunan. Keberadaan arsitek sangatlah penting.

Tips 2: Menggunakan Rumah Minmalis Tipe 21 atau 33 supaya Lebih Hemat 

Untuk tipe rumah minimalis 21 dan 33, Anda cukup membutuhkan luas tanah 60 m2 saja. Luas tanah segini bisa menghemat biaya pengeluaran yang besar untuk kebutuhan materialnya nanti, jasa tukang dan jasa arsiteknya. Biasanya dimensi rumah ini hanya sebesar 6×10 meter.

Di dalamnya, sudah terdapat 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang keluarga yang merangkap menjadi ruang tamu. Di bagian depan, Anda masih bisa memarkir mobil tapi Anda tidak memiliki garasi.

Bila luas tersebut menurut Anda terlalu sempit, kalian bisa membangun rumah lantai 2. Dana yang digunakan pun lebih besar lagi. Perkiraan harģanya mungkin bisa 2 kali lipat dari harga rumah satu lantai.

Itu jika Anda tidak melakukan perencanaan matang. Simak tipsnya lebih lengkap lagi untuk mengetahui apa makna dari perencanaan matang yang Saya maksud.

Tips 3: Mengganti Material yang Harganya Lebih Murah 

Sulit mencari yang murah tapi berkualitas. Tapi coba saja dulu siapa tahu kalian mendapatkannya. Perhatikan hal-hal kecil, seperti memilih merk semen yang lebih terjangkau, memilih jenis kayu lain yang harganya lebih murah tapi tetap kuat hingga menentukan jenis bahan bangunan yang tidak begitu mematok banyak harga.

Coba perhatikan contoh berikut terkait cara memilih material dengan harga yang terjangkau dalam pemilihan semen:

Ada banyak merk semen. Harganya bervariasi, dari yang 70 ribu sampai 40 ribu per 40 kg-nya.

Contoh semen 3 roda 50kg, harganya Rp 70 ribu ke atas. Anda bisa mengubah semen ini dengan semen merk lain yang tak kalah hebat, seperti: semen gresik, semen holcim atau semen scg yang harganya hanya Rp 40 ribuan.

Tips 4: Membangun Rumah dengan Konsep Rumah Tumbuh 

Maksud dari rumah tumbuh adalah, rumah yang Anda bangun sekarang bisa kalian bangun lagi suatu saat nanti jika dananya sudah ada.

Tahun ini Anda berhasil membangun rumah dengan luas sekian atau hanya berlantai satu, tapi tahun berikutnya Anda menambah lagi jumlah ruang atau jumlah bangunan rumah Anda. Sembari menunggu, Anda juga masih memiliki tempat untuk tinggal.

Tips 5: Kurangi Jumlah Sekat dalam Rumah 

Sekat yang terlalu banyak bisa membuat rumah terasa sempit dan akan terlalu banyak menggunakan batu bata. Serahkan permasalahan ini pada jasa desain rumah, mereka akan membuat denah ruangan terbaik untuk rumah minimalis Anda.

Maka dari itu, mulai cari jasa arsitek di sekitar Anda. Atau jika boleh merekomendasikan Anda bisa memakai jasa bangun rumah 30 juta https://bikinrumah.co.id

Tips 6: Gunakan Jasa Kontraktor yang Melayani Jasa Arsitek dan Jasa Tukang Bangunan Sekaligus 

Biasanya, jika kedua jasa ini igabung, maka ada salah satu yang gratis. Kebanyakan yang gratis adalah jasa arsiteknya (tentu saja), anggap saja sebagai bonus. Mungkin lebih mudah dipahami begitu.

Mereka menyediakan jasa satu paket, harganya menjadi satu, nanti endingnya tinggal mentotal saja. Kebutuhan bahan, tukang, desain rumah, semua ditanggung mereka.

Di luar sana, ada banyak jasa yang bagus, tapi biarkan Saya memperkenalkan BikinRumah.co.id sebagai rekomendasi.

Ini adalah beberapa kelebihan yang Anda dapatkan bila memakai jasa kontraktor satu ini:

Mendapatkan Gratis Design Rumah 

Konsultasi dijamin gratis. Silakan hubungi lewat WhatsApp, dan inilah hal gratis yang Anda dapatkan:

  • Gratis analisa ukuran dan bentuk lahan
  • Gratis analisa kebutuhan ruang
  • Analisa arah mata angin bangunan serta ruangan
  • Analisa sirkulasi udara dan cahaya
  • Gratis pembuatan denah bangunan, denah ruang dan denah peletakkan zona furnitur
  • Mendapatkan model 3D pembuatan gambar render
  • Pembuatan gambar teknis arsitektur, struktur, mekanikal, elektrikal dan plumbing.
  • Gratis desain interior juga

Perbedaan Harga Rumah 1 Lantai dan 2 Lantai Sangat Murah 

Yang berpikir membangun rumah 2 lantai harganya 2 kali lebih mahal dengan membangun rumah 1 lantai, mari simak harga dari BikinRumah.co.id dulu.

Mereka memiliki harga transparan, dimana per m2 bangunan yang dibangun, pada rumah 1 lantai, hanya dipatok degan harga Rp 3.000.000 atau 3 juta rupiah.

Harga ini satu paket dengan jasa tukang, material kamar mandi, keramik lantai, keramik dinding, batu bata, besi, genteng, plafon, pintu, kusen, cat interior dan eksterior, jendela, lampu dan material-material lainnya.

Sementara untuk 2 lantai, harganya Rp 4.500.000 per m2.

Dan memperoleh material-material di atas dengan kualitas dan bahan yang sama.

Desain Rumah yang Pernah Mereka Bangun Selalu Memberikan Nuansa Mewah 

Anda bisa melihat daftar rumah yang pernah mereka bangun di website resmi, di sana ada beragam desain rumah minimalis modern yang elegan, mewah, tapi minim dana.

desain rumah mewah jogja

Darimulai rumah lantai 1, lantai 2, rumah dengan tema tropis, desain rumah yang memperhatikan lokasi di sekelilingnya, arah cahaya, dan semuanya menyesuaikan keadaan. Sehingga hasilnya tidak pernah gagal dalam menciptakan kesan, “Mewah banget rumahku.”

BikinRumah.co.id sendiri adalah perusahaan yang dibangun oleh Anak Muda Yang Kreatif dan Melek Tehnologi. Setiap Pekerjaan Kami memberikan nuansa yang berbeda dan berkesan mewah. Segera kontak mereka sekarang.

Hanya dengan memakai jasa di perusahaan BikinRumah.co.id, Anda sudah bisa menghemat pengeluaran untuk jasa tukang, material, dan arsitek.

Artikle ini Kami Publish juga di wattpad.com @BikinRumah

Jika menurut Anda membuat rumah minimalis modal 30 juta masih masuk akal, maka lakukanlah. Sebenarnya lebih baik Anda memakai sistem membangun rumah secara bertahap. Karena suati hari, penghuni rumah pasti akan terus bertambah. Intinya bikin rumah minimalis sebaik mungkin, jangan yang penting murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat