Berapa Biaya Renovasi Rumah Per Meter Inilah Rinciannya!

Menentukan Rencana Anggaran Biaya (RAB) saat memperbaiki rumah perlu dilakukan agar mendapatkan gambaran yang jelas mengenai banyak budget yang diperlukan. Ada beragam sistem dari penentuan RAB. Salah satunya yaitu menghitungnya dari biaya renovasi rumah per meter sesuai standar yang ada di pasaran. Setiap jenis bangunan memiliki standar yang berbeda pula.

Pembuatan rencana anggaran memudahkan pemilik untuk merinci item dan jasa yang digunakan. RAB juga meminimalisir pembengkakan dana selama proses renovasi. Jika nantinya ingin menjual rumah kembali, RAB tentang biaya renovasi rumah per meter bisa dijadikan patokan agar harga jual tidak berbeda jauh dan mengakibatkan kerugian. Agar lebih memahami, simak budget renovasi hunian untuk tiap meternya berikut:

Standar Biaya Renovasi Per Meter

biaya renovasi rumah per meter

Setiap hunian memiliki standar biaya renovasi rumah per meter yang tidak sama. Besar RAB untuk memperbaiki rumah yang mewah pasti berbeda dengan bangunan biasa. Karena itulah, pahami standar biaya berdasarkan jenis rumah berikut agar dapat menentukan rencana anggaran yang tepat guna.

Baca juga Pahami Rancangan Anggaran Biaya Renovasi Rumah

1. Rumah Biasa

Untuk hunian tipe biasa, biaya renovasi per meternya berada dalam kisaran Rp2,8 juta dan tidak melebihi Rp3,4 juta. Seperti halnya rumah bertipe 36. Pada umumnya, material yang digunakan juga dari grade bawah. Apabila ingin menggunakan bahan yang bagus, standar tersebut bisa dinaikkan sesuai dengan jenis produk.

Keramik yang digunakan bukanlah dari barang bermerek dan diproduksi oleh Cina. Lalu bagian plafonnya terbuat dari multiplek. Sedangkan rangka atapnya berasal dari kayu dan masih menggunakan jenis penutup dari genteng tradisional. Pengerjaan plesteran masih menerapkan semen konvensional dengan dinding dari batu bata.

2. Rumah Standar

Naik satu level dari sebelumnya, jenis rumah ini juga memiliki biaya yang lebih besar untuk renovasi per meternya. Bagi pemilik hunian standar, biayanya mulai dari Rp3,6 juta hingga Rp4.000.000/meter. Misal ingin merenovasi rumah seluas 10m², maka harus menyiapkan setidaknya Rp40.000.000.

Rangka atapnya dipilihkan dari bahan baja ringan, meskipun tidak menggunakan merek ternama. Lalu proses plesteran memakai campuran antara semen instan dan konvensional. Plafon dari rumah standar diambilkan dari bahan gypsum atau multiplek. Sedangkan lantainya sudah menggunakan homogenous tile.

Baca juga Perkiraan Biaya Renovasi Rumah Menjadi 2 Lantai Berdasarkan Tipe Rumah

3. Rumah Mewah

Pada kelas atas, standar biaya untuk merenovasi rumah setiap meternya semakin besar. Bahkan melebihi angka Rp4.500.000. Jadi jika luasnya 20m², biaya bisa mencapai Rp50.000.000. Belum lagi renovasi terhadap rumah mewah dua lantai. Material yang digunakan sudah pasti bermerek. Seperti rangka atap yang berasal dari baja ringan dengan genteng flat.

Lantainya sendiri terbuat dari granit. Lalu bahan gypsum dipilih untuk dipasang pada bagian plafon. Bata ringan digunakan dalam pemasangan dinding. Terakhir, plesteran dari rumah mewah memakai semen instan.

Hal yang Mempengaruhi Biaya Renovasi Per Meter

Pemilik hunian bisa membuat estimasi budget renovasinya dengan mengalikan antara biaya standar dengan luas rumah. Tapi total yang diperoleh bukanlah nilai yang akurat. Karena masih ada hal-hal lain yang memberikan pengaruh terhadap besar biaya tersebut.

  • Harga material. Jika material yang digunakan berkualitas, tentu estimasi biaya per meter tersebut akan meningkat. Begitu pula saat harga-harga bahan bangunan sedang naik.
  • Jumlah tingkat. Bukan hanya jenis rumah, jumlah tingkat juga mempengaruhi estimasi biaya. Jika satu lantai memerlukan Rp72.000.000, untuk dua lantai rumah harus dikalikan dengan 2, menjadi Rp144.000.000.

Saat membuat RAB yang didapatkan dari jasa kontraktor handal, sebaiknya melihat biaya standar dan harga yang sedang ada di pasaran. Apabila sudah memiliki estimasi dari perhitungan yang tepat, siapkan dana sebesar 10-15% dari total biaya sebagai persiapan pengeluaran tidak terduga.

itulah pembahasan mengenai biaya renovasi rumah per meter, kami berkomitmen untuk menjadi mitra terbaik bagi Anda, termasuk menawarkan Anda harga terbaik dan paling masuk akal. Bapak/Ibu dapat mendiskusikan  dengan tim kami sebelumnya.

****

renovasi per meter

Temukan Pilihan Rekomedasi Jasa Renovasi Rumah terbaik dan terlengkap di BikinRumah.co.id. Dapatkan Pula jasa desain rumah dengan berbagai macam model bangunan yang bisa kamu pilih.

Yang menarik untuk Kamu bisa memperolah penawaran harga menarik jasa bangun rumah untuk 1 lantai dan bangun rumah mewah 2 lantai dari Aryana Cipta Properti – Jasa Kontraktor Design Arsitek

Hanya di BikinRumah.co.id yang memberikan kemudahan dalam memilih jasa kontraktor handal berpengalaman menjadi tugas utama memagang teguh amanah dan kejelasan dalam pekerjaan disertai jaminan garansi .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 - BikinRumah.co.id