Tips Renovasi Rumah Impian Terbaik dengan Budget Miring

Membangun hunian impian memang tak semudah membalikkan telapak tangan apalagi bagi yang punya penghasilan pas-pasan. Kebanyakan orang akan membeli rumah bulat standar terlebih dahulu yang kemudian direnovasi sedikit demi sedikit. Agar rumah impian hasil renovasi sukses terbangun meski low budget, ada baiknya untuk mengetahui beberapa tips renovasi rumah.

Seperti diketahui bersama, kegiatan merenovasi rumah apalagi yang disesuaikan dengan konsep impian membutuhkan biaya yang banyak. Tidak hanya itu saja, pertimbangan lainnya juga perlu diperhatikan agar tidak ada kesalahan, seperti pemilihan bahan, kontraktor, dan lainnya. Tetapi tidak perlu khawatir, tetap ada cara meminimalkan pengeluaran untuk renovasi rumah dengan mengikuti tips berikut:

5 Tips Renovasi Rumah Dengan Budget Hemat

tips renovasi rumah

1. Gunakan Jasa Konsultan Handal dalam Melakukan Riset dan Menentukan Budget Renovasi

Sebaiknya lakukan riset mengenai konstruksi awal, kawasan rumah, lingkungan sekitar, dan aspek lainnya dengan jasa konsultan handal. Biasanya para ahli tersebut akan merekomendasikan cara terbaik untuk meminimalkan budget berdasarkan desain yang telah diajukan sebelumnya. Hal ini juga menghindarkan pemilik rumah dari kesalahan teknis lapangan karena kurangnya perhitungan.

2. Tetapkan Konsep Renovasi Bertahap

Meski sudah yakin memiliki dana yang cukup untuk merenovasi rumah, jangan sekalipun mengikuti ego pribadi untuk langsung merombak habis rumah. Pertimbangkan kembali tip renovasi rumah dengan konsep bertahap untuk meminimalisir biaya yang tidak diperlukan. Keuntungan melakukan renovasi bertahap yakni pemilik rumah tidak harus mengeluarkan biaya tambahan menyewa rumah lain untuk ditinggali selama rumah direnovasi.

Baca juga Inilah Kesalahan Biaya Renovasi Rumah Di Kampung Yang Perlu Dihindari

Konsep renovasi bertahap juga mengajarkan pemilik rumah untuk bisa fokus menangani bagian-bagian penting rumah yang ingin dirubah. Hal tersebut juga dapat meminimalisir kesalahan dalam pembangunan dan bisa ditangani dengan cepat dan tepat. Untuk memilih ruangan mana yang terlebih dahulu direnovasi bisa dikonsultasikan dengan ahli agar dapat mengurangi gangguan selama beraktifitas di dalam rumah.

3. Pilih Pekerja dan Kontraktor yang Tepat

Menentukan pekerja dan kontraktor yang tepat butuh kesabaran ekstra, sebab komponen ini paling berperan dalam hal renovasi rumah. Sehingga penting bagi pemilik rumah untuk lebih selektif mencarinya. Jangan lupa juga negosiasikan harga dan aturan main sebelum rumah direnovasi karena setiap pekerja memiliki standar yang berbeda. Kesepakatan antara dua pihak sangat ditentukan pada tahap ini.

4. Persiapkan Bahan Bangunan Sebelum Pekerjaan Dimulai

Kendala yang paling sering dijumpai saat seseorang akan melakukan renovasi rumah adalah estimasi waktu yang meleset karena pasokan bahan bangunan tersendat. Kondisi tidak terduga seperti ini yang menjadi pemicu pembengkakan biaya. Tip renovasi rumah agar terhindar dari permasalahan tersebut adalah dengan mempersiapkan bahan bangunan sebelum pekerjaan dimulai.

Kesalahan seperti memulai pekerjaan terlebih dahulu dengan material seadanya untuk menghemat sama sekali bukan hal yang baik, malah dapat memicu biaya yang lebih besar. Jika hal tersebut tidak ingin terjadi, persiapkan segalanya dari awal. Komunikasikan pemilihan bahan serta perhitungannya dengan kontraktor dan tukang agar ketika pengerjaan berlangsung material yang ada mencukupi dan tepat waktu.

Baca juga Simak, Cara Renovasi Rumah Tua Menjadi Bagus

5. Atur Waktu Pengerjaan yang Tepat

Mengatur waktu renovasi sering diabaikan para pemilik rumah padahal sangat berpengaruh dan menentukan, apakah hasil pembangunan renovasi berjalan tepat atau tidak. Penetapan waktu pengerjaan ini juga harus dikomunikasikan sejak awal dengan kontraktor. Sebaiknya lakukan renovasi rumah ketika musim panas tiba, sebab intensitas hujan jauh lebih rendah sehingga pengerjaan berjalan tanpa hambatan yang berarti.

Merenovasi rumah bukan hanya sekedar planning yang baru bisa diwujudkan ketika baru memiliki banyak uang. Ketika budget yang tersedia pas-pasan pun bisa asal pemilik rumah menerapkan kerja cerdas untuk mengatur semuanya sedemikian rupa. Tidak hanya itu saja, tip renovasi rumah di atas bisa diikuti apabila ingin membangun hunian impian dengan budget minim yang lebih menguntungkan.

****

tips renovasi budget hemat

Temukan Berbagai macam Rekomendasi jasa renovasi rumah terbaik dan terlengkap di BikinRumah.co.id. Dapatkan Pula desain rumah dengan berbagai macam model bangunan yang bisa kamu pilih.

Yang menarik untuk Kamu bisa memperolah penawaran harga menarik jasa bangun rumah untuk 1 lantai dan bangun rumah mewah 2 lantai dari Aryana Cipta Properti – Jasa Kontraktor Design Arsitek

Hanya di BikinRumah.co.id yang memberikan kemudahan dalam memilih jasa kontraktor handal berpengalaman menjadi tugas utama memagang teguh amanah dan kejelasan dalam pekerjaan disertai jaminan garansi .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 - BikinRumah.co.id