Baja Ringan Semarang dengan Produk Terbaik di Kelasnya

Berbicara mengenai bangunan yang sedang dalam tahapan pembangunan. Sudah pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya bahan bangunan juga. Sama seperti penjualan baja ringan semarang satu ini. Barang ini merupakan salah satu elemen yang paling penting untuk konstruksi.

Pengertian Baja Ringan

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, bahwa Baja Ringan ini merupakan salah satu elemen paling penting dalam sebuah konstruksi bangunan. Apalagi di zaman modern seperti ini, banyak sekali bangunan yang menggunakan elemen kuat satu ini. Itu karena fungsinya sangat tahan lama.

Pada umumnya, Baja Ringan ini merupakan salah satu material bahan bangunan yang seringkali pekerja gunakan untuk konstruksi. Terlebih lagi mereka akan menggunakannya untuk bagian atap suatu bangunan. Misalnya saja pembangunan rumah, pabrik, parkiran, gudang, dan lain – lain.

Biasanya Baja Ringan ini merupakan bahan dasar dari campuran antara aluminium dengan seng. Sekarang ini penggunaannya mengalami banyak kemajuan, apalagi dalam segi mutu terbaik. Sudah banyak sekali yang menggunakan baja ini dengan menyesuaikan Standar Nasional Indonesia.

Jenis – Jenis Baja Ringan

Seperti yang sudah Anda ketahui pada pembahasan sebelumnya, bahwa penggunaan Baja Ringan saat ini semakin marak orang gunakan. Apalagi melihat betapa kuat kualitasnya, serta pemasangan yang sesuai dengan SNI. Pada umumnya, baja ini masih terbagi menjadi beberapa jenis terbaiknya.

apa saja jenis dari baja ringan
apa saja jenis dari baja ringan
  1. Jenis Baja Ringan Trus atau Kaso

Meskipun namanya Baja Ringan, akan tetapi sifatnya masih tetaplah baja yang kaku dan juga kuat menopang beban yang cukup berat. Salah satu jenis baja yang paling sering digunakan, yaitu Baja Ringan Kaso atau Trus. Biasanya menjadi bahan dasar untuk membuat tiang utama pada bangunan.

Pada umumnya, Baja Ringan Trus atau Kaso ini mempunyai 2 profil mulai dari C dan juga W. Tebalnya bisa mencapai 0,8 hingga 1 mm, bedanya dari kedua jenis profil tersebut adalah pada ukurannya. Di mana untuk W jauh lebih besar dari C, jenisnya pun cocok untuk semua jenis kebutuhan.

  1. Baja Ringan Profil B atau Reng

Jenis Baja Ringan kedua, yaitu profil B atau biasanya banyak orang sebut sebagai reng. Elemen satu ini merupakan alternatif yang terbuat dari bahan dasar bambu yang seringkali digunakan untuk menahan genteng. Tentu saja reng sekarang ini sangat berbeda dengan yang dulu karena bahannya.

Di zaman dulu reng menggunakan bambu dan proses mengolah dan memasangnya cukup lama. Sedangkan zaman sekarang, reng ini terbuat dari bahan dasar baja. Jadi, proses pemasangannya jauh lebih cepat. Apalagi kekuatannya juga terjamin, bahkan bahannya sendiri juga tahan lama.

  1. Jenis Baja Ringan Taso

Jenis selanjutnya, yaitu Baja Ringan Taso. Bentuk dari Taso ini persis seperti huruf A, sedangkan bagian luarnya seperti balok dengan ukuran kecil. penggunaan baja satu ini adalah untuk dapat memperkuat konstruksi rangka bagian atap suatu bangunan sebelum memasang elemen genteng.

Baja Ringan Taso ini akan mengikat baja jenis profil B sebelumnya, lalu memperkuat serta mengikat kuda – kuda tepat pada bagian rangka untuk menjadikan atap kokoh dan desainnya menjadi lebih modern. Taso ini juga bisa menguatkan kondisi gording supaya dapat meletakkan permukaan atap.

Baca juga Perusahaan di Jogja di Bidang Kontraktor Interior

  1. Jenis Baja Ringan Z

Jenis Baja Ringan Terakhir adalah Z. Tentu saja ada alasan mengapa bajanya sendiri diberikan nama seperti huruf. Itu karena bagian pinggiran lapisannya sangat mirip seperti huruf Z pada umumnya. Cara memasangnya cukup mudah, sangat berguna untuk profil utama penyambungan.

Terlebih lagi pada penggunaan struktur kuda – kuda di bagian atap. Baja Ringan jenis huruf Z ini mempunyai titik berat yang berada di bagian tengah. Jadi, akan sangat mudah untuk dapat menyeimbangkan bagian kiri serta kanannya. Untuk masalah kekuatan, tentu saja jadi nomor satu.

Kegunaan Baja Ringan

Pada umumnya, kegunaan Baja Ringan dalam proses pembangunan itu biasanya menjadi bahan dasar untuk membuat rangka atap pada suatu bangunan. Baik itu rumah, gedung dan masih banyak lagi lainnya. Namun, selain itu masih ada kegunaan lain yang jauh lebih bermanfaat untuk bangunan.

  1. Sebagai Rangka Plafon Baja Ringan

Selain banyak orang gunakan sebagai rangka atap / genteng rumah, penggunaan Baja Ringan ini juga  biasanya banyak digunakan untuk rangka plafon. Mengingat sifatnya sangat fleksibel, jadi Anda mudah untuk membentuknya, menyusun atau bahkan memasangnya untuk pembangunan apa pun.

Tidak hanya itu saja, penggunaan Baja Ringan yang bisa Anda gunakan untuk pembangunan apa pun ini. Itu karena biasanya, baja ini penggunaannya bisa dipasangkan dengan beberapa macam jenis rangka plafon. Misalnya saja seperti GRC, triplex, gipsum dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Sebagai Bahan Dasar Dalam Pembuatan Kanopi

Penggunaan kanopi sudah menjadi hal yang harus ada pada setiap rumah modern. Apalagi bagi mereka yang memiliki kendaraan roda empat yang tidak memiliki garasi khusus di dalam rumah. Jadi, sebagian besar masyarakat menjadikan teras depan untuk memasukkan mobilnya supaya aman.

Dalam  proses pembuatan kanopi ini, sebagian besar pihak pekerja bangunan selalu menggunakan bahan dasar Baja Ringan. Selain memasangnya cukup cepat, karena dapat menentukan desain atau bentuk. Pemasangannya juga tidak begitu sulit, hasilnya pun sangat modern dan cukup elegan.

  1. Sebagai Pembuatan Pagar Rumah yang Kuat

Tidak hanya itu saja, bahan dasar Baja Ringan ini juga seringkali menjadi bahan untuk proses pembuatan pagar rumah yang kuat. Di era yang modern seperti sekarang ini, sangat jarang sekali hunian yang menggunakan pagar biasa. Seperti misalnya saja kayu, besi dan masih banyak lagi.

Ada namun tidak sebegitu banyak, karena biasanya masyarakat selalu melihat ketahanan dari bahan dasar pembuatan pagarnya. Anda pasti sering melihat pagar yang mudah rapuh atau berkarat bukan? Nah, untuk Baja Ringan ini beda. Itu karena sifatnya tidak mudah lapuk, jadi sangat cocok.

  1. Sebagai Pengganti Material / Bahan Dasar Pembangunan Rumah

Mengingat di era yang modern seperti sekarang ini, banyak sekali hunian yang sangat asri dan juga terlihat sangat kokoh. Itu karena material yang mereka gunakan juga berkualitas. Perlu Anda ketahui, bahwa sekarang ini penggunaan kayu sangat jarang. Alasannya simpel, karena tidak tahan lama.

Dalam artian, bangunan yang menggunakan material kayu tidak bisa / cocok untuk jangka panjang. Sudah pasti mudah lapuk dalam jangka beberapa tahun ke depan. Oleh karena itu, sekarang ini Baja Ringan menggantikan posisi kayu sebagai material utama bangunan. Sifatnya pun juga cukup kuat.

  1. Sebagai Pembuatan Aksesoris Rumah Lain

Kemudian, penggunaan Baja Ringan juga tidak hanya untuk bagian rangka atap saja. Melainkan juga bisa Anda gunakan sebagai pembuatan aksesoris hunian lainnya. Saat ini sudah banyak sekali para pengrajin yang memakai baja ini sebagai bahan dasar pembuatannya. Mengingat sifatnya yang kuat.

Aksesoris ini biasanya menjadi pelengkap / hiasan di dalam rumah. Misalnya saja seperti kursi yang terbuat dari baja ringan, meja, lemari, rak sepatu, tangga, rak untuk menyimpan buku, dan masih banyak lagi lainnya.

Dari beberapa penjelasan secara detail mengenai informasi lengkap baja ringan semarang di atas. Kini Anda telah mengetahui, bahwa penggunaan baja tersebut tidak hanya untuk rangka atap saja. Melainkan masih banyak penggunaannya yang lain. Bahkan menjadi bahan dasar aksesoris rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat