Jasa Konstruksi Jembatan dan Pekerjaannya

Sedang mencari jasa konstruksi jembatan yang terbaik, terpercaya, di Indonesia, khususnya di daerah Jogja? Anda dapat memakai jasa dari BikinRumah.co.id

Mari berkenalan dengan jasa ini, mengetahui siapa itu BikinRumah.co.id, apa saja layanannya, kelebihan, dan hal-hal yang ada kaitannya dengan konstruksi jembatan atau kontraktor.

Siapa Itu BikinRumah.co.id Sebagai Jasa Konstruksi Jembatan 

Adalah sebuah perusahaan kontraktor yang melayani berbagai urusan terkait bangun-membangun, mulai dari membangun rumah, gedung, apartemen, villa, kantor, toko, kolam renang, bahkan pembangunan jembatan atau jalanan.

BikinRumah memiliki kumpulan jasa tukang yang profesional, memiliki material bahan bangunan berkualitas, dan yang paling menonjol adalah jasa arsitekturnya, dengan basis teknologi tinggi berupa Keahlian Programming Dunia Desain Arsitek, jasa ini akan membuatkan Anda rancangan jembatan terbaik, yang kokoh, dan bisa bertahan puluhan tahun atau ratusan.

jasa kontruksi jembatan layang

Di BikinRumah terdapat berbagai jenis kontraktor, mulai dari kontraktor arsitektur, kontraktor sipil, kontraktor mekanikal, dan kontraktor elektrikal. Tuga dari pembangunan jembatan dipegang oleh kontraktor sipil. Namun semua kontraktor ini akan diturunkan ke dalam proyek pembangunan karena memangun jembatan tak hanya sekadar membuat pondasi, lalu dikasih material bangunan.Kita butuh desain, dan instalasi kelistrikan untuk penerangan jembatan di kala malam.

Berikut ini kenali layanan kontraktor jembatan yang kami miliki:

Jasa Konstruksi Jembatan dan Jasa Pembuatan Jalan Terlengkap 

Berikut adalah berbagai layanan yang kami berikan pada jasa ini:

Survei topografi : tujuan dari survei ini adalah mencari informasi permukaan tanah yang akan menjadi landasan struktur jembatan dibangun. Kami mencari tahu tinggi rendah, keadaan fisik, posisi suatu benda di atas lahan yang dipetakan

Pengujian bahan pembangunan jembatan : pembangunan jembatan tidak sesimpel membangun rumah. Ada banyak hal yang harus dilewati sebelum memulai pembangunan. Salah satunya adalah melakukan pengujian bahan pembangunan. Memilih bahan terbaik untuk suatu proyek berdasarkan, berat, fungsi, kegunaan, dan jenis jembatan yang dibangun

Membersihkan dan mengorek area yang akan dipakai untuk mendirikan jembatan

Melakukan kontrol dan struktur drainase : jembatan selalu dibangun di atas aliran air, ada juga yang dibangun di atas lubang besar misalnya tebing. Drainase sendiri adalah sistem saluran air. Keberadaannya sangat penting untuk jalanan raya khususnya di area perkotaan

Pengangkutan : ini meliputi pengangkutan bahan konstruksi ke lokasi pembangunan jembatan, dan pengangkutan konstruksi untuk dibangun sebagai pondasi suatu jembatan. Proses ini melibatkan alat berat

Penempatan dan pemadatan : setelah memasang pondasi, kemudian mulai tambahkan kerangka, lalu lakukan pemadatan dengan mulai menuangkan bahan-bahan yang bisa memadatkan struktur satu dan struktur yang lain

Paving (Aspal atau Beton) : proses pengaspalan juga merupakan salah satu tugas kami

Sistem atau kontrol lalu lintas : pembangunan jembatan selalu ditujukan untuk umum. Jembatan menjadi jalan bagi para kendaraan melewati suatu tempat yang dipisahkan oleh sungai atau tebing yang berjauhan. Karena ia dilalui kendaraan, jadi butuh sistem kontrol lalu lintas 2 arah yang baik

Sistem gorong-gorong : gorong-gorong adalah bangunan yang dipakai untuk membawa air melewati bawah jalan, di bawah jalan atau jalan kereta api

Sistem kelistrikan : suatu jalan atau jembatan, tak akan nyaman dilewati jika tidak memiliki penerangan di sekelilingnya. Kami akan memproses segala hal yang dibutuhkan ini dengan baik dan profesional

Lebih lengkapnya soal layanan kami, Anda dapat menghubungi customer service. Tanyakan segala hal yang Anda ingin tanyakan. Jangan malu-malu.

Kenapa Harus Menggunakam Jasa Konstruksi Dari BikinRumah.co.id?

Kami akan memaparkan berbagai alasan kenapa harus memilih jasa kontraktor jembatan jogja ini. Dapat dibilang juga ini adalah kumpulan kelebihan yang Anda dapatkan dari jasa kontraktor BikinRumah.co.id

Apa saja kelebihan itu?

Memiliki Banyak Pengalaman di Dunia Kontraktor 

Kami sudah mengantongi pengalaman bekerja dalam proyek besar maupun kwcil, misalnya pembangunan rumah dari 0 sampai 100%, membuat rumah 1 lantai, 2 lantai, melakukan renovasi rumah pada ruangan tertentu, membuat desain arsitektur suatu bangunan, dan desain interior ruangan tempat tinggal.

Jasa Konsultasi Gratis 

Untuk permulaan, kita tak akan mematok biaya. Coba konsultasikan masalah yang ada kaitannya dengan pembangunan, baik pembangunan rumah maupun pembangunan jembatan. Kami akan menjawab serta memberikan saran-saran terbaik kami.

Harga Terjangkau 

Entah cocok dibilang terjangkau atau tidak, tapi yang jelas, tukang atau subkontraktor yang kita kerjakan sudah sangat ahli di bidangnya, kita juga menyediakan material terbaik untuk pembangunan, desain gambar gratis, dan berbagai keperluan terkait pembangunan hingga orang yang mengawasi pembangunan dari awal hingga akhir.

Memiliki Badan Hukum yang Jelas, Terpercaya dan Cocok untuk Proyek Pembangunan Besar Anda 

Sebelum memulai layanan ini, kita akan melakukan perjanjian tertulis. Di dalam kontrak itu, kami akan menjabarkan segala hal soal tugas-tugas, keuntungan yang Anda peroleh, RAB, biaya yang dikeluarkan, deadline pekerjaan berakhir kapan, dan lain-lain. Kontrak tersebut tentunya kontrak resmi, jadi dijamin terpercaya dan tidak akan lepas tanggung jawab.

Ada Garansinya 

Jika ada masalah soal jembatan yang kami bangun, maka kami akan memperbaikinya sampai jembatan tersebut benar-benar layak pakai. Minimal waktu garansi pemeliharaan adalah 3 bulan. Itu baru minimal, maksimalnya bisa lebih lama. Jadi tenang saja, setelah bangunan selesai, kami tidak akan lepas tanggung jawab.

Jasa Arsitek yang Sangat Kompeten di Bidangnya 

Anda bisa langsung memakai jasa kontraktor serta jasa arsitek di tempat kami. Tak kalah dengan arsitek Indonesia yang terkenal, milik kami juga tak kalah kerennya. Setiap detail akan terpenuhi dengan arsitek kami, selalu menyempurnakan hasil dan dengan basis teknologi tinggi berupa Keahlian Programming Dunia Desain Arsitek akan memberikan Anda hasil jembatan yang baik dari struktur konstruksinya dan desain jembatannya.

Memiliki Layanan Super Lengkap

Terlepas dari jasa konstruksi jembatan, kita memiliki beragam layanan yang lain. Seperti, layanan bangun apartemen, kantor, bangun rumah, jasa desain, jasa renovasi, jasa pembuatan kolam renang, dan hal-hal yang ada kaitannya dengan kontraktor.

Itulah sekilas soal jasa BikinRumah.co.id yang setidaknya harus Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan untuk memakai jasa kami atau jasa yang lain.

Terlepas dari perusahaan atau jasa kontruksi jembatan rekomendasi, Anda sebaiknya juga lebih mengetahui soal hal-hal terkait pembangunan jembatan. Tujuannya agar Anda mengetahui garis besar bagaimana seorang kontraktor jembatan bekerja.

Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Konstruksi Jembatan

bahan konstruksi jembatan

 Apa itu jembatan? Apa saja jenis jembatan yang biasa dibangun? Bagaimana konstruksi jembatan bekerja? Berapa lama proses pembangunan jembatan berlangsung dan bahan apa saja yang dibutuhkan?

Simak semua informasinya di bawah ini:

#1 Apa Itu Jembatan? 

Jembatan adalah struktur atau konstruksi yang dibangun untuk menghubungkan jurang atau rintangan seperti rel kereta api, sungai, atau jalan raya.

Jembatan dibangun untuk dilalui pejalan kaki, kendaraan atau juga jembatan yang dibuat untuk kereta api.

Konstruksi ini sangat kritis, salah menentukan beban maksimum kendaraan yang melewati bisa menyebabkan hal-hal buruk terjadi. Salah pengukuran ketinggian juga akan membuat jembatan tidak layak dipakai. Sekarang ini banyak kasus dimana salah pengukuran ketinggian jembatan, membuat aliran air di bawah sungai naik, masuk ke jembatan dan mengikis aspal yang ada di sana.

Jadi memilih jasa kontraktor terbaik adalah kunci agar kita terjauh dari kesalahan-kesalahan konstruksi tersebut.

#2 Jenis-Jenis Jembatan 

Ada banyak seklai jenis jembatan, mereka dibagi ke dalam beberapa kategori. Berdasarkan struktur, bahan konstruksi, dari segi kegunaan, dan panjang bentangnya.

Jenis Jembatan Berdasarkan Panjang Bentangnya: 

  • Jembatan Bentang Pendek (kurang dari 40 m)
  • Jembatan Bentang Menengah (antara 40 m sampai 125 m)
  • Jembatan Bentang Panjang (lebih dari 125 m)

Jenis Jembatan Berdasarkan Fungsinya: 

  • Jembatan Jalan Raya
  • Jembatan Jalan Kereta Api
  • Jembatan Pejalan Kaki atau Penyeberangan

Jenis Jembatan Berdasarkan Bahan Konstruksinya: 

  • Jembatan Kayu
  • Jembatan Beton
  • Jembatan Beton Prategang
  • Jembatan Baja
  • Jembatan Komposit

Jenis Jembatan Berdasarkan Strukturnya: 

Sekurang-kurangnya ada 7 jenis jembatan yang dibagi berdasarkan strukturnya. Ketahui jembatan apa yang ingin dibangun dengan melihat jenisnya berikut:

  1. Jembatan Plat (Slab Bridge) 

Adalah jembatan yang dibuat dari balok beton datar monolitik (pelat) dengan batang baja tulangan yang dipilin atau dikasar yang terkonsentrasi pada bagian bawah dan di kedua ujung pelat. Jembatan ini sangat umum dipakai. Namun di Indonesia sendiri lebih sering memakai jembatan jenis Truss Bridge. 

  1. Jembatan Gelagar (Girder Bridge/Beam Bridge)

Dari desain jembatan, dialah yang paling sederhana. Cocok untuk menghubungkan jarak dekat, seperti menghubungkan jalan yang terpisah oleh bentangan sungai kecil.

Jembatan ini terdiri dari balok jalan horizontal dan balok batu yang menjadi penumpu balok horizontal tersebut.

  1. Jembatan Rangka (Truss Bridge) 

Jenis ini adalah versi Beam Bridge yang lebih kokoh dikarenakan adanya truss atau kerangka yang umumnya berbentuk triangular yang berguna untuk menahan beban dengan lebih baik.

Penambahan truss atau rangka ini akan meminimalisir kompresi ketegangan. Biasanya desain truss memakai varian segitiga, hal ini menciptakan struktur yang kaku, kuat dan kokoh.

  1. Jembatan Pelengkung (Arch Bridge)

 Jembatan ini memiliki desain melengkung pada bagian penyangga struktur bagian bawah. Bentuknya seperti sebuah panahan atau parabola. Desain ini lebih rumit daripada jenis jembatan di atas.

Namun, pada proses pembuatan jembatan Arch Bridge, material yang diperlukan lebih sedikit dibandingkan jembatan jenis Beam Bridge. Selain itu, soal kekuatan juga lebih unggul Arch Bridge dibanding Truss Bridge. Bagian tumpuan dari model jembatan ini ada di bagian lengkungan jembatan, jadi bagian lengkungan itu harus kuat agar jembatan juga kuat.

  1. Jembatan Gantung (Suspension Bridge) 

Jembatan ini sangat mahal, tapi sangat indah karena ia kebanyakan dibangun di atas perairan luas. Untuk membuat jembatan ini, kita butuh tali, kabel, rantai dan jangkar yang menjadi sistem dalam mengurangi kompresi atau tekanan jembatan.

Tegangan dari jembatan ini kebanyakan diterima oleh kabel. Sementara itu, ada 2 jangkar yang merupakan batuan padat atau balok beton besar dimana jembatan ini membumi. Hanya ada 2 balok saja yang menahan beban jembatan dari bawah. Seterusnya ditahan oleh kabel atau tali atau rantai jembatan.

  1. Jembatan Kabel (Cable Stayed Bridge) 

Ia agak mirip dengan Jembatan Gantung, karena keduanya sama-sama memiliki jalan yang menggantung serta dua menara. Namun cara mereka menopang beban jembatan memiliki perbedaan. Perbedaan itu terletak pada bagaimana kabel terhubung ke menara.

Dimana kabel yang melekat pada menara Jembatan Kabel menanggung semua beban sendirian. Untuk membuat jembatan ini, biaya yang dikeluarkan lebih rendah dibanding membuat Jembatan Gantung.

  1. Jembatan Cantilever (Cantilever Bridge)

Cantilever dibuat dengan tiga bentang, yaitu bentang luar, keduanya berlabuh di atas saluran yang akan diseberangi. Pada bagian rentang tengah ia bersandar pada lengan Cantilever yang membentang dari rentang luar, dengan struktur ini,  rentang tersebut mampu  membawa beban vertikal seperti pada jembatan Truss.

Itulah beberapa jenis jembatan berdasarkan jenisnya.

#3 Bagaimana Proses Pembangunan Perencanaan Jembatan 

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana proses perencanaan pembangunan jembatan, simak prosesnya berikut ini.

Yang pasti, prosesnya sangat panjang sekali. Hal ini meliputi:

  1. Mengetahui bentang jembatan yang akan didirikan
  2. Mengetahui kondisi batas
  3. Menentukan rencana umur jembatan yang dibangun, umumnya adalah 75 tahun
  4. Menentukan pokok-pokok rencana,  kekuatan dan kestabilan struktur, keawetan, kemudahan pemeliharaan, kenyamanan, estetika, kemudahan pelaksana dan dampak terhadap lingkungan
  5. Mulai membuat gambar rencana jembatan sejelas mungkin
  6. Melakukan penyelidikan lintasan air
  7. Menentukan lebar, kelas, dan muatan jembatan
  8. Meneliti masing-masing berat jenis material
  9. Membuat rencana pembebanan dan kombinasi pembebanan
  10. Seismic Hazard
  11. Tahapan analisis struktur
  12. Alur pembebanan (bangunan atas, bangunan bawah dan pondasi)
  13. Perencanaan jembatan

Dan tahap ini terus berlanjut. Dengan mulai membuat perencanaan penyusunan struktur jembatan, rencana membuat bangunan atas, bangunan bawah, pondasi dan seterusnya.

#4 Berapa Lama Waktu yang dibutuhkan untuk Membangun Sebuah Jembatan?

Tak ada jawaban pasti mengenai permasalahan ini. Karena lamanya proses pembangunan jembatan tergantung seberapa besar proyek yang dikerjakan, bentang jembatan, jasa kontraktor itu sendiri serta kerumitan jembatan yang dibangun.

Namun Saya akan memberikan contoh kasus kecil waktu yang dibutuhkan untuk membangun jembatan.

Untuk membangun jembatan dengan bentang pendek, memakai konstruksi jembatan kayu, untuk tujuan sebagai lalu lintas kendaraan, dengan panjang kayu 300′, pada proyek tersebut, waktu yang dibutuhkan menyelesaikan jembatan menghabiskan kira-kira 60 hari.

Namun konstruksi yang dipakai kayu. Pada proyek pembangunan jembatan beton, lebih membutuhkan waktu lebih lama.

#5 Material Jembatan Terbaik yang Paling Sering digunakan 

Jembatan tak melulu dibangun dengan beton. Ada beberapa material lain, namun beton memang lebih banyak dipakai.

  • Beton 

Ada beberapa keuntungan memakai beton, seperti; tahan lama, memiliki kekuatan tekanan yang tinggi, serbaguna, dan tidak begitu mahal.

Adapun kekurangannya; beton cukup rapuh dan membutuhkan waktu untuk diperkuat.

  • Baja

Ada beberapa keuntungan memakai baja; ia memiliki kekuatan tinggi terhadap rasio berat, bahan sangat berkualitas, proses konstruksi jembatan yang memakai baja lebih sebentar, serbaguna, memiliki daya tahan tinggi, untuk proses perbaikan, modifikasi dan pembongkaran lebih mudah, dan hasilnya indah.

  • Batu 

Batu terbaik dalam pembuatan jembatan meliputi, Basalt, Granit, dan batu pasir. Ada beberapa manfaat memakai batu sebagai material, meliputi kuat dan tahan lama, mempromosikan kelestarian lingkungan, dan mudah diakses. Kekurangannya sendiri: memakan waktu pembangunan yang lama, dan sulit memperbaiki jika ada kesalahan.

  • Bahan Komposit 

Bahan komposit ini contohnya plastik yang diperkuat dengan serat karbon atau kaca. Hasilnya nanti akan terasa ringan, kuat dan ulet. Reactive Powder Concrete (RPC) juga bisa Anda jadikan sebagai bahan pembuatan jembatan. Atau fiberglass dengan epoxy, agar lebih ulet.

Semoga beberapa informasi di atas bisa membantu Anda menemukan jasa konstruksi jembatan yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat