Cara Membuat Kusen dari Baja Ringan

Memiliki hunian dengan tampilan menarik dan mewah, memang impian setiap orang. Dalam rangka menjadikan rumah tampak bagus, Anda harus mengetahui cara membuat kusen dari baja ringan. Mengingat penggunaan kusen ini sangat berpengaruh penting dalam segi tampilan pintu / jendela.

Apa Itu Kusen?

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Kini kusen telah muncul dengan berbagai macam bentuk serta variasi yang sangat menarik. Menjadikan tampilan rumah tampak lebih estetik dan juga elegan. Bahkan bahan dasarnya pun bisa customer pilih sesuai dengan keinginan.

Ada yang terbuat dari logam aluminium, uPVC atau bahkan baja ringan yang telah banyak dikenal sebagai bahan paling kuat. Bentuknya pun juga bervariasi, sehingga tampilan rumah menjadi lebih menarik dan tidak monoton. Kusen sendiri memiliki fungsinya sendiri sebagai aksen tambahan.

Cara Membuat Kusen dari Baja Ringan

Kusen mempunyai fungsi, yaitu sebagai salah satu tempat letaknya daun pintu dan juga jendela. Selain itu, kusen sendiri juga berguna untuk dapat menyekat dinding bangunan maupun pemisah antar ruangan di dalam rumah. Itulah mengapa banyak customer yang memilih bahan menarik.

Hal yang Harus Anda Perhatikan saat Membuat Kusen dari Baja Ringan

Pada umumnya, cara membuat kusen yang terbuat dari baja ringan perlu sebuah ketelitian dan juga kesabaran. Itu karena dalam proses pembuatannya, membutuhkan proses pengukuran, pemotongan menggunakan alat khusus dan juga pemasangan yang tidak bisa sembarangan orang lakukan.

Dalam hal ini tentu saja, Anda membutuhkan pihak jasa yang mampu melayani pembuatan kusen ini. Utarakan saja kusen apa yang diinginkan, entah itu kusen pintu atau bahkan jendela sekali pun. Lalu ada baiknya tentukan dan lihat desainnya dulu, biasanya pihak jasa memiliki contoh yang sudah jadi.

Pada dasarnya, syarat sebelum melakukan pembuatan kusen itu ada berbagai macam. Seperti konstruksi sambungan rangka kusennya harus rapat, rangkanya berbentuk siku dan rata. Lalu usahakan telinga kusen memiliki panjang selebar rangka kusen dan masih banyak lagi lainnya.

Kelebihan Dalam Pembuatan dan Penggunaan Kusen Baja Ringan

Ada begitu banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam memilih untuk melakukan pembuatan kusen yang terbuat dari baja ringan. Mengingat bahannya yang terlihat cukup sempurna sebagai tempat letaknya daun pintu atau jendela. Berikut ada beberapa kelebihan kusen baja ringan:

  1. Bahannya Terkenal Karena Kokoh

Kelebihan penggunaan kusen yang terbuat dari baja ringan, yaitu bahannya sudah terkenal karena kokoh. Di era modern seperti sekarang ini, sudah banyak sekali yang menggunakan kusen berbahan baja seperti ini. Selain bahannya kuat, desainnya juga terlihat berbeda daripada penggunaan kayu.

Bila Anda bandingkan dengan kayu, tentu saja baja ringan akan terlihat lebih kuat karena memang bahannya tidak mudah lapuk. Bahan satu ini juga tidak akan merambatkan api serta tahan terhadap karat. Proses pembuatannya pun juga tidak cukup ribet, bisa buat sendiri atau minta bantuan jasa.

  1. Tingkat Ketahanan Kusen Baja Ringan

Bila Anda bandingkan dengan kayu, kusen bahan baja ringan jauh lebih bagus. Daya tahan kayu itu memang bervariasi, namun tergantung jenisnya. Jika kualitasnya bagus, seperti misalnya saja kayu jati. Maka kusennya juga pasti akan semakin awet dan tahan lama walau sudah bertahun – tahun.

Sedangkan untuk penggunaan baja ringan pada kusen rumah, bahan satu ini sudah banyak diklaim orang sebagai salah satu material yang paling kuat dan juga tahan karat serta tahan terhadap api. Jadi, kusen rumah Anda tidak akan lapuk. Lebih tepatnya tingkat keawetannya sangatlah baik.

Baca juga Desain Ruko 2 Lantai Terbaik di 2021

  1. Cara Pembuatan Kusen Baja Ringan

Kelebihan dari penggunaan kusen baja ringan, yaitu cara pembuatannya yang sangat bervariasi. Akan tetapi, semuanya tergantung pada setiap orang. Ingin membuat kusennya sendiri atau justru meminta bantuan kepada pihak jasa. Proses pembuatannya bisa diikuti dan sudah banyak tutorialnya.

Itulah mengapa proses pembuatan kusen baja ringan ini terbilang sangat bervariasi, karena pada dasarnya Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Asalkan bahannya ada dan peralatannya juga memadai. Jikalau tidak cukup alat untuk membuatnya, lebih baik meminta bantuan pihak jasa.

  1. Desain Kusen Baja Ringan

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan kusen baja ringan, yaitu desainnya yang sangat menarik. meskipun bahan ini termasuk material yang tidak mudah untuk diukir dan juga bahannya terkesan kaku.

Akan tetapi, tampilan dari kusen baja ringan ini sangatlah elegan dan terlihat mewah daripada kusen kayu. Desainnya sederhana tanpa model apa pun, namun berkat bahan dasarnya menjadikan tampilan kusen tersebut mengkilap. Itulah mengapa rumah minimalis banyak yang menggunakannya.

Dari sekian banyaknya pembahasan mengenai cara membuat kusen dari baja ringan di atas. Intinya, jika Anda ingin melakukan pembuatan kusen baja ringan. Satu hal penting adalah memiliki bahan dan alat pendukungnya. Jikalau tidak memilikinya, lebih baik mintalah bantuan dari pihak jasa kontraktor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat