Estimasi Biaya Bangun Rumah Minimalis Type 36 paling Murah

Sekarang ini banyak yang menyukai rumah tipe minimalis. Karena, lebih mudah ditata serta lebih kekinian. Terdapat beberapa tipe rumah minimalis, salah satunya adalah tipe 36.

Untuk membangun rumah dengan tipe itu tentunya biayanya berbeda dengan membangun rumah tipe lainnya. Berikut akan dipaparkan biaya bangun rumah minimalis type 36 yang benar:

Hitung Estimasi Biaya Bangun Rumah minimalis tipe 36

biaya bangun rumah minimalis type 36

Biaya Material

Untuk perhitungan yang pertama yaitu mengenai bahan material yang dibutuhkan. Tentunya, jika menggunakan type minimalis seperti 36 biaya akan lebih sedikit.

Namun, semuanya juga harus diperhitungkan agar sesuai dengan budget yang dipunyai. Berikut contoh beberapa biaya bahan material pokok yang paling dibutuhkan:

  • Batu bata merupakan bahan utama pembuatan rumah, untuk tipe ini paling tidak dibutuhkan sekitar 14.000 batu bata. Satu batu bata harganya 500 rupiah, jika dikalikan maka hasilnya 7 juta rupiah.
  • Semen juga menjadi bahan utama untuk menempelkan bahan lainnya, dalam tipe 36 membutuhkan sekitar 90 sak. Lalu satu sak harganya 50 ribu rupiah, kalikan saja dan hasilnya sekitar 4.500.000 rupiah.
  • Pasir adalah bahan material yang harus ada, untuk tipe 36 biasanya membutuhkan sekitar 19 meter kubik pasir. Kemudian harga per kubik adalah 150.000, apabila dikalikan maka hasilnya adalah 2.850.000 rupiah.
  • Kerikil juga bisa dibutuhkan, dalam tipe 36 hanya membutuhkan sekitar 1 kubik saja. Dalam satu kubik tersebut harganya hanya 300 ribu rupiah.
  • Besi beton sangat dibutuhkan, biasanya membutuhkan 50 batang besi beton ukuran 5 mm. satu beton harganya 5.000 rupiah. Jadi, membutuhkan biaya 250 ribu rupiah.
  • Paku merupakan bahan material kecil yang dibutuhkan, belilah berbagai macam paku. Estimasi biayanya mencapai 400 ribu rupiah untuk semua jenis paku.
  • Seng juga merupakan bahan utama, umumnya seng yang digunakan ukuran 7 kaki dengan harga per lembar 60.000 rupiah. Untuk tipe ini seng yang dibutuhkan sekitar 40 lembar, jika dikalikan maka biayanya 2.400.000 rupiah.

Biaya Instalasi

Mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu memikirkan biaya bangun rumah minimalis type 36 dalam hal instalasi. Padahal ini juga penting karena jika tidak diperhitungkan, pembangunan pun akan mengalami kendala.

Instalasi yang dimaksud yaitu untuk pemasangan air serta listrik, berikut estimasi untuk rinciannya:

  • Untuk pemasangan instalasi air rumah tipe 36, sebaiknya pemilik menyiapkan biaya sekitar 500 ribu rupiah.
  • Instalasi listrik juga sangat dibutuhkan, pada tipe 36 ini biasanya membutuhkan biaya sekitar 500 ribu rupiah yang meliputi semua perlengkapan yang dibutuhkan.
  • Biaya listrik diatas, belum termasuk untuk pemasangan meteran. Untuk pemasangan meteran siapkan dana sekitar 1 juta rupiah saja.
  • Untuk ongkos yang memasang, biasanya dihitung per titik yang mana setiap titik biasanya mencapai 35 ribu rupiah.
  • Dana darurat instalasi juga sepertinya diperlukan, siapkan dana darurat sekitar 500 ribu rupiah saja.

Biaya Pekerja

Pada perhitungan yang terakhir ini yaitu untuk ongkos pekerja yang membangun rumah. Apabila mengambil pekerja harian, maka biasanya per hari ongkosnya 100 ribu rupiah bagi yang sudah professional.

Untuk yang membantu atau kenek biasanya ongkosnya 60 ribu per hari. Jadi, bisa dihitung sendiri berdasarkan jumlah pekerja serta berapa hari bekerja.

Sedangkan, jika mengambil sistem borongan akan lebih hemat lagi. Karena dihitung per meter persegi, yang mana per meter biayanya 500 ribu rupiah.

Apabila untuk membangun tipe 36 maka kalikan saja maka hasilnya adalah 18 juta rupiah. Namun, pekerjaannya lebih tepat waktu serta sesuai dengan anggaran.

Jadi itulah biaya bangun rumah yang biasanya terjadi di lapangan. Namun, perhitungan di atas hanya estimasi atau perkiraan saja. Untuk kebutuhan lainnya, bisa dihitung sendiri berdasarkan jumlah kebutuhan tiap bangunan.

Kami berkomitmen untuk menjadi mitra terbaik bagi Anda, termasuk menawarkan Anda harga terbaik dan paling masuk akal. Bapak/Ibu dapat mendiskusikan  dengan tim kami sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 - BikinRumah.co.id