Kontrakan Rumah di Jogja, Beberapa Tips Saat Memilih Mengontrak!

Setiap orang pasti memiliki kebutuhannya sendiri, apalagi mengenai tempat tinggal. Ada yang langsung bisa beli dan ada juga yang mengontrak. Jika ingin kontrak, ketahuilah bahwa kontrakan rumah di Jogja bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan terbaik bagi Anda pencari kontrakan.

Beberapa Tips Terbaik untuk Mengontrak Rumah

Mempunyai hunian sendiri memang merupakan impian semua orang. Akan tetapi, mengingat harga rumah yang cukup tinggi saat ini. Menjadikan mereka tidak bisa mewujudkan memiliki rumah pribadi, karena dananya tidak mencukupi. Kontrak rumah adalah pilihan terbaik, biayanya akan lebih murah.

Kontrakan Rumah di Jogja

 

  1. Menyesuaikan Harga dan Lokasi

Salah satu hal paling penting yang harus Anda lakukan, yaitu dengan menyesuaikan harga dan juga lokasi dari kontrakan rumah terlebih dahulu. Kedua hal tersebut bisa menjadi faktor penentu saat menyewa rumah. Jadi, jangan hanya melihat rumahnya bagus saja tapi lihatlah manfaatnya juga.

Carilah lokasi yang sekiranya strategis, dekat dengan sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan lain – lain misalnya. Supaya jika perlu sesuatu tidak perlu berangkat jauh – jauh. Kemudian, tentukan juga harga dari kontrakan rumahnya juga. Sesuaikan dengan dana yang Anda miliki, jangan dipaksa.

  1. Menyesuaikan Lingkungan Baru

Dengan mengontrak rumah, itu berarti Anda akan pindah ke lingkungan yang berbeda dari sebelumnya. Pada dasarnya, etika orang baru itu harus mau dan ikut berbaur dengan lingkungan sekitarnya. Lebih pentingnya lagi adalah mengetahui peraturan yang diterapkan di lingkungannya.

Ketika Anda memutuskan untuk pindah ke kontrakan baru, tanyakan pada RT setempat yang ada di sana. Tanyakan bagaimana adat istiadat yang ada di lingkungan tersebut atau bahkan aturannya juga. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk berbaur dengan tetangga. Jangan lupa ramah pada orang lain.

  1. Memastikan Perjanjian Kontrak Semuanya Cocok

Saat memilih untuk mengontrak rumah, tentu saja harus ada perjanjian kontraknya. Perjanjian tersebut biasanya akan hadir dalam bentuk hitam di atas putih. Jadi, tidak hanya mengandalkan ucapan verbal saja. Melainkan harus ada kesepakatan bersama dan tertulis dalam sebuah kertas.

Tujuan dari adanya perjanjian kontrak ini adalah mengantisipasikan diri, ketika ada hal yang di luar kesepakatan awal. Maka solusi menyelesaikannya, yaitu dengan melihat perjanjian kontrak di awal lagi. Anda pun juga harus tahu isinya apa, jangan takut kepada pihak pemilik. Tanyakan semuanya!

  1. Masalah Biaya Kontrak Jelas

Selain itu, saat memutuskan untuk mengontrak rumah Anda juga harus mengetahui tanggung jawab apa yang seharusnya dikerjakan. Terlebih lagi dalam masalah biaya, biasanya setiap kontrakan itu memiliki peraturan yang berbeda – beda. Jadi, sebagai pengontrak harus menanyakan secara detail.

Masalah yang harus Anda tanyakan, yaitu terkait biaya penggunaan listrik, air, pajak rumah, perbaikan rumah (bila ada yang rusak) dan masih banyak lagi. Tanyakan kepada pihak pemilik kontrakannya. Mana yang menjadi tanggung jawab dan harus dibayar dan mana yang tidak perlu.

Baca juga Tukang Listrik Jogja dengan Layanan Terbaik

  1. Menanyakan Masa Perpanjangan Kontrak

Hal ini biasanya yang paling banyak masyarakat alami (bagi pengontrak). Terkadang mereka harus pindah ke rumah baru dengan alasan sudah selesai masa pembangunannya. Bisa juga memang pindah karena urusan pekerjaan dan lain – lain. Namun, masa kontraknya masih belum habis.

Nah, sudah menjadi kewajiban Anda untuk menanyakan hal tersebut kepada pihak pemilik kontrakannya. Hal tersebut  bisa menjadi antisipasi nantinya jikalau memang hendak pindah, namun masa kontraknya masih belum habis. Tanyakan bagaimana biaya masa kontraknya, kembali / tidak.

  1. Memeriksa Kondisi Rumah Kontrakan

Salah satu hal yang paling penting sebelum pindah rumah, yaitu dengan memeriksa kondisi di dalam rumah kontrakannya. Hal ini tentu harus Anda lakukan, mengingat setiap rumah kontrak mempunyai spesifikasi sendiri. Selain melihat tampilan luarnya, lihat juga di bagian interior hunian tersebut.

Periksakan semua bagian rumah kontrakannya, siapa tahu ada yang butuh perbaikan. Jikalau memang ada suatu kerusakan, segera tanyakan kepada pihak pemilik kontrakan yang biasanya akan ikut memberi tahu seluruh bagian rumah. Apakah biaya perbaikannya dibagi dua atau tanggung jawab pemilik saja.

  1. Memeriksa Ulang Perjanjian Kontrak dan Menjaga Rumah

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan, yaitu dengan memeriksa kembali perjanjian kontrak rumah sebelumnya. Teliti secara seksama, adakah bagian yang tidak disetujui / keberatan akan hal tersebut. Jadi, bisa langsung menanyakan kepada pihak pemilik kontrakannya.

Berhubung mengontrak alias bukan rumah milik sendiri, Anda harus menjaga rumahnya agar tetap bersih dan juga tidak rusak di bagian apa pun. Rawatlah sebagaimana mempunyai rumah sendiri, dengan hal ini juga termasuk simulasi ketika nanti benar – benar bisa tinggal di rumah pribadi.

Itulah beberapa penjelasan secara detail, mengenai berbagai macam tips sebelum mengontrak rumah pada kontrakan rumah di Jogja. Sesuai dengan pembahasan di atas, Anda harus menerapkan semua tahapan tersebut. Supaya dapat mengontrak dengan nyaman dan aman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat