Denah Rumah Tinggal 1 Lantai Modern dan Nyaman

Memiliki rumah dengan desain minimalis dan menarik, memang idaman setiap orang. Bahkan kini telah banyak beredar referensi gambar denah rumah tinggal 1 lantai yang mampu menarik perhatian klien. Walaupun hanya satu lantai saja, akan tetapi desainnya tidak kalah menarik dengan 2 lantai.

Apa Itu Denah Rumah Tinggal Secara Umum?

Pada dasarnya, denah rumah tinggal atau biasanya banyak orang sebut sebagai floor plan merupakan skala diagram dalam suatu ruangan atau bahkan bangunan yang tampaknya dari bagian atas. Jadi, Anda bisa dengan mudah melihat ruangan apa saja yang berada di dalam bangunan itu.

Secara umum, denah rumah tinggal ini bisa menggambarkan keseluruhan dari bagian bangunan tertentu yang terbentuk ke dalam satu lantai bangunan atau bahkan ruangan. Denah ini juga tergantung dari berapa jumlah lantainya, jika 2 lantai maka akan terbentuk menjadi dua sekat.

Denah Rumah Tinggal 1 Lantai

Di dalam denah rumah tinggal tersebut, isinya mencakup ukuran setiap bangunannya, perabotan yang terdapat di dalamnya, atau bahkan apa pun yang sebenarnya ada dalam sebuah bangunan pada umumnya. Desain setiap denah juga akan mengikuti keinginan dari si klien ingin 1 atau 2 lantai.

Cara Membuat Denah Rumah Tinggal 1 Lantai

Sebelum melaksanakan proses pembangunan rumah, denah menjadi salah satu hal yang harus Anda buat terlebih dahulu. mengingat di dalamnya mencakup ukuran setiap sisi bangunan, jumlah ruangan sesuai keinginan dan perabotan lain yang ada. Berikut ada cara membuat denah rumahnya.

  1. Kumpulkan Berbagai Referensi Anda Dari Internet

Di era digital seperti sekarang ini, bisa Anda manfaatkan untuk mencari bahan referensi denah rumah tinggal 1 lantai. Biasanya di internet ada begitu banyak sekali gambaran denah menarik yang bisa dibuat contoh. setengahnya lagi bisa merenovasikan sesuai keinginan sendiri, agar lebih kreatif.

Membuat denah rumah itu terkadang mudah, namun juga sulit. Susahnya ketika ingin membuat desain denah dengan model minimalis dengan ukuran bangunan yang tidak begitu lebar. Lalu juga ingin mempunyai ruangan pribadi. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mencari referensi terlebih dulu.

  1. Membuat Beberapa Daftar Terkait Aktivitas Rumahan

Cara membuat denah rumah tinggal 1 lantai selanjutnya, yaitu dengan membuat beberapa rentetan daftar aktivitas yang biasanya selalu Anda lakukan di rumah / hendak dilakukan. Seperti misalnya saja memiliki pekerjaan yang mengharuskan selalu di rumah, jadi harus bisa memiliki ruang usaha.

Buatlah ruang usaha sendiri yang sekiranya memiliki luas sesuai dengan keinginan dan tidak memotong ukuran dari ruangan lainnya. Dalam tahapan ini, nantinya Anda akan mengeliminasikan atua bahkan menggabungkan beberapa ruang agar kesannya lebih efisien serta tidak memenuhi rumah.

  1. Dengan Menentukan Model Dari Rumah Idaman

Cara selanjutnya, yaitu dengan menentukan model rumah idaman Anda. Di sini telah dipastikan membuat denah rumah tinggal dengan satu lantai. Jadi, gambar saja denah yang sekiranya mencakup banyak ruangan yang memang perlu. Jangan membuat ruang yang tidak terlalu penting.

Seperti misalnya gudang, walaupun kadang ruang gudang berguna untuk menyimpan barang tidak perlu. Akan tetapi, untuk rumah 1 lantai akan lebih tidak perlu ada. Supaya tidak memenuhi bangunan dan tidak membuat ruang lain terpotong karena gudang, lebih baik buat ruang penting lebih lebar.

Baca juga Ruang Usaha Jogja, Cara Membuat Ruangan Supaya Nyaman

  1. Mempelajari Standar Ukuran Dari Suatu Bangunan / Ruang

Kemudian, Anda juga harus mempelajari berapa standar ukuran dari setiap ruang dalam bangunan sebelum membuat denah rumahnya. Supaya hasil dari proses pembangunannya nanti bisa sesuai dengan ekspektasi. Tidak kurang atau bahkan tidak terlalu lebih, semuanya memberikan hasil pas.

Anda bisa melakukan riset kecil terkait kebutuhan ruangan yang biasanya bangunan butuhkan. Mulai saja dari standar ukuran di setiap ruangannya sampai dengan berbagai macam kebutuhan mendasar lain. Pelajari juga, ruang yang hendak dibuat itu penting atau tidak. Jika tidak, maka jangan membuat.

  1. Memastikan dan Menentukan Jumlah Ruangan Dalam Bangunan

Selanjutnya, Anda bisa menentukan jumlah ruangan dari dalam bangunan rumah tinggal 1 lantai tersebut. membuat denah itu sudah harus melakukan rencana secara matang, apalagi dalam hal ini customer melakukan proses pembangunannya secara pribadi walau terbantu oleh jasa.

Bukannya menyewa atau mengontrak, jadi sebelum membuat denah rumah tinggal satu lantai. Ada baiknya Anda menentukan jumlah ruangan yang sebenarnya ingin terealisasi. Dengan begitu, pihak tukang bangunan tidak akan bingung dalam membangun. Berikan informasinya secara detail.

  1. Membuat Denah Paling Dasar

Cara membuat denah rumah tinggal satu lantai juga memerlukan pembuatan denah dasar. Dalam tahapan ini, Anda akan membuat zonasi serta diagram hubungan antar suatu ruang. Biasanya komponen ini bentuknya hanya berupa garis sederhana.

Lebih tepatnya, hanya memainkan garis tebal dan juga tipis saja. Walaupun kesannya terlihat sederhana, akan tetapi denah dasar satu ini akan sangat berguna. Itu karena manfaatnya untuk bisa mendapatkan gambaran secara kasar dari struktur bangunan.

Itulah beberapa penjelasan secara detail, mengenai cara membuat denah rumah tinggal 1 lantai dengan langkah mudah. Anda bisa mengikuti berbagai langkah di atas atau menggunakan jasa kontraktor jogja supaya bisa menciptakan desain denah yang sesuai dengan keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat