Rincian Jasa Kontraktor Bangunan di Jogja

Bangunan bisa berbentuk banyak hal, misalnya rumah, gedung apartemen, kantor, toko, hotel, villa, sekolah dan masih banyak lagi. Membangun sesuatu (rumah, apartemen, villa, hotel dan lain-lain), merupakan proses rumit yang melibatkan pengetahuan mengenai desain arsitektur, peraturan zonasi, kode bangunan, serta elemen konstruksi dasar.

Dengan kata lain, dalam proses pembangunan, kita akan memerlukan bantuan dari kontraktor arsitektur, kontraktor sipil, kontraktor mekanikal, dan kontraktor elektrikal.

Mengingat kontraktor dibagi kedalam beberapa bidang, Anda dapat memilih salah satu jenis jasa sesuai dengan bidang yang Anda perlukan. Beberapa bidang kontraktor bangunan di jogja itu seperti:

jasa kontraktor bangunan di jogja berkualitas

Kontraktor Arsitektural : Tugas yang digeluti sama dengan tugas arsitektur pada umumnya. Mereka hadir dalam tahap perancangan rumah sampai tahap pengawasan pembangunan

Kontraktor Elektrikal : Segala hal yang ada kaitannya dengan instalasi listrik, bisa dikerjakan oleh kontraktor ini. Mereka bisa mengatur sistem jaringan listrik, jaringan komunikasi, daya listrik cadangan, sistem pembangkit listrik dan penangkal petir.

Kontraktor Mekanikal : Tugasnya meliputi kepada pemasangan fasilitas-fasilitas teknologi, misalnya pemasangan AC, instalasi lift, eskalator, sistem perpipaan, hingga pengaliran migas.

Kontraktor Sipil : kontraktor ini difokuskan pada segala pekerjaan yang terkait dengan fasilitas umum, misalnya pembangunan jembatan, jalan tol, pelabuhan, jalan raya, stasiun kereta dan lain-lain. Mereka berperan dari mulai pembangunan, perawatan sampai penghancuran fasilitas-fasilitas umum.

Untuk jenis kontraktor bangunan sendiri, ia masuk dalam kategori kontraktor umum (General Kontraktor). Anda dapat menemukan jasa ini dimana saja. Mereka melayani proses dari hanya berbentuk sebidang tanah kosong, menjadi sebuah gedung indah yang pondasinya membumi kuat di tanah.

Tentang Jasa Kontraktor Bangunan di Jogja

Kontraktor ini masuk ke dalam jenis kontraktor umum. Beberapa kontraktor umum mengkhususkan diri pada jenis konstruksi tertentu, seperti renovasi atau penyesuaian interior.

Sementara pengertian atau definisi dari Kontraktor Bangunan adalah orang yang telah menandatangani atau orang yang menawarkan untuk masuk ke dalam perjanjian/kontrak di bawah pengawasan badan hukum, dimana orang tersebut melaksanakan pekerjaan bangunan, dan mengatur pekerjaan bangunan yang akan dilakukan.

Pengertian yang lebih mudah dipahami, kontraktor bangunan adalah orang yang membangun dan mengatur pekerjaan bangunan. Karena disini memakai embel-embel kontraktor, jadi sebelum orang ini bekerja harus ada kontrak tertulis dahulu.

Tidak seperti pemborong, yang mana perjanjiannya hanya diutarakan secara lisan, serta tidak memiliki badan hukum.

Kontraktor bangunan bersifat resmi, lebih terpercaya untuk jenis pekerjaan yang butuh banyak perencanaan. Dengan memilih kontraktor, Anda bisa lebih merasa tenang, karena jasa ini sudah dipastikan ilegal dan diakui negara.

Tugas-Tugas Kontraktor Pembangunan di jogja

Ini adalah tugas umum kontraktor bangunan maupun kontraktor umum:

  • Memperkirakan biaya bahan serta tenaga kerja
  • Mempekerjakan dan mengelola subkontraktor
  • Mengkoordinasi pekerjaan subkontraktor
  • Memastikan jadwal pekerjaan terpenuhi
  • Dan mengawasi seluruh proses konstruksi

Biasanya dalam satu kontraktor, tersedia jasa desain juga atau arsitek. Dia juga bisa bertugas sebagai perancang pembangunan, membuat gambar dan pengawas saat konstruksi mulai dijalankan.

Jenis Subkontraktor yang Ada di dalam Kontraktor Pembangunan

Kontraktor adalah badan usaha. Mereka masih dibagi-bagi lebih kecil lagi menjadi subkontraktor, hal ini berguna untuk pembagian tugas-tugas supaya lebih merata. Selain itu, hasil pekerjaan sesuai dengan bidang keahlian masing-masing tukang.

Di dalam kontraktor, terbagi beberapa jenis subkontraktor. Hal ini meliputi:

> Instalasi Sistem Keamanan: subkontraktor ini bertugas mengatur peletakan lokasi terbaik kamera pengawas, serta mengetahui jenis sistem keamanan yang lain.

>HVAC : subkontraktor ini spesialis di bidang ventilasi, penyejuk udara maupun pemanas.

>Kabel Listrik : tugas-tugasnya meliputi melakukan pengubahan pada jenis pemutus dan stop kontak, menentukan jumlah stop kontak di rumah, mengatur penempatannya, dan instalasi listrik untuk segala kebutuhan lainnya.

>Plumbing : sub kontraktor atau tukang ledeng jenis ini bertugas mengatur dan memasang semua pipa di rumah. Baik untuk pipa air atau pipa pembuang kotoran atau drainase

>Teknologi : ini pilihan yang optional. Bagi Anda yang ingin membangun rumah atau bangunan lain yang pintar, berteknologi tinggi, Anda bisa memakai subkontraktor pada bidang tugas ini.

>Pondasi : yang membuat sebuah bangunan bisa berdiri tegak adalah pondasinya. Membuat pondasi memiliki beberapa aturan, tak hanya menganut desain rumah saja, tapi juga melihat jenis tanah, kedalaman muka tanah, dan kualitas timbunan. Kita butuh sub kontraktor profesional untuk tugas semacam ini.

>Drywall : membuat dinding rumah juga ada jenis tukangnya sendiri. Dibutuhkan seorang spesialis untuk memastikan bahwa jahitan dan lesung pipit dari sekrup drywall tidak terlihat.

>Masonry : atau tukang batu. Kita butuh tukang yang mampu meletakkan pola dan potongan rumit pada batu interior dan eksterior. Kita membutuhkan keterampilan khusus agar konstruksi tahan lembab dan kencang.

>Beton : spesialis ini memastikan beton yang kita gunakan di rumah memiliki konsistensi yang tepat, aditif yang tepat, dan hasil akhir yang tepat.

>Atap : dari mulai jenis atap genteng, panel surya, aspal, agregat datar, baja karet, dan jenis atap yang lain, dibutuhkan spesialis yang jago soal kebutuhan jenis atap berdasarkan kebutuhan dan paham bagaimana cara pemasangannya.

>Countertops : kita juga butuh orang yang memiliki keterampilan memasang lempengan granit tanpa retak dan memasang Formica dengan bagus.

>Ubin Keramik : para profesional memiliki pengetahuan luas soal ubin, mereka tahu soal jenis ubin, nat, perekat, dan bagaimana pemasangan yang terbaik di area tertentu rumah Anda. Selain ubin keramik, ada juga subkontraktor yang melayani pemasangan lantai kayu.

>Pengecatan dan Pelapisan Dinding : orang yang ahli di bidang ini, memiliki alat untuk menyiapkan permukaan untuk pengecatan, mereka juga mengetahui bagaimana melakukan perawatan bertekstur ke dinding.

>Tukang Kayu : kusen jendela butuh kayu, pintu terbuat dari kayu, dan hal-hal yang ada hubungannya dengan pertukangan kayu lainnya.

Masing-masing memiliki tugas dan bidang sendiri-sendiri. Jika Anda menyewa subkontraktor ini satu per satu, mungkin hasil bangunan bakal jadi lebih bagus dan profesional. Tapi itu akan memakan biaya.

Jadi langsung gunakan  jasa kontraktor bangunan. Maka kita bisa mendapatkan semua subkontraktor ini, tak terkecuali juga kontraktor arsitektur.

Badan Hukum Kontraktor Bangunan

Dengan mengenal dasar hukum perusahaan konstruksi, Anda bisa lebih dimudahkan soal mencapai kesepakatan. Selain itu, jika nantinya ada masalah, kita bisa membawa masalah tersebut ke jalur hukum untuk mencari solusi pemecahan.

Pasal 1 Angka 4 UU 18/1999. Pasal ini mengatur soal kualifikasi syarat-syarat sertifikasi yang wajib dimiliki suatu jasa konstruksi. Dengan kata lain, sebelum sebuah jasa kontraktor dikatakan legal, ada langkah tidak mudah untuk mengurus surat legalitas mereka.

Pasal 25 UU 18/1999. Pada pasal ini, kita bisa menggugat perusahaan kontraktor jika bangunan yang didirikan mengalami kegagalan akibat material bangunan yang dipakai tidak berkualitas, atau tidak bisa berfungsi dengan baik. Anda bisa menggugat perusahaan kontraktor jika kegagalan konstruksi Anda terjadi paling lama pada usia bangunan 10 tahun sejak penyerahan akhir pekerjaan konstruksi.

Pasal 38 UU 18/1999. Kita bisa menuntut perusahaan konstruksi untuk mengeluarkan biaya atau melakukan tindakan tertentu jika kita merasa dirugikan oleh hasil kerja mereka.

Pasal 47 UU 28/2002. Jika ada orang atau badan yang karena kelalaiannya melanggar undang-undang, yang mana kelalaian itu  mengakibatkan bangunan tidak layak fungsi. Pada kasus tersebut, kita juga bisa memidanakannya dalam bentuk denda atau kurungan.

Dan masih ada beberapa lagi peraturan undang-undang yang mengatur soal kontraktor, misalnya: UU No. 8 Tahun 1999, Pasal 4 huruf b UU 8/1999 dan 45 UU 8/1999.

Adapun undang-undang yang mengatur badan usaha konstruksi, berikut di antaranya:

  1. Undang – Undang nomor 4 Tahun 1992 tentang Perumahan dan Permukiman
  2. Undang – Undang nomor 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi (“UU 18/1999”)
  3. Undang – Undang nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung (“UU 28/2002”)

Jadi memilih kontraktor bangunan adalah pilihan terbaik membangun rumah/apartemen/kantor/mall dan lain-lain. Dikarenakan mereka memiliki badan hukum, profesional dan bisa digugat dan diminta pertanggung jawabannya jika hasil kerja tidak sesuai dengan kontrak.

Tertarik memakai kontraktor bangunan? Berikut ini adalah beberapa layanan yang mereka tawarkan. Siapa tahu di beberapa layanan ini, ada yang sedang Anda cari.

Baca juga Mengenal Jasa Kontraktor : Kumpulan Pertanyaan dan Jawabannya

Apa saja Layanan Kontraktor Bangunan Jogja

Layanan utama dari badan usaha ini adalah membangun suatu jenis bangunan. Membangun dari yang bukan apa-apa menjadi hunian yang mewah nan nyaman. Ada juga yang melayani pembangunan yang sudah berjalan. Seperti mengambil alih tugas dari kontraktor lain untuk dikerjakan kontraktor yang baru.

Lebih jelasnya, simak beragam layanan kontraktor bangunan berikut:

Membuat Konstruksi Baru 

Pada jenis layanan ini, klien atau Anda, dapat memanggil jasa kontraktor untuk membuat rancangan desain dari yang Anda inginkan. Kita bisa membuat bangunan yang sesuai dengan apa yang kita inginkan melalui layanan ini.

Nantinya, seorang arsitektur akan mendesain, lalu kontraktor akan membangun. Anda bisa mencari jasa arsitektur sendiri dan jasa kontraktor sendiri. Namun terkadang, jasa kontraktor umum memberikan layanan desain-bangun dalam satu jasanya.

Layanan Proyek Turnkey 

Turnkey cocok dipakai oleh Anda yang tidak memiliki modal awal untuk membuat rumah. Proyek ini ada kaitannya dengan cara pembayaran. Yang kita kenal selama ini, ada 2 jenis pembayaran, yaitu termin (bertahap) dan pembayaran yang dilakukan perbulan.

Kedua jenis pembayaran tersebut mengharuskan Anda melakukan pembayaran di awal pekerjaan konstruksi. Namun untuk proyek Turnkey bisa dilakukan di akhir. Sederhananya, jika bangunan sudah jadi, barulah kita melakukan pembayaran. Jadi seluruh biaya pembangunan, biaya tukang, biaya material, semuanya ditanggung oleh kontraktor. Kalau sudah jadi, bangunan tadi bisa kita beli atau jual ke orang lain. Namun saat ini agak sulit menemukan kontraktor yang menawarkan layanan ini.

Layanan Perbaikan 

Perbaikan ini bisa mencakup tempat parkir, berteduh, penerangan, perbaikan lokasi, memperbaiki listrik, saluran pembuangan, perbaikan gas, kabel, drainase air, dan sebagainya.

Jadi tidak melulu harus pembangunan dari awal hingga akhir. Perbaikan-perbaikan kecil seperti itu pun bisa Anda selesaikan dengan memanggil kontraktor.

Renovasi 

Kita bisa merobohkan bangunan lama lalu membuat bangunan baru. Atau memperbaiki bagian-bagian kecil bangunan agar terasa lebih baru. Intinya adalah berbagai tugas renovasi bisa dikerjakan oleh jasa kontraktor bangunan.

Desain Interior dan Perlengkapan Interior 

Anda bisa mengatur desain bersama para kontraktor ini. Melalui bantuan arsitektur, kalian akan diberikan sebuah desain 3D desain interior, lalu secara bertahap dibuatkan denah lokasi penempatan penataan barang, dan untuk perusahaan kontraktor, mereka akan memberikan layanan  perlengkapan properti untuk interior Anda.

Mengambil Alih Proyek yang Sudah Berjalan 

Memiliki bangunan yang terbengkalai, atau tidak cocok dengan kontraktor sebelumnya? Anda bisa mengganti kontraktor baru yang lebih profesional lagi.

Sayangnya, melanjutkan proyek yang sudah berjalan ada tantangan tersendiri karena biasanya akan keluar dari jalur. Cukup sulit menemukan kontraktor yang tepat. Anda harus pintar-pintar mencari kontraktor bangunan terbaik.

5 Jenis Konstruksi Bangunan 

Sudah memiliki bayangan ingin membuat bangunan apa? Sebuah bangunan harus terdiri dari struktur, lantai, dinding, dan atap. Tentu saja bangunan yang kita buat memiliki semua ini. Namun coba jabarkan lebih spesifik lagi, misalnya konstruksi yang diinginkan. Jika Anda bingung, coba simak informasi ini agar tahu jenis-jenis konstruksi bangunan yang sering digunakan.

Ada konstruksi bangunan tahan api, konstruksi biasa, ada juga yang tipe kayu. Pilihlah sesuai kebutuhan dan jenis bangunan yang Anda ingin buat. Berikut adalah beberapa jenis konstruksi bangunan:

Konstruksi Tahan Api Tipe I (lA dan IB) 

Apabila Anda memakai jenis konstruksi ini, bagian-bagian konstruksi seperti dinding, atap, partisi, kolom, dan lantai, akan memakai bahan-bahan tahan api, atau yang membutuhkan waktu lama untuk api memakan material bersangkutan.

Biasanya, bangunan dengan jenis ini, tidak memiliki ventilasi, karena atapnya dibuat agar tidak mudah terbakar. Selain itu, bangunan yang memakai tipe ini biasanya bangunan yang memiliki ketinggian lebih dari 75 kaki.

Konstruksi Tipe II Tidak Mudah Terbakar (llA dan llB) 

Konteks kalimat ‘Tahan Api’ dan ‘Tidak Mudah Terbakar’ itu berbeda. Pada tipe ini, bangunan lebih mudah terbakar dibanding tipe sebelumnya. Namun mereka tetap memakai material lantai, dinding, partisi, atap, dan kolom yang tidak mudah terbakar.

Contoh konstruksi ini adalah bangunan sekolah yang masih baru atau bangunan-bangunan yang biasa memiliki lantai logam, atap logam dan dinding batu bata atau pelat miring. Jika suatu hari terbakar, bangunan tetap bisa mempertahankan agar strukturnya tidak runtuh.

Konstruksi Tipe Biasa lll

Jenis ini memakai konstruksi dinding bata, atap kayu yang tidak terlindungi oleh api. Seluruh kerangka interior, seperti rangka, langit-langit, lantai, semuanya mudah terbakar. Contoh konstruksi seperti ini adalah rumah Anda.

Konstruksi Tipe Kayu Berat IV 

Bagian dinding eksterior dan elemen interior tidak mudah terbakar. Padahal tipe konstruksi ini memakai bahan dasar kayu? Tapi kenapa bisa tidak mudah terbakar? Selain itu dia juga tidak mudah runtuh. Kok bisa?

Ini dikarenakan massa strukturnya. Selain itu agar bisa disebut konstruksi tipe IV, kita harus memenuhi persyaratan dimensi kayu, minimalnya kolom kayu, gelagar, dan balok memiliki ketebalan 8 inci, kemudian papan berat untuk lantai dan atap setidaknya setebal 6 inci.

Konstruksi Tipe Rangka Kayu V

Pada tipe ini, bangunan yang memakai kerangka kayu lebih mudah terbakar. Bagian eksterior mudah terbakar, interior juga mudah terbakar. Kebakaran memang tidak terjadi pada setiap rumah, jika kita bisa menjaga rumah dengan baik, seharusnya tidak ada kebakaran. Di samping itu, tipe jenis ini sering dijumpai pada rumah-rumah modern. 

Jadi intinya, tiap bangunan memiliki jenis konstruksi sendiri-sendiri. Jika Anda membangun gedung bertingkat, atau apartemen, gunakanlah bahan yang tahan api, tapi jika membuat rumah, tidak masalah memakai tipe bangunan V.

Masih ada banyak lagi jenis konstruksi dalam pembangunan. Lebih lengkapnya, Anda bisa bertanya langsung kepada pihak kontraktor pilihan Anda.

Namun pertanyaannya, sudahkah Anda memiliki jasa kontraktor bangunan? Jika belum, Anda dapat memakai jasa kontraktor dari BikinRumah.co.id

Kami melayani semua jenis pembangunan, harga terjangkau, dan hasilnya selalu memuaskan. Mulai gratis dengan konsultasi!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat