Jasa Bangun Rumah Per Meter & Borongan

Bagi kalian yang masih sangat awam di dunia bangun-membangun rumah, ketahui beberapa hal ini agar bisa lebih memahami. Dari mulai tahap persiapan, perencanaan, pembangunan hingga pemilihan jasa bangun rumah yang tepat.

Berikut adalah semua tips-tips bangun rumah yang dibagikan oleh jasa bangun rumah jogja, yaitu BikinRumah.co.id

11+ Persiapan Jasa Bangun Rumah dari Nol 

11 tips bangun rumah minimalis
11 tips bangun rumah minimalis

1. Ketahui Berapa Modal Anda 

Sadari dulu apa modal atau anggaran yang Anda miliki. Misal, berapa luas meter tanah yang Anda miliki dan anggarannya. Dengan mengetahui ini Anda bisa membangun rumah sesuai dengan anggaran.

Tujuannya agar Anda tidak kekurangan modal nantinya, sehingga pembangunan pun tidak terbengkalai karena kekurangan dana.

2. Tentukan Tipe Rumah yang diInginkan 

Tips selanjutnya, tentukan tipe rumah yang Anda inginkan. Ada beberapa tipe rumah di Indonesia yang paling banyak digunakan, sekurang-kurangnya ada 7 tipe rumah, apa saja itu?

  • Tipe 21/24

Bangunan ini hanya memiliki luas sekitar 21 hingga 24 m2. Di dalam rumah dengan luas tersebut, sudah tersedia kamar mandi, kamar tidur, dan ruangan multifungsi.

Rumah tipe ini sangatlah sempit, saking sempitnya ruang dapur bisa saja dipisahkan dari dalam area rumah agar bagian dalamnya tetap luas.

Hunian ini lebih cocok ditinggali sendiri.

  • Tipe 36

Dia adalah tipe bangunan paling populer di Indonesia, luas bangunannya 36 m2, di dalamnya bisa memuat 2 kamar tidur, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, dapur dan 1 kamar mandi.

Rata-rata harga rumah pun termasuk tidak mahal tidak juga murah, berada di antara angka Rp 300 juta sampai Rp 400 juta. Rumah tipe 36 cocok didiami keluarga kecil.

  • Tipe 45

Luas bangunan sekitar 6 x 7,5 meter atau 8 x 5,6 meter. Luasnya sedikit lebih besar daripada tipe 36.

Untuk luas rumah tipe 45, Anda bisa mendapatkan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang multifungsi, carport dan ruang terbuka hijau.Kesannya rumah ini sangatlah minimalis tapi nyaman dilihat maupun didiami.

  • Tipe 60

Cocok didiami keluarga kecil yang memiliki 2 orang anak. Untuk luas bangunan sendiri sebesar 60 m2, dan tata ruang di dalamnya terdiri dari 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, garasi mobil dan teras.

Biaya yang dibutuhkan untuk memiliki rumah seperti ini sekitar Rp 500 juta sampai Rp 700 juta.

  • Tipe 70

Dengan luas rumah di bawah 90 m2 serta dimensi bangunan 7 × 10 hingga 5 × 14 meter ini cocok menjadi hunian minimalis yang berkonsep modern.

Luasnya terbilang cukup lapang, tata ruang di dalamnya bisa memuat 3 sampai 4 kamar tidur dan sangat cocok dibuat menjadi rumah 2 lantai.

Hunian ini sepertinya menjadi impian rumah banyak orang (masyarakat kelas menengah).

  • Tipe 90

Ukuran rumah tipe 90 lebih luas dibanding tipe rumah di atas, penghuni rumah ini bisa mendapatkan 3 kamar tidur, 3 kamar mandi, ruang makan, dapur, ruang keluarga, kamar asisten rumah tangga dan ruang terbuka hijau yang ada di belakang rumah.

Dengan dimensi ruang 10 x 9 meter, 11,25 x 8 meter atau 15 x 6 meter, rumah ini bisa didapat dengan anggaran dana mulai dari 1 miliar.

  • Tipe 120

Luas bangunan mencapai 120 m2, dari luar kelihatan sangat mewah dan luas. Tata ruangnya tak jauh beda dengan tipe 90, ada 3-4 kamar tidur, dapur, kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga dan ruang terbuka hijau yang sangat luas.

Selain tipe 120, masih ada tipe rumah yang lebih luas dan lebih megah lagi. Sesuaikan semua keinginan Anda dengan modal yang Anda miliki.

Di samping tipe-tipe rumah di atas, rumah juga dibedakan lagi berdasar kategori. Mereka dibagi menjadi 3: kategori rumah sederhana, kategori rumah menengah, dan kategori rumah mewah.

Baca juga 10 Inspirasi Ide Desain Apartemen Minimalis dari Arsitektur Dunia

Kategori Rumah Sederhana 

Luas bangunan dari kategori rumah sederhana selalu di bawah 90 meter persegi. Contoh tipe rumah yang masuk dalam kategori ini adalah: tipe 21, tipe 36, tipe 45, tipe 60 dan tipe 70.

Kategori Rumah Menengah 

Rumah Anda termasuk kategori rumah menengah bila luas rumah Anda tidak di bawah 90 m2, tapi di antara 90 m2 hingga 30 m2. Hunian ini sudah sangat cocok didiami keluarga besar.

Contoh tipe rumah yang masuk dalam kategori rumah ini adalah: tipe 90, tipe 120 dan di atasnya.

Kategori Rumah Mewah 

jasa kontraktor borongan rumah mewah di jogja
jasa kontraktor borongan rumah mewah di jogja

Sementara kategori rumah mewah, luas tanahnya melebihi 300 m2. Hunian seperti tidak semua warga Indonesia miliki, hanya golongan tertentu saja (orang kaya).

Untuk jumlah kamar serta luas tiap-tiap kamar bisa dibuat sesuka hati, mengingat luas rumah Anda sangat-sangat cukup didiami banyak orang.

3. Memulai Mencari Jasa Kontraktor atau Tukang Bangunan

Karena tidak mungkin Anda membangun rumah sendiri, pastinya membutuhkan kontraktor. Jadi ketahui informasi penting inj seputar kontraktor.

Ada 2 jenis kontraktor yang perlu kalian ketahui, ini terkait metode pembayaran dan cara kerjanya.

Kontraktor Harian: ia dibayar setiap hari, setelah para tukang selesai bekerja dari jam 7 atau 8 pagi sampai jam 4 atau 5 sore, mereka berhak mendapat bayaran (biasanya harga jasa Rp 100.000 sampai 150.000 atau lebih).

Tak peduli apakah hasil kerjanya dalam sehari sedikit atau banyak, bayarannya tidak berubah.

Jasa Kontraktor Borongan: mereka hanya dibayar setelah menyelesaikan target. Misal menerima bayaran sekian per meter persegi, bukan harian.

Jika dalam sehari mereka belum menyelesaikan pembangunan sesuai target, berarti belum pantas digaji. Kelebihan dari kontraktor ini Anda terhindari tukang bangunan yang suka bermalas-malasan.

Kekurangannya, biasanya mereka bekerja secara terburu-buru, hasil pekerjaan pun kurang bagus.

4. Mengetahui Harga Material Bangunan 

Guna dari tips ini adalah untuk mengetahui anggaran yang keluar untuk membeli kebutuhan material itu berapa. Biasanya bagian ini sudah diatur oleh jasa kontraktor bersangkutan.

Tapi ada juga jasa kontraktor yang hanya menyediakan jasa tukang tanpa menyediakan material bangunan.

Untuk jaga-jaga saja.

Berikut adalah beberapa harga bangunan terbaru 2021 (rata-rata harga):

  • Semen: Rp 50.000
  • Pasir: Rp 350.000
  • Batu Kali: Rp 350.000
  • Keramik: Rp 110.000
  • Asbes: Rp 45.000
  • Batu Koral: Rp 370.000
  • Batu Bata: Rp 500
  • Batako: Rp 1.800
  • Beton: Rp 80.000
  • Baja Ringan: Rp 100.000
  • Tripleks: Rp 70.000
  • Kayu: Rp 120.000
  • Pipa: Rp 40.000

Di atas adalah harga per biji, per truk, per lonjor, dan jumlahnya masing-masing baru 1 buah. Untuk membangun rumah, kita tidak bisa hanya modal 1 buah material untuk masing-masing kebutuhan.

5. Bangun Rumah Mewah Tapi dengan Budget Minim

jasa bangun rumah mewah budget minim
jasa bangun rumah mewah budget minim

Dari awal sudah disarankan untuk membangun rumah sesuai dengan dana. Akan tetapi kalau yang terbatas hanyalah dana keuangan Anda, bukan ‘luas tanah’ atau Anda memiliki rencana membuat rumah 2 lantai, maka Anda bisa menggunakan rumah tumbuh atau rumah bertahap sebagai konsep pembangunan dengan budget minim.

Rumah tumbuh atau rumah bertahap adalah, rumah yang sudah direncanakan dari awal untuk nantinya dikembangkan lagi di kemudian hari.

Tips membangun rumah secara bertahap adalah:

  • Tentukan kebutuhan ruang dulu sebelum memulai pembangunan
  • Merancang struktur bangunan. Bila Anda membangun 2 lantai, buatlah sloof yang kuat (minimal ukuran 20 x 25 cm) dan siapkan pondasi (pondasi batu belah dan footplat)
  • Jika rumah yang Anda bangun hanya 1 lantai, buatlah struktur bangunan vertikal yang di ujungnya terdapat stek. Jika sewaktu-waktu ingin menambah bangunan, tinggal menyambung stek yang sudah disediakan

6. Memulai Mencari Jasa Arsitek untuk Desain Bangunan Eksterior 

Kebanyakan orang yang budgetnya minim, mereka melewati tahap ini, tidak memakai jasa arsitek dalam pembangunan.

Padahal keberadaan jasa arsitek sangatlah penting, mereka tak hanya bertugas menggambar saja, ada banyak tugas yang arsitek kerjakan. Keberadaan mereka juga sangat dibutuhkan kontraktor.

Berikut adalah beberapa tugasnya:

  • Bertanggung jawab dalam berbagai prosedur dan pelaporan yang berhubungan dengan izin bangunan dan izin penggunaan jalan
  • Menata letak bangunan sesuai fungsi dan kondisi lingkungan
  • Memberikan saran dan membantu Anda mengembangkan ringkasan dari daftar keinginan Anda dan keluarga
  • Mengurangi biaya, memberikan solusi yang inovatif dan imajinatif dan menghasilkan ide untuk menambah nilai pada properti Anda
  • Desain yang baik adalah investasi yang menguntungkan, rumah memiliki nilai jual yang lebih mahal jika memakai jasa arsitek
  • Membantu Anda memilih material yang tepat
  • Keberadaan arsitek bisa menjadi perwakilan Anda saat ingin bernegosiasi dengan kontraktor
  • Arsitek bisa menjadi fasilitator, dalam perencanaan, perancangan dan komunikasi
  • Jasa arsitek juga membantu Anda mengawasi proses pembangunan supaya hasil akhirnya sesuai dengan gambar dan bisa selesai tepat waktu

7. Menyusun Jadwal Pembangunan Rumah, Kapan Waktu yang Tepat Membangun Rumah? 

Penyusunan jadwal membangun rumah yang baik, akan membuat proses pengerjaannya lebih mudah. Berbicara soal kapan waktu yang tepat membangun rumah, ternyata ada pilihan waktu yang direkomendasikan oleh para ahli.

Yaitu pada akhir musim hujan. Kondisi cuaca tidak begitu panas dan sesekali masih turun hujan.

Tujuan pemilihan waktu ini adalah menghindarkan Anda dari hujan. Karena jika sudah turun hujan, material pada bangunan tak bisa luntur serta susah kering.

Pada akhir musim penghujan mungkin sesekali akan turun hujan juga (tidak setiap hari). Kendati demikian, itu tetap ada keuntungannya.

Saat mulai memplester, dinding rumah perlu dibasahi air, turunnya hujan bisa sangat membantu pekerjaan ini. Batu bata yang basah juga memperkuat ikatan antara adonan semen dan batu bata.

Jadi akhir musim hujan adalah waktu terbaik membangun rumah.

8. Ingin Bangun Rumah Sendiri atau Borongan 

tahapan bangun rumah sendiri
tahapan bangun rumah sendiri

Jika Anda bertujuan ingin membangun rumah sendiri, maka perkiraan hal-hal yang Anda butuhkan hanyalah 2 hal. Yaitu material dan beberapa tukang bangunan untuk meringankan pekerjaan Anda nanti.

Anda akan bertindak sebagai mandor, pengarah, serta arsitek untuk rumah yang Anda bangun tersebut.

Siapkan beberapa hal berikut ini sebelum membangun rumah:

  • Anda sudah memiliki rancangan gambar rencana bangunan
  • Sudah memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
  • Kontraktor atau tukang bangunan (1, 2, atau 3 juga cukup)

Selanjutnya, Anda bisa mengikuti tahap-tahap membangun rumah seperti yang dijabarkan di bawah ini:

  1. Pertama-tama  dimulai dengan mengukur, menentukan posisi bangunan dan batas-batasnya. Ini mencangkup penggalian untuk membuat pondasi nanti
  2. Dilanjutkan dengan memasang pondasi
  3. Lalu pengerjaan struktur rumah, ini mencakup: pengerjaan sloof,  pembuatan kolom dan ringbalk
  4. Lanjut ke pembuatan dinding, menumpuk batu bata lalu memplesternya dan terakhir mengaci plesteran dinding
  5. Memasang kusen pada sisi dinding tertentu untuk jalur keluar masuk penghuni rumah nanti, seperti pintu dan jendela
  6. Pemasangan rangka atap, kemudian baru memasang genteng serta aksesoris lainnya
  7. Melakukan pekerja plumbing, mekanikal dan elektrikal. Seperti: pemasangan toilet, wastafel, kran, pemasangan kabel listrik, kotak sekring, saklar, lampu penerang dan sejenisnya
  8. Memasang keramik rumah, memplitur kusen pintu, pemasangan handle kunci, hingga mengecat tembok rumah

Sampai tahap ini Anda sudah berhasil membuat sebuah bangunan rumah secara mandiri. Prosesnya jauh lebih sulit daripada penjelasan di atas. Bisa jadi di tengah pembangunan Anda mengalami kesalahan.

Ingat, membangun rumah sendiri menghabiskan banyak dana. Lebih baik diserahkan langsung pada yang sudah ahli ( jasa bangun rumah borongan )

9. Mempertimbangkan Fasilitas Apa Saja yang Seharusnya Rumah Anda Miliki 

Memikirkannya dari awal bisa memberikan Anda kemudahan untuk mengaturnya nanti, walaupun sekarang belum ada biaya, setidaknya sudah memiliki rencana dari awal pembangunan.

Hingga nanti letak-letak bangunan bisa disesuaikan dengan rencana tersebut.

Fasilitas yang Saya maksud ini bisa seperti kolam renang, ruang terbuka untuk bermain, teras, taman, musholla atau fasilitas tempat ibadah pribadi yang ukurannya lebih kecil dan sebagainya.

Lalu fasilitas masing-masing ruangan, seperti kipas angin, AC, lemari, closet, bathup, ranjang, meja, fasilitas air, fasilitas yang ada di dapur dan sebagainya.

10. Memetakkan Outlet Listrik dan Perpipaan di Rumah Anda 

Anda harus memastikan mengenai kelistrikan, dimana saja letak lubang stop kontak di dinding rumah, serta perpipaan dimana seharusnya Anda membutuhkannya. Anda pasti ingin memiliki outlet untuk komputer, televisi, laptop, tablet untuk mengisi daya di lokasi yang tepat.

Dengan memikirkan bagian ini, Anda bisa mewujudkan impian rumah yang tak hanya indah dari bentuknya dan nyaman karena desain interiornya, tapi juga mudah dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

11. Pilihan Jasa Bangun Rumah yang Tepat 

Ada banyak jasa bangun rumah bertebaran di Indonesia. Apabila kalian bingung harus memilih siapa, coba Anda ikuti beberapa tips ini.

  • Carilah yang berpengalaman atau yang sudah memiliki ‘bukti pekerjaan’ atau hasil kerja
  • Cari jasa bangun rumah yang harganya transparan
  • Akan lebih mudah jika mencari jasa bangun rumah yang satu paket dengan jasa kontraktor, jasa arsitek, dan material
  • Memilih jasa bangunan yang melayani pembuatan RAB (Rencana Anggaran Bangunan)
  • Cari yang memiliki garansi dan perawatan
  • Dan lebih mudah jika menggunakan jasa bangun rumah yang direkomendasikan

Bagi Anda yang ingin membangun rumah dari nol, renovasi, desain interior, ingin membangun kolam renang dan ada hubungannya dengan kontraktor lainnya, Anda bisa memakai layanan tersebut dari BikinRumah.co.id

Untuk satu layanan bangun rumah, Anda bisa mendapatkan jasa design build yogyakarta, arsitek, material, kontraktor elektrikal, kontraktor mekanikal dari kami.

Anda juga akan mendapatkan jasa arsitek gratis jika memakai kontraktor sipil kami serta gratis desain interior. Anda bisa memulainya dengan konsultasi dulu.

Hubungi kami di WhatsApp, tenang saja bila hanya konsultasi tidak dipungut biaya. Jika Anda ingin melihat hasil kerja, portofolio dan sejenisnya, bisa melihat di situs resmi BikinRumah.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat