Perkiraan Biaya Renovasi Kamar Mandi Tahun 2022

Di dalam bangunan rumah ruangan ini menjadi salah satu bagian terpenting. Sebab hampir setiap harinya digunakan untuk mengerjakan berbagai kegiatan mulai dari membuang air hingga mencuci. Ada yang tau Berapa biaya renovasi kamar mandi tahun 2022?.

Ada yang Tau Berapa Perkiraan Biaya Renovasi Kamar Mandi

biaya renovasi kamar mandi

Sebelum memulai memperbaikinya Anda perlu menghitung terlebih dahulu biaya renovasi kamar mandi. Dengan begitu proses pembuatan ruangan tersebut tidak dilakukan secara asal-asalan. Umumnya untuk bangunan ukuran 2x 2 membutuhkan budget sekitar 3,6 juta.

  1. Biaya Tukang

Tahap pertama yang perlu dihitung sebelum membuat ruangan ini yaitu biaya tukang dalam seminggu. Idealnya kegiatan renovasi ini harus dikerjakan minimal 2 orang agar cepat selesai dengan begitu tidak akan menguras isi dompet. Berikut gambaran estimasi perhitungannya.

  • Biaya tukang per harinya = Rp100.000
  • Waktu penyelesaian = 7 hari
  • Maka estimasi untuk biaya tukang adalah 2 x Rp100.000 x 7 hari = Rp1.400.000.
  1. Biaya Membeli Kloset Duduk

Umumnya untuk harga closet duduk di pasaran bervariasi. Hal itu berdasarkan kualitas dan bahan dasar pembuatannya. Namun rata-rata harga satuannya yang beredar di pasaran sebesar Rp850.000. Tentunya dengan jumlah tersebut sudah mendapatkan barang yang baik.

Akan tetapi jika ingin meminimalisir pengeluaran dapat memilih kloset jongkok. Hal itu dikarenakan biayanya lebih murah 3 kali lipat daripada jenis duduk. Dengan begitu untuk merenovasi kamar mandi sederhana dapat terlaksana tanpa khawatir menguras budget.

Baca juga Tips Menghemat Biaya Renovasi Dapur Dan Kamar Mandi Beserta Rinciannya!.

  1. Biaya Membeli Keramik Lantai

Biasanya untuk kamar mandi berukuran sedang membutuhkan keramik lantai sebanyak 5 dus. Sekarang harga rata-rata di pasaran sekitar Rp70.000. Dengan begitu estimasi biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp350.000. Agar lebih jelas berikut gambaran perhitungannya.

  • Harga 1 dus keramik lantai = Rp70.000.
  • jumlah keramik yang untuk merenovasi kamar mandi = 5 dus.

Maka estimasi untuk biaya membeli keramik lantai adalah 5 dus x Rp70.000 = Rp 350 ribu.

  1. Biaya Membeli Keramik Dinding

Dalam pemilihan keramik dinding sebaiknya sesuaikan dengan konsep bangunan rumah. Dengan begitu bisa membuat ruangan ini menjadi terkesan mewah. Di mana harga rata-rata 1 dusnya sebesar Rp60.000. Adapun perkiraan perhitungan seperti berikut ini.

  • Untuk kamar mandi sedang= 8 dus.
  • Harga 1 dus = Rp60.000.

Maka estimasi biaya saya untuk membeli keramik dinding sebesar 8 dus x Rp60.000= Rp 480.000.

Baca juga Begini Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah yang Tepat

  1. Biaya Membeli Shower

Meskipun hanya ingin merenovasi kamar mandi sederhana. Ada baiknya untuk tetap memilih shower. Hal itu karena bisa menghemat biaya pengeluaran sebab tidak perlu lagi membuat bak atau kolam sebagai penampung air. untuk harganya sendiri mulai dari puluhan ribu hingga jutaan.

Tentunya semakin bagus kualitasnya akan mahal. Karena akan merenovasi kamar mandi sederhana maka estimasi untuk pembelian shower sekitar 500 ribu. Dengan harga segitu sudah mendapatkan barang yang baik dan pastinya awet.

  1. Biaya Pembelian Gantungan Handuk dan Pakaian

Sebuah kamar mandi kurang lengkap rasanya jika tidak ada gantungan pakaian atau handuk. Untuk harganya biasanya berdasarkan bahan dan kualitasnya. Dalam hal ini bisa memilih sesuai dengan selera mau murah atau mahal.

Sebagai saran saja cobalah untuk membeli gantungan handuk dan pakaian yang terbuat dari bahan elastis. Dengan begitu akan lebih awet dan dapat terhindar dari karat. Sekarang untuk mendapatkan benda tersebut cukuplah mudah bisa melalui berbagai marketplace.

Total Estimasi Biaya Renovasi Kamar Mandi Sederhana

Setelah mengetahui perkiraan besar harga barang-barangnya. Sekarang saatnya untuk mentotal jumlah keseluruhan biaya untuk renovasi kamar mandi sederhana. Langsung saja simak estimasi perhitungan nya di bawah ini.

  • Biaya tukang dalam satu minggu = 2 x Rp 100.000x 7 hari= Rp 1.400.000.
  • Biaya kloset duduk= Rp 850.000
  • Tarif keramik lantai= Rp 350.000
  • Biaya keramik dinding= Rp 480.000
  • Budget shower= Rp 500.000
  • Biaya gantungan handuk dan pakaian= Rp 20.000

Jadi total keseluruhan= Rp 3.600.000.

Itulah kisaran gambaran biaya renovasi kamar mandi tahun 2022. Daripada pusing menghitung lebih baik serahkan pada ahlinya. Namun tetap saja harus memastikan bahwa tenaga kerja sudah profesional dalam bidangnya dan berasal dari lulusan terbaik, contohnya seperti jasa renovasi rumah terbaik dari BikinRumah.co.id yang bisa membantu anda untuk merenovasi kamar mandi tentunya dengan harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 - BikinRumah.co.id