16 Tips Desain Interior dari Jasa Interior Rumah

Saat kalian selesai menggunakan jasa kontraktor rumah, Anda akan memperoleh rumah impian kosong yang di dalamnya belum mendapatkan perabotan apa-apa. Jasa kontraktor dan jasa interior rumah, terjual terpisah, Anda butuh memesan jasa lagi dan membeli perabotan rumah sendiri untuk mengisi ruang kosong rumah Anda.

Apa Itu Desain Interior Rumah? 

jasa interior rumah terbaik

Desain interior adalah salah satu jenis seni mengenai tata letak dan rencana desain ruang di dalam bangunan, dalam hal ini adalah rumah. Tujuan dari desain interior untuk membuat ruang yang ditinggali manusia dapat dipakai secara efektif, terasa nyaman dan fungsional. Ini tidak terlepas dari sisi keindahan, bagian ini yang paling ditonjolkan.

Bagaimana caranya meletakkan barang-barang furniture yang membuat hunian semakin indah terlihat.

Berikut adalah lingkup kerja seorang desain interior, dan inilah yang Anda dapatkan jika menggunakan jasa interior:

  • Mengatur tata letak ruangan
  • Pemilihan warna ruangan
  • Furniture rumah
  • Pencahayaan yang akan digunakan
  • Ceiling
  • Motif lantai dan lain-lain

Dengan memperhatikan hal-hal mengenai keindahan ruang, penghuni bisa merasa nyaman dan betah tinggal di dalamnya. Saat tamu berkunjung pun memberikan kesan takjub yang sulit dilupakan. Karena melihat keindahan dari luar saja tidak cukup. Bagian dalam rumah harus ikut mendukung keindahan itu.

Perbedaan Desainer Interior dan Desain Arsitek 

Dilihat sekilas tugas mereka sama. Yaitu sama-sama mendesain dan menciptakan ruang yang indah, nyaman dan fungsional. Namun jika diperhatikan lagi, seorang desainer interior dan arsitek adalah dua jenis profesi dengan tugas yang berbeda.

Desainer Interior : Adalah orang yang mendesain ruangan dengan fokus pada tugas memperindah tampilan dalam ruangan yang dibangun.

Arsitek adalah orang yang secara teknis bertugas merancang interior hingga eksterior secara keseluruhan. Dia harus mampu menggabungkan fungsi, kebutuhan keamanan dan kenyamanannya.

Lalu ada satu lagi jenis profesi yang kerjanya tak jauh-jauh mendesain dalam ruangan sebuah rumah atau bangunan lain. Namanya interior decorator, adalah profesi yang sama dengan seorang desainer interior.

Interior Decorator : Tugasnya fokus pada mendekorasi elemen arsitektur yang sudah ada. Jadi dia melanjutkan tugas arsitek. Yang awalnya masih berupa tata letak ruang yang indah, di tangan interior decorator semakin diperindah lagi dengan peletakan dekorasi-dekorasi semacam furniture, hiasan, dinding, lantai dan bahan kain. Ia tidak membongkar, mengurangi, atau menambah struktur ruangan, benar-benar cuma mendekorasi yang sudah disediakan arsitek.

Tugas desain interior dan interior decorator itu sama. Adapun perbedaannya terletak pada pendidikan atau sekolah, lisensi, lingkup kerja dan dengan siapa ia bekerja sama.

16 Tips Desain Interior Rumah yang Perlu Pemula Tahu 

desain interior 2022

Tips ini dibagikan oleh para ahli, mereka memiliki banyak ide-ide desain rumah yang dengan baiknya dibagikan untuk kita pelajari dan ikuti. Dikutip dari situs loveproperty.com , berikut adalah beragam tips trik mendesain interior rumah:

1. Mulai dengan Mengecat Dinding Berwarna Putih

Warna putih adalah warna dasar, warna ini benar-benar memberikan fondasi yang netral dan bersih dibanding warna yang lain. Warna putih memberikan Anda kebebasan berkreasi dengan dekorasi jika nanti bosan atau memiliki rencana menggunakan warna lain yang lebih berani.

2. Selalu Gunakan Sampel 

Ketika Anda akan menggunakan cat warna tertentu, wallpaper dinding atau lantai dan kain, selalu minta sampel. Jangan sekedar melihat gambar di layar ponsel atau katalog. Tempatkan sampel tepat di depan mata Anda langsung, gunanya untuk melihat kualitas dan memperjelas visualisasi bagaimana semua elemen bekerja sama di satu ruang Anda menerapkan sampel-sampel tersebut.

Baca juga 6 Cara Desain Denah Rumah untuk Pemula

3. Tambahkan Warna Merah Cerah di Ruangan Anda

Tips ini diberikan oleh Beata Heuman, ia mengungkapkan trik sederhana yang digunakan untuk menambah sesuatu ke proyeknya. Yaitu dengan menambahkan semburat warna merah cherry, warna merah yang cerah di ruangan Anda. Warna merah ini bisa seperti kap lampu terang, bingkai foto, atau bantal hambur. Dipercaya bisa memberikan efek hidup pada ruangan. Mau mencobanya? Mungkin sebagian ada yang tidak menyukai tips ini karena warna merah terlalu mencolok.

4. Mengecat Daun Jendela 

Tips ini akan memberikan efek yang semula terlihat membosankan, menjadi lebih enak dipandang. Warna daun jendela dan bagian kusennya dibuat berbeda. Bisa dengan membuat daun jendela sama dengan warna tembok, atau warna yang berkebalikan. Misal warna tembok cerah dan warna daun jendela gelap. Cat dengan rapi agar sentuhan sederhana ini makin terlihat luar biasa.

5. Sisakan Ruang untuk Berjalan 

Kesalahan umum yang sering dilakukan desainer pemula, adalah memasukkan terlalu banyak furniture pada sebuah ruangan. Cobalah menguranginya, buat sesederhana mungkin tapi tetap elegan, dan sisakan area yang cukup untuk jalan-jalan. Kami sarankan, memberikan area jalan dengan lebar 90 cm. Lebar jalan ini cukup dilalui dua orang yang saling berpapasan.

6. Mengatur Jarak Antara Furniture di Dalam Rumah

Selain mengatur area jalan, atur juga jarak antar furniture satu dan yang lain. Misalnya menyisakan jarak 45 cm antara kursi, sofa, dan meja di ruang tamu Anda. Ini akan memberikan kebebasan gerak yang nyaman dan leluasa.

Baca juga Warna Cat Teras Rumah yang Elegan Untuk Tampilan Klasik dan Mewah

7. Mengelompokkan Barang dalam Jumlah Ganjil 

Contohnya angka 3. Angka yang ajaib sekali dalam hal desain. Mengelompokkan barang ganjil dalam jumlah 3 memberikan keterkaitan pada mata yang tidak tertandingi oleh pengaturan simetris dan pengelompokkan barang bernomor genap. Pada kasus ini, Anda bisa mengelompokkan barang-barang seperti bantal, vas bunga, lilin atau gambar. Coba dan lihat, betapa menariknya angka tiga pada desain ruang interior rumah Anda.

8. Desain Ruangan dengan Prinsip 70% dan 30% 

Trik desain interior berikutnya ini caranya dengan memberikan gaya yang berbeda dalam ruangan yang sama. Dekorasi sebesar 70% dengan gaya tertentu, kemudian menyelesaikan 30%-nya dengan gaya yang berbeda. Misalnya dengan memadukan gaya tradisional dan kontemporer, pilih mana yang paling mendominasi. Bisa tradisional 70%, kontemporer 30% atau sebaliknya.

9. Membuat Tata Letak Lantai yang Padu 

Menggunakan lantai yang sama di seluruh ruangan atau area yang berbeda di rumah adalah cara mudah untuk membuat ruangan terasa jauh lebih besar dari aslinya.  Jika Anda memiliki ruangan yang besar dan terbuka, gunakan karpet untuk memecah kesinambungan dan membagi ruang sesuai penggunaan.  Ini akan menciptakan kesan ruang duduk dan ruang makan berbeda yang tetap menyatu dari keseluruhan lantai yang sama.

10. Menggunakan Skema Warna 60% 30% dan 10% 

Membuat satu ruangan berwarna senada tidaklah keren. Gunakan 3 warna, ini lebih baik, agar proporsinya seimbang, bisa memakai skema tiga warna ini. Yaitu warna 60% sebagai dominannya, 30% untuk warna sekunder, dan 10% untuk warna aksen. Bila ingin menambah warna keempat, coba untuk pisahkan  warna sekunder atau dengan menekan warna dominan, tapi jangan pernah menekan atau memadukan dengan warna aksennya.

11. Mencoba untuk Memanfaatkan Furniture Lama 

Mampu mengubah furniture lama menjadi baru adalah senjata rahasia interior decorator. Anda bisa mengecat ulang furnitur bekas, menambahkan warna dan karakter pada rumah. Harganya hemat, dan jika Anda mampu mengelolanya dengan tepat, ruangan Anda bisa semakin indah dengan furniture low budget ini.

12. Cara Desain Letak Televisi Anda 

Ketinggian terbaik untuk menggantung atau mendirikan TV adalah setinggi mata di posisi Anda akan menontonnya.  Letakkan di ruang tamu atau kamar, posisikan setinggi kepala Anda saat duduk. Jarak menonton TV yang ideal adalah sekitar 1,5 kali rentang diagonal layar TV Anda.

13. Menambahkan Panel ke Dinding Agar Terlihat Lebih Bertekstur

Fitur dekoratif ini menambahkan karakter dan tekstur ke rumah kontemporer, dan ini merupakan tren yang berkembang di zaman sekarang.  Terlebih lagi, memberikan kesan mahal tetapi harganya sebenarnya murah jika Anda membuatnya dengan memakai alternatif kayu seperti papan serat dan OSB. Setelah dipasang, tekstur ini dapat menyembunyikan permukaan dinding yang polos.  Panel lidah dan lekukan membuat skema pedesaan hangat dan nyaman sementara gaya berbingkai dan tinggi sedang sesuai dengan tampilan tradisional yang menciptakan hasil akhir yang halus.  Warnai panel dengan nada tebal untuk daya tarik terkini.

14. Tambahkan Bangku 

Bangku serbaguna adalah senjata rahasia interior decorator.  Perabotan kecil ini dapat ditempatkan dalam desain apa pun untuk menambah fungsionalitas.  Selipkan atau tumpuk di sisi ruangan saat tidak digunakan, lalu bawa keluar untuk tempat duduk tambahan saat dibutuhkan.  Beri mereka tujuan multifungsi, misalnya, bangku berpenutup membuat meja samping dan tempat penyimpanan yang sangat baik menjadi satu.

15. Membuat Blok Warna Pada Tembok 

Ambil selotip, lalu rekatkan ke tembok, kemudian cat tembok dengan warna cat yang berbeda dari tembok yang lain. Saat cat kering, cabut selotip itu. Maka akan memunculkan blok warna pada dinding tersebut. Ambil paduan warna yang menarik di mata. Jadi yang biasanya satu ruangan hanya ada satu warna cat dinding, kini Anda bisa mulai berani memasukkan beberapa warna.

16. Lupakan Soal Simetri 

Banyak pemilik rumah percaya bahwa menciptakan ruang yang simetris akan menghasilkan skema desain interior yang sempurna, tetapi ini tidak selalu terjadi.  Bahkan, dengan tetap berpegang pada desain simetris, Anda sebenarnya bisa berakhir dengan ruang datar yang tidak memiliki kehangatan dan kepribadian.  Paling Anda cuma dapat keseimbangan dari menggunakan skema ini.

Cobalah untuk gantung seni dinding Anda di tengah, tambahkan tekstur untuk menciptakan kekompakan dan kelompokkan furnitur yang tidak serasi menjadi satu untuk sentuhan yang menyenangkan.  Elemen asimetris akan menarik perhatian dan memberikan lebih banyak intrik.

Ilmu ini dapat dipelajari oleh siapapun walaupun Anda bukan seorang desain interior. Masih ada banyak ilmu yang lain, ini hanya ilmu dasar. Tidak bisa dibandingkan dengan ilmu desain interior profesional. Bila tidak cukup dengan tips ini, Anda bisa menggunakan jasanya langsung. Berikan mereka ruang, dan lihatlah betapa kreatifnya mereka mendesain ruang kosong menjadi nyaman dan betah ditinggali.

Harga Menggunakan Jasa Desain Interior Rumah 

jasa interior rumah kekinian

Menyesuaikan dulu, kalian memakai jasa siapa? Jika Anda menggunakan jasa desain interior rumah dari bikinrumah.co.id, harganya paling murah dibuka dari Rp 45 ribu. Bisa lebih mahal lagi tergantung faktor-faktor yang menentukan harga.

Dengan harga segini, kalian bisa dapat gambar detail setiap ruangan, rendering 3D, RAB, video animasi dan proses pembuatan desain layout menghabiskan waktu 2 jam. Cepat dan murah harganya. Harga ini tidak termasuk furniture, Anda harus beli sendiri karena jasa desain interior dengan paket harga interior ini hanya menyediakan gambarnya saja.

Jika menemukan kebuntuan atau masih banyak hal untuk ditanyakan, hubungi kontak kami. Konsultasi gratis, bicarakan dan diskusikan bersama ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 - BikinRumah.co.id