Jasa Desain Rumah dan Interior

Memakai jasa desain rumah memang sejatinya akan membuat Anda mengeluarkan dana tambahan. Kendati demikian Anda akan memperoleh banyak keuntungan salah satunya adalah pengeluaran bisa lebih hemat.

Apakah masuk akal? Padahal biaya desain rumah sendiri akan menambah pengeluaran, bagaimana bisa membuat pengeluaran kita jadi hemat?

Ada 5 hal penting yang harus Anda ketahui dari jasa design rumah. Salah satunya dengan mengetahui apa saja keuntungan menggunakan mereka dalam proyek bikin rumah Anda.

Simak beberapa keuntungan memakai jasa desain rumah berikut, dan ketahui pentingnya memakai jasa ini:

5 Alasan Kenapa Kita Harus Memakai Jasa Desain Rumah 

5 Hal yang perlu anda ketahui tentang jasa design rumah
5 Hal yang perlu anda ketahui tentang jasa design rumah

Biaya desain rumah tergolong bisa mahal bisa juga murah. Ada yang mematok harga Rp 50.000 per m2, ada juga yang Rp 100.000 per m2. Dana yang dihabiskan bisa sampai jutaan hingga puluhan juta (tergantung kebutuhan).

Lalu apa saja alasan kita harus memakai jasa dsain rumah? Bisakah benar-benar membuat pengeluaran kita menjadi lebih hemat?

2. Ukuran Tanah Anda Bisa dibuat Seefisien Mungkin, Mau Itu Luas atau Sempit 

Jasa desain rumah bisa menentukan desain yang sesuai dengan luas lahan Anda, lingkungan sekitar, dan arah pencahayaan.

Hasilnya, rumah bisa ditinggali dengan nyaman, bisa mendirikan rumah mewah meski di lahan sempit, atau mendirikan rumah mewah dengan memanfaatkan lahan luas dengan seefisien mungkin.

2. Penyedia Jasa Bisa Membantu Anda Memberikan Solusi Jika Anda Tak Memiliki Ide atau Bingung Mau Membuat Desain Bagaimana 

Anda bisa melakukan request tertentu pada jasa bersangkutan, bisa juga menyerahkan semua tugas desain pada arsiteknya.

Setelah gambarnya jadi, Anda bisa menyetujui atau meminta digambar ulang (revisi) dengan desain yang baru. Selagi bangunannya belum dibangun, carilah ide sebanyak-banyaknya sampai menemukan ide yang tepat.

3. Seorang Jasa Desain Akan Ikut Terlibat dalam Pembangunan, Mereka akan Mengawasi Proses Pembangunan Supaya Rumah yang dibangun Nanti Sesuai Gambar 

Kalian tak hanya memperoleh gambar saja, tapi juga pengawasan dalam prosss pembangunan. Biasanya layanan ini diberikan oleh jasa desain profesional, tidak semuanya memberikan layanan ini.

Mereka akan mengawasi dari awal rumah dibangun hingga selesai dibangun, jadi Anda tak perlu repot-repot mengarahkan para tukang.

4. Jika Anda Memakai Jasa Desain Rumah, Harga Jual Rumah Nanti Bakal Jauh Lebih Tinggi 

Teruntuk Anda yang suatu hari nanti ingin menjual rumah, memakai jasa desain bisa membantu harga penjualan menjadi lebih tinggi.

Ini dikarenakan mereka paham betul soal eksterior, interior dan kondisi lingkungan dimana rumah dibangun. Alias tidak asal-asalan bangunan rumah, jadi nilai jualnya pun tidak main-main.

5. Harga Material Bisa Menjadi Lebih Murah Jika Memakai Jasa Desain Rumah 

Koneksi seorang arsitek itu luas, mereka tahu segala macam tentang bangun-membangun serta material yang terlibat.

Mereka bisa membantu Anda menemukan harga material yang murah tapi tetap berkualitas. Atau kalau tidak begitu, mereka menyediakan bahan material satu paket dengan jasa desain yang mereka miliki.

Adapula jasa desain yang satu paket dengan jasa kontraktor, dan material-materialnya. Salah satu contohnya adalah jasa kontraktor BikinRumah.co.id

Langkah-Langkah atau Tahapan dari Jasa Desain Rumah 

tahapan perencanaan design rumah
tahapan perencanaan design rumah

Kami akan menjabarkan bagaimana proses desain rumah dibuat. Pembuatan desain rumah paling baik jika melibatkan 2 orang (klien dan owner jasa), karena pembuatan desain harus mengikuti permintaan klien dan mendapatkan persetujuan darinya. Tujuannya agar hasilnya nanti sesuai dengan kebutuhan klien.

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatannya:

Langkah 1: Kesepakatan Kerja Antara Jasa Desain dan Klien

Kesepatakan kerja adalah kesepakatan yang telah ditentukan antara pihak designer dan klien. Kesepakatan ini berisi: lama pengerjaan proses desain rumah, produk atau gambar yang ditawarkan, berapa kali gambar boleh direvisi, dan biayanya.

Jika kedua belah pihak sudah saling setuju, langkah selanjutnya lanjut ke tahap pengumpulan data-datanya.

Langkah 2: Menginput Data Lahan dan Kondisi Eksisting

Eksisting adalah data-data yang dicari untuk mengetahui kondisi fisik tapak, keadaan lingkungan pada tapak, batas-batas tapak dan potensi yang ada pada tapak. Setelah memperoleh semua informasi ini, kita bisa mulai membuat denah rumah dan membuat zonasi.

Zonasi sendiri adalah pembagian ruang berdasarkan fungsi ruang, contohnya zonasi untuk area ruang publik, area semi privat, are privat dan area servis. Setelah zonasi dibuat, selanjutnya kita akan mengumpulkan data untuk membuat denah rumah.

Langkah 3: Menentukan Besaran dan Kebutuhan Ruang yang Sesuai dengan Lahan

Anda bisa membuat luas sebuah ruangan sesuai dengan keinginan Anda, tapi bila jumlah luasnya terbatas, maka kami akan membuatkan masing-masing luas ruangan sesuai dengan luas tanah yang Anda miliki saat itu.

Jika luas tanah tidak mencukupi untuk melengkapi ruangan yang biasa dimiliki sebuah rumah, maka kami akan memberikan solusi, misal dengan membangun rumah lantai dua, atau meminimalisir keberadaan sekat dalam rumah atau menggunakan furnitur multifungsi supaya rumah yang sempit tetap terasa luas.

Langkah 4: Mulai Membuat Zonasi dan Denah Rumah

Di atas kita telah memperoleh data-data untuk membuat zonasi dan denah, kita juga telah mendapatkan luas rumah dan masing-masing ruangannya, selanjutnya kita bisa membuat  gambar denahnya dengan bantuin informasi di atas.

Denah adalah inti dari sebuah desain bangunan. Biasanya yang diberikan kepada klien adalah versi draft denah, ia sendiri berisi informasi dimensi, dan hubungan antar ruang (simpelnya dijabarkan seperti itu).

Draft denah bisa direvisi beberapa kali sesuai permintaan klien. Di sini klien juga bisa memberikan masukan tentang konfigurasi ruang yang diinginkan.

Setelah memperoleh draft denah yang diinginkan, dia akan dijadikan acuan untuk pembuatan gambar 3 dimensi eksterior.

Langkah 5: Membuat 3 Dimensi Eksterior

Di tahap ini pihak jasa desain rumah membuat gambar bangunan yang bisa dilihat secara 3D. Anda bisa melihat bagian depan rumah, samping rumah, atap rumah dan belakang rumah.

Jika ada yang tidak sesuai, kalian boleh revisi beberapa kali di tahap ini sampai menemukan desain 3D yang sesuai.

Langkah 6: Render Gambar

Apa itu Render Gambar? Ia adalah proses yang bertujuan untuk memperoleh visualisasi gambar yang realistis. Prosesnya cukup memakan waktu lama, untuk mempersingkat waktu biasanya jasa desain akan memberikan render versi preview dan render versi final.

Kalau render preview gambarnya sudah tampak nyata hanya saja visualnya kurang tajam. Setidaknya setelah melihat preview, Anda bisa melihat gambaran seperti apa rumah Anda setelah jadi nanti.

Sementara render final kualitas gambar sangat tajam mirip seperti kamera yang menangkap gambar rumah yang sudah selesai dibangun.

Langkah 7: Proses Membuat Gambar Kerja

Fungsi dari gambar kerja ini digunakan sebagai acuan pembangunan. Ia berisi keterangan dimensi ruang dan bangunan, deskripsi material serta keterangan elevasi.

Kebanyakan para klien memesan jasa desain rumah sampai di sini saja. Sampai di tahap ini juga kalian sudah memperoleh barang yang kalian perlukan. Tapi jika masih ingin lanjut, ada 2 tahap lagi yang bisa Anda manfaatkan dari jasa desain gambar.

Langkah 8: Membuat Desain untuk Interior Rumah Anda

Langkah di atas belum mencakup desain interior, perlu dipahami dengan baik, desain interior ini berkaitan dengan furnitur, peletakan lemari, tempat tidur, meja belajar, lantai rumah, dan yang berkaitan dengan interior lainnya.

Biaya jasa desain interior lebih mahal dibanding eksterior. Ini dikarenakan pengerjaannya lebih rumit dan lebih detail dibanding eksterior.

Langkah 9: Pembuatan RAB (Rencana Anggaran Biaya)

RAB memiliki fungsi sebagai alat kontrol untuk budget pembangunan. Kelebihan RAB, Anda bisa menyesuaikan budget dengan material dan jasa yang Anda peroleh nanti.

Atau dengan RAB, Anda bisa melihat gambaran besar jumlah material yang dikeluarkan dan biayanya.

Ini adalah proses terakhir dari pembuatan desain rumah (jika kalian sampai pada tahap ini).

Berapa Lama Jasa Desain Rumah Selesai Mendesain Rumah?

biaya yang dibutuhkan memakai jasa design rumah
biaya yang dibutuhkan memakai jasa design rumah

Umumnya, waktu yang dibutuhkan arsitek mendesain rumah adalah 2-5 bulan. Tapi kembali lagi tergantung seberapa kompleks bangunan yang dibuat. Bisa jadi nanti prosesnya lebih sebentar atau malah lebih lama.

Kebanyakan alasan kenapa desain rumah lama dibuat adalah karena banyaknya proses revisi. Untuk waktu yang dibutuhkan untuk menggambar sendiri normalnya memerlukan waktu segini:

  1. Proses gambar denah dan pembuatan zonasi membutuhkan waktu sekitar 1 hari (jika pengumpulan datanya sudah lengkap, maka proses gambar pun tidak membutuhkan waktu lama)
  2. Proses pembuatan gambar 3D membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari. Bisa lebih lama jika bangunan yang dibuat besar
  3. Proses render gambar untuk tampilan biasa-biasa saja memakan waktu kurang dari 1 hari. Tapi bila ingin hasil gambar yang lebih tajam, maka harus menunggu waktu lebih lama lagi
  4. Proses pembuatan gambar kerja bisa memakan waktu 3-4 hari, tegantung kerumitan bangunan
  5. Proses pembuatan desain interior biasanya memakan waktu 1-2 hari tanpa revisi
  6. Proses pembuatan gambar kerja biasa memakan wkatu 2-3 hari atau lebih

Yang lama itu mengumpulkan data-datanya, lalu terlalu banyak revisi. Proses desain gambar pun jadinya ikut lama.

Biaya Menggunakan Jasa Desain Rumah yang murah 

Kita tidak bisa langsung menentukan berapa biaya yang dihabiskan untuk desain rumah jika tak mengetahui detail-detail rumah seperti: luas bangunan, kerumitan desain, dan kondisi lingkungan yang ada di sana.

Jika ingin tahu detail harganya, Anda bisa langsung konsultasi pada pihak jasa desain pilihan Anda. Di sini kita hanya akan mencari tahu cara menghitung biaya jasa desain yang umum berlaku di Indonesia.

Per Meter 

Cara menghitung biaya jasa desain pertama adalah dengan menghitung luas rumah Anda. Makin luas bangunan Anda, maka makin mahal biayanya. Biaya jasa desain per meter sendiri kebanyakan dibanderol dari harga Rp 100.000 sampai Rp 1.000.000. Harga tersebut sudah mendapatkan jasa desain yang profesional, aslinya ada yang lebih murah lagi.

Semakin tinggi jam terbang seorang arsitek, makin banyak pengelaman yang dimiliki, maka makin mahal pula harganya.

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) 

Cara menghitung biaya jasa desain rumah berikutnya menggunakan sistem yang diikuti oleh seluruh arsitek di dunia. Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) secara resmi mengeluarkan tabel honorarium sebagai patokan biaya jasa desain.

Tabel tersebut memuat, anggaran yang dimiliki klien dan biaya arsitek yang ditunjukkan dalam presentase. Biaya arsitek dibedakan oleh kategori bangunan, di tabel tersebut ada 5 jenis kategori bangunan. Simak daftar kategori bangunannya sebagai berikut:

  • Kategori Bangunan Khusus: merupakan bangunan milik pemerintah
  • Kategori Bangunan Sosial: tempat peribadatan (masjid, gereja, dan lain-lain), rumah yatim, rumah penampungan, bangunan pelayanan masyarakat dan semua bangunan di atas ukuran maksimalnya adalah 250 m2
  • Bangunan Kategori 1: asrama, hotel, gudang, bengkel, lahan parkir, hunian tidak bertingkat dan bangunan lain dengan tingkat kesulitan kecil
  • Bangunan Kategori 2: komplek perumahan, apartemen, pabrik, gardu pembangkit listrik, restoran, kantor, stasiun, bioskop, auditorium, rumah jompo, klinik umum, stadium, kolam renang, dan bangunan lain yang memiliki tingkat kesulitan menengah
  • Bangunan Kategori 3: rumah pribadi, hotel, bandara, ruang konser, galeri, istana, laboratorium, pusat penelitian, rumah sakit, tempat peribadatan dengan luas lebih dari 250 m2 dan bangunan yang memiliki tingkat kesulitan tinggi

Apabila bangunan yang Anda buat adalah rumah pribadi, maka Anda masuk dalam kategori bangunan 3.

Setelah itu untuk memperoleh berapa biaya jasa desain, Anda cukup mengkalikan dana anggaran Anda serta presentase biaya dari kategori 3.

All In One

Maksud dari biaya all in one ini adalah, Anda cukup membayar satu kali untuk memperoleh jasa kontraktor, jasa desain atau arsitek dan material bangunan yang dibutuhkan. Pengeluaran biasanya lebih hemat, karena kebanyakan jasa yang menggabung jasa kontraktor dan jasa arsitek menjadi satu, maka jasa arsitek akan dibuat gratis.

Dengan sayarat, Anda menggunakan jasa kontraktor sipil dari mereka.

Jika Anda mencari seperti itu, Saya memiliki saran jasa untuk Anda. Dia adalah BikinRumah.co.id

Jenis layanannya all in one, hanya dengan satu jasa, Anda memperoleh kontraktor, arsitek dan material secara bersamaan. Kapan lagi mendapatkan jasa desain rumah yang gratis?

Cari Jasa Desain Rumah Jogja Berkualitas ? BikinRumah.co.id Jawabannya 

jasa design rumah jogja gratis
jasa design rumah jogja gratis

BikinRumah.co.id tak hanya menawarkan jasa desain rumah saja. Mereka adalah sebuah perusahaan yang digerakkan anak bangsa yang memuat banyak layanan kontraktor dan jasa design jogja.

Mulai dari:

  • Kontraktor sipil
  • Kontraktor elektrikal
  • Jasa kontraktor jembatan
  • Kontraktor kolam renang
  • Kontraktor hotel
  • Kontraktor kantor
  • Jasa desain interior

Jika Anda memilih BikinRumah.co.id sebagai jasa kontraktor dalam proyek Anda, Anda akan mendapatkan beberapa kelebihan ini:

Mendapatkan Jasa Desain Gratis

Darimulai denah, gambar 3D, hingga render, semua gratis untuk Anda. Syaratnya kalian menggunakan jasa kontraktor yang sama dari perusahaan kami.

Mendapatkan Jasa Desain Interior Gratis

Tak hanya bagian eksterior saja yang gratis, desain interior pun bisa kalian dapatkan secara cuma-cuma bila memenuhi syarat yang kami tentukan.

Mendapatkan Material dan Tukang yang Profesional

Tukang yang kami kerjakan sudah sangat ahli di bidangnya. Material pun berkualitas di samping harganya yang miring. Jika Anda ingin melihat hasil kerja atau portofolio kami, bisa lihat di situs BikinRumah.co.id pada halaman depan.

Gratis Konsultasi Area Jogja dan Sekitarnya

Meskipun di sini Anda belum sah bekerja sama dengan BikinRumah.co.id, tapi Anda sudah bisa merasakan salah satu layanan gratisnya, yaitu konsultasi. Anda dapat menjangkaunya melalui kontak WhatsApp.

Tanyakan saja hal-hal yang mengganjal di otak Anda, kami akan menjawab sekaligus memberikan masukan-masukan yang sekiranya membantu. Pastikan semuanya masih terkait soal bangun-membangun.

Biaya Jasa Terbilang Tidak Mahal Tidak Juga Murah

Harganya terbilang standar. Hitungannya memakai metode per meter. Untuk bangunan rumah 1 lantai, dihargai Rp 3.000.000 per m2. Harga tersebut sudah termasuk tukang dan material, dan gratis jasa desain.

Harga tersebut juga bisa murah lagi, tergantung bangunannya nanti.

Supaya makin jelas, sebaiknya Anda langsung menghubungi customer service BikinRumah.co.id saja dulu.

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat