Cara Menghitung Borong Bangun Rumah Sesuai Standar Tahun 2022

Membuat hunian baru memang memerlukan dana yang banyak. Jika sebelumnya lupa menyusun rencana anggaran biaya, bisa saja selama proses pembangunan terjadi over budgeting. Jika tidak ingin ribet, dapat menyewa jasa pemborong. Tapi tentunya harus paham cara menghitung borong bangun rumah. Jangan sampai salah hitung dan malah menghambat hunian cepat jadi.

Memilih tukang secara borongan untuk membangun rumah memang terkesan praktis. Karena hanya perlu menyiapkan sejumlah biaya, lalu segala kebutuhan dan rincian dapat didiskusikan dengan jasa pemborong. Tapi juga harus siap dengan ketentuan harga yang disesuaikan standar. Selanjutnya bisa membuat perhitungan kasar sendiri sebagai gambaran besar budget yang dibutuhkan.

Cara Menghitung Biaya Upah Borongan

cara menghitung borong bangun rumah

Setiap jasa pemborong memberikan harga yang tidak sama, sesuai kebijakan masing-masing. Karena ada sistem borongan yang dihitung berdasarkan luas area yang akan dibangun rumah. Ada juga yang upahnya didasarkan tiap meter persegi. Jadi sebelum memilih jasa pemborong, pastikan meminta informasi secara mendetail dan mendiskusikannya sampai menerima kesepakatan.

Selain itu, ada juga sistem borongan yang menawarkan dua macam jenis. Pertama adalah borongan tanpa material. Jadi orang yang menyewa jasa tersebut bisa lebih menghemat karena membelanjakan sendiri keperluan bangun rumah. Sedangkan jika memilih borongan plus, penyewa akan menerima hasil bersih tanpa memikirkan pembelian material lagi.

Melihat jenis-jenis sistem borongan tersebut, tentu budget-nya berbeda. Tapi secara standar, di tahun 2022 ini rata-rata upah borongan adalah:

  • lux: Rp12.000.000-Rp15.000.000/m².
  • mewah: Rp7.000.000-Rp12.000.000/m².
  • standar: Rp4.000.000-Rp6.000.000/m².

Ketika sudah tahu upah standarnya, selanjutnya dapat melakukan cara menghitung borong bangun rumah. Sehingga nantinya mendapatkan estimasi biaya yang diperlukan. Rumusnya adalah mengalikan antara harga borongan dengan luas area rumah yang hendak dibangun.

Misalkan memiliki rencana membangun rumah standar seluas 36 m² di daerah Kota Surabaya. Lalu seluruh proses pembangunan diserahkan pada jasa pemborong, yang mana standar harga di kota tersebut adalah Rp5.000.000/m². Maka total biaya yang diperlukan untuk membuat rumah baru adalah Rp5.000.000 x 36 m² = Rp180.000.000.

Nilai tersebut merupakan perhitungan kasar dan belum tentu akurat. Tapi setidaknya bisa menyiapkan budget sesuai estimasi agar proses pembangunan lancar. Lebih baik lagi apabila melebihkan 10-15% dari total biaya sebagai persiapan. Karena harga bisa saja berubah, tergantung standar wilayah, tingkat kesukaran desain, maupun kualitas material.

Baca juga Tips Bangun Rumah 100 Juta yang Bisa Diaplikasikan

Kelebihan Menggunakan Sistem Borongan

Memang banyak yang menggunakan sistem borongan saat membangun rumah daripada membayar tukang harian. Alasannya karena calon pemilik hunian mendapatkan beberapa manfaat sekaligus. Kelebihan memilih sistem ini adalah:

  • Memudahkan penyewa. Jasa pemborong akan mengurus semua keperluan untuk membangun rumah, mulai dari material hingga upah tukang. Jadi penyedia jasa ini dimudahkan dan tidak perlu memikirkan hal lain.
  • Anggaran terarah. Jika memilih pemborong, nantinya memperoleh rincian keseluruhan biaya hingga selesai pembangunan. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya over budgeting.
  • Pembangunan lebih cepat selesai. Umumnya antara penyewa dan pemborong akan membuat perjanjian mengenai tenggat waktu. Jadi, rumah akan dibangun sesuai waktu tersebut sampai dapat dihuni.
  • Bisa melakukan kontrol. Meskipun semua urusan diserahkan pada pemborong, sebenarnya penyewa masih bisa melakukan pengawasan. Jadi semua proses pembangunan atau pembelian material dapat dikontrol.
  • Lebih konsisten dengan keputusan. Kelebihan terakhir jika memakai sistem borongan yaitu memantapkan pada desain awal. Seluruh pengerjaan dilakukan sesuai kesepakatan. Sehingga bisa menahan diri dari inkonsisten, terutama dalam pemilihan material.

Itulah cara menghitung borong bangun rumah yang sesuai dengan harga standar di tahun 2022. Untuk mendapatkan estimasi biaya yang mendekati akurat, sebaiknya menentukan terlebih dahulu jenis borongan yang akan dipilih. Selain itu, lihat pula lokasi dan buat kesepakatan harga dengan jasa pemborong.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 - BikinRumah.co.id