Cara Mencari Kebocoran Pipa Air di Tembok

Pipa air yang bocor di tembok merupakan masalah yang sangat merepotkan. Proses perbaikanya rumit dan sering kali membutuhkan tenaga ahli dengan biaya yang mahal. Oleh karena itu bila terdapat kebocoran pipa air, Anda dapat mencari kebocoran pipa air di tembok secara mandiri sebelum memanggil tenaga ahli.

Anda dapat Mencari kebocoran pipa air di tembok dengan melakukan pengamatan pada permukaan tembok. Berikut adalah cara-cara mudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kebocoran pipa air di rumah Anda.

Tanda-Tanda Kebocoran Pipa Air di Tembok

Cara Mencari Kebocoran Pipa Air di Tembok

Perhatikan dengan seksama permukaan tembok rumah Anda. Terutama pada bagian yang dilewati oleh jalur pipa air. Bisa jadi ada kebocoran pipa air di dalam tembok, bila Anda temukan tanda-tanda seperti ini.

1. Tekstur Tembok Berubah

Air yang merembes di balik tembok dapat membuat permukaan tembok berubah. Basah di di bagian dalam tembok, membuat bagian luar tembok menggembung, mengelupas, retak, hingga pecah-pecah. Waspadai bila tekstur tembok Anda mulai rusak. Bisa jadi hal tersebut mengindikasikan adanya kebocoran pipa air di dalam tembok.

2. Warna Tembok Berubah

Warna cat pada tembok yang basah akan cenderung memudar atau menguning. Kasus tembok menguning ini biasanya terjadi apabila cat tembok Anda berwarna putih. Oleh sebab itu, perubahan warna cat tembok dapat menjadi patokan lokasi kebocoran pipa air di dalam tembok.

3. Tumbuh Jamur di Tembok

Jamur tembok menyerupai bintik-bintik kecil dan berwarna coklat kehitaman. Habitat jamur tumbuh subur adalah di tempat-tempat yang lembab. Oleh karena itu jika Anda menemukan banyak jamur menempel pada tembok Anda, besar kemungkinan kebocoran pipa air berada pada bagian tembok tersebut.

Tiga hal di atas merupakan tanda-tanda kebocoran untuk anda yang sedang mencari kebocoran pipa air di tembok. Tinjaulah permukaan tembok Anda terlebih dahulu sebagai acuan pencarian pertama.

Akan tetapi, ketiga hal di atas tidak akan membantu apabila Anda telah memasang keramik pada tembok. Tentu saja air tidak akan mampu menembus keramik, sehingga Anda tidak dapat mencari kebocoran pipa air di tembok berdasarkan penampakan luar tembok.

Selain pemasangan keramik, penggunaan cat kualitas tinggi yang anti air juga akan membuat Anda kesulitan mencari sumber kebocoran. Cat anti air tersebut dapat menahan air tetap di dalam dan tidak merembes ke permukaan. Sehingga walau terjadi kebocoranpun, permukaan tembok akan nampak baik-baik saja.

Lalu, bagaimanakah cara untuk mencari kebocoran pipa air di tembok, apabila keadaan permukaan tembok tidak dapat teramati? Yap ! benar sekali ! Anda perlu bantuan alat canggih untuk mendeteksi adanya kebocoran pipa air tersebut. Alat apakah itu? Simak informasinya sebagai berikut.

Alat Pendeteksi Kebocoran Pipa Air di Tembok

alat deteksi kebocoran pipa air sound scope

Alat pendeteksi kebocoran pipa air di tembok ini bernama sound scope. Cara kerja sound scope mirip dengan stetoskop, yaitu dengan menangkap suara berfrekuensi kecil dan menjadikannya dapat terdengar jelas di telinga. Dengan begitu, alat ini dapat membantu Anda dalam mencari kebocoran pipa air di tembok.

Baca Juga Biaya Perbaikan Atap Bocor, Termasuk Plafon & Cat Dinding

Sound scope terdiri atas tiga komponen penting yakni sensor, headphone, dan monitor.  Sensor merupakan bagian dari alat yang diarahkan ke bagian tembok yang dicurigai terjadi kebocoran. Headphone berfungsi sebagai alat untuk mendengarkan suara yang tertangkap oleh sensor. Dan monitor adalah alat yang akan menunjukkan grafik frekuensi suara.

Semakin besar suara yang terdengar,  semakin dekat pula Anda dengan sumber kebocoran. Begitupun dengan layar monitor. Dalam monitor akan menunjukkan grafik yang semakin tinggi, seiring dengan semakin dekatnya Anda dengan lokasi kebocoran.

Sound scope banyak dijual di pasaran dengan beragam merk dan harga. Harga bervariasi berkisar antara ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah. Wow! Sungguh harga yang fantastis bukan? Tentunya semakin mahal harganya maka semakin bagus kualitasnya. Hasilnya pun semakin akurat karena jangkauanya yang luas.

Sebagai contoh, sound scope yang murah hanya dapat mendeteksi suara dengan jangkauan bebarapa centimeter saja dari sensor. Sedangkan sound scope yang mahal jangkauanya bisa mencapai 6 meter.

Dalam hal ini sound scope murah pun sebenarnya dapat dimaksimalkan fungsi kerjanya. Dengan beberapa tips berikut, Anda dapat mencari kebocoran pipa air di tembok dengan mudah, hanya dengan menggunakan sound scope murah.

Tips Menggunakan Sound Scope Murah untuk Deteksi Kebocoran Pipa air

Harga sound scope yang tergolong mahal, membuat banyak orang memilih untuk membeli alat yang termurah. Sebenarnya tidak masalah menggunakan sound scope murah, Anda hanya perlu perhatikan tips-tips berikut ini.

1.      Mesin Tambahan

Anda perlu menyiapkan mesin tambahan sebagai pendorong memberikan tekanan lebih pada pompa. Hal tersebut dilakukan agar air yang mengalir keluar lebih kencang, agar bunyi pancaran air tersebut jadi lebih nyaring. Sehingga suaranya dapat terdeteksi oleh sensor sound scope dengan jangkauanya yang kecil.

2.      Tiupkan Angin

Pertama-tama Anda harus mematikan semua keran air, dan memastikan seluruh pipa air telah kosong dari air. Kemudian siapkan pompa angin. Masukkan mulut pompa ke dalam mulut keran, dan mulailah memompa dengan kencang.

Masuknya angin dengan kencang tersebut menimbulkan bunyi nyaring pada pipa yang bocor. Dengan begitu, suaranya dapat terdeteksi di sound scope berjangkauan kecil.

Itulah beberapa cara sederhana hingga tips yang dapat dilakukan bila Anda hendak mencari kebocoran pipa air di tembok. Semua dapat dilakukan secara mandiri, sehingga tidak perlu terburu-terburu memanggil tenaga ahli.

Cari Jasa Kontraktor Jogja Yang Berpengalaman dalam hal kebocoran pipa langsung saja menghubungi 0852-8876-1168

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat