4+Hal Instalasi Listrik Rumah, Cara yang Aman!

Bila Anda akan membuat rumah, pastinya butuh memasang instalasi listrik rumah. Karena listrik dipakai semua perlengkapan rumah tangga, dari alat memasak, sistem pengaturan air, sampai penyejuk ruangan. Bila dipasang dengan cara asal- asalan dapat memunculkan kebakaran diakibatkan konsleting.

sebelum memasang, siapkan mental dan tools dengan bagus, utamakan memakai perlengkapan original buat menjauhi terjadinya hal hal yang bisa merugikan sendiri.

Pemilihan tempat pasang saklar yang penting, terlebih buat pencahayaan, umumnya ditaruh di dekat pintu supaya gampang dijangkau.

Maanfaatkan susunan paralel, yakinkan seluruh kabel terpasang dengan bagus, alhasil tidak terdapat sisa yang tersisa serta menyebabkan bisa tersetrum,malah bikin kecewa kan…. Yuk Kita Simak Tips Cara mudah instalasi listrik versi rumahan dari BikinRumah.co.id

4+ Tips Cara Instalasi Listrik Yang Aman Bisa dilakukan Sendiri

skema instalasi listrik rumah

1. Cara Pemasangan Saklar Tunggal

memasang saklar tunggal juga, wajib jaga keamanannya semacam saklar tipe dobel. Saklar ini buat On atau Off perlengkapan listrik, wajib direkatkan dengan sambungan yang aktif.

Yakinkan tidak terdapat kabel yang kebalik kala pemasangan, sebab dapat menyebabkan saklar tidak berfungsi dengan baik.

Supaya kelupaan kala memasang saklar, posisikan saklar di tempat yang kira- kira besar supaya tidak terdapat kabel yang silih bersilangan atua berikan tanda salah satu kabelnya

Ada 2 bagian dalam saklar kala Anda akan melaksanakan pemasangan, ialah jalur aktif serta grounding

Supaya tak salah dalam memasang instalasi listrik, selanjutnya ialah cerminan yang dapat Anda cermati.

Memasang kabel serta fitur lain, yakinkan kalau kabel tidak bersilangan dampingi satu dengan yang lain, alhasil bila terdapat problem dapat lekas di perbaiki tanpa butuh mengusik saluran kabel yang lain.

Pada sirkuit instalasi listrik, umumnya sudah tertera dimensi watt yang akan dipakai selanjutnya dengan penjatahan ruangan. Anda tidak wajib berdasar pada desain, dapat disamakan ruangan yang  ada.

Ingat ya… bila tidak dapat memasangnya sendiri, bisa menggunakan jasa tukang listrik yang sudah berpengalaman.

2. Cara Pemasangan Meteran Listrik

cara pasang meteran listrik sendiri

Supaya Anda lebih gampang dalam memasang meteran di rumah, hendaknya membuat desain rumah sederhana saja , selanjutnya dengan ruangan serta tipe saklar yang dipakai.

Dengan sedemikian itu, meteran serta posisinya gampang dipergunakan. Apalagi saat menggunakan Meteran Pra bayar, Mudah isi token pulsa saat habis.

Untuk urusan meteran instalasi listrik, bisa menghubungi call center PLN di nomer 123 atau langsung datang ke kantor PLN terdekat buat memasang meteran. Ini sebab mayoritas meteran diatur langsung oleh PLN, begitu juga pemasangannya lumayan cepet kok

Perihal yang pula berhubungan dengan meteran merupakan stop kontak, biasanya symbol stop kontak di gambar- gambar saklar dapat dengan gampang dijumpai. Penerepannya dapat memasang stop kontak dimana saja, tanpa butuh takut hal pemakaian listrik.

Baca juga Berapa Biaya Jasa Kontraktor Rumah Kost Kosan

3. Cara Memasang Stop Kontak

pasang stop kontak praktis

Buat Anda yang akan memasang stop kontak, hendaknya maanfaatkan tespen guna mengenali apakah ada tekanan listrik di dalamnya.

Stop kontak kebanyak masyarakt menyebut dengan bentuk kotak ada colokannya , meski saat ini dia mempunyai modelnya lebih variatif.

Peranan dari stop kontak tunggal yaitu selaku perlengkapan pemutus arus listrik pada saat berlangsung kontak positif ataupun minus pada pemakaian listrik.

Panduan memasang stop kontak pula tidak susah, yakinkan benar ada arus listrik disitu serta 3 kabel yang dipakai, ialah kabel masuk, keluar, serta pada stop kontak terhubung dengan bagus.

4. Standar dalam Instalasi Listrik

Pada saat Anda akan memasang instalasi, hendaknya Anda mencermati standar instalasi listrik supaya tidak terjalin perihal yang merugikan.

Salah satunya merupakan dengan mengenali gambar instalasi pada rumah, alhasil penghuni rumah bisa beraktifitas dengan positif tanpa kurangi kenyaman.

Setelah itu maanfaatkan kabel yang bagus serta tidak gampang hancur, yakinkan pula ialah kabel SNI, karena instalasi merupakan pemasangan listrik yang rumit serta akan dipakai dalam waktu periode panjang. selaku owner rumah, Pastinya jangan ada kerugian cuma karna pemasangan listrik yang salah.

Itulah sobat bikin rumah, instalasi listrik rumahan yang aman dan bisa dilakukan sendiri, pastikan bahwa sebelum memasang listrik sebaiknya memakai sepatu atau sendal supaya tidak tersengat aliran listrik. atau lebih amannya matikan meteran listrik terselih dahulu. Untuk jasa pemasangan listrik bergaransi kontak langsung Kontaktor Listrik Jogja bisa anda dapatkan di halaman utama website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat