Kontraktor Gudang dengan Beragam Jenis

Di era modern seperti sekarang ini, semakin banyak gudang umum yang tersebar di seluruh Indonesia. Biasanya dalam proses pembangunannya melibatkan bantuan kontraktor gudang. Funsgi dari gudang tersebut seringkali sebagai tempat untuk menyimpan berbagai macam barang.

Berbagai Macam Jenis Bangunan dari Kontraktor Gudang

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa gudang pada umumnya merupakan tempat untuk dapat menyimpan berbagai macam barang. Misalnya saja barang kiriman yang kemudian masih akan melalui tahapan penyortiran. Apa pun fungsi dan manfaatnya, gudang tersebut terbagi menjadi :

Kontraktor Gudang

  1. Gudang Khusus Penyimpanan Bahan Baku

Salah satu jenis gudang yang seringkali dijumpai, yaitu gudang khusus untuk menyimpan bahan baku. Biasanya tempat ini akan digunakan untuk menyimpan bahan setelah proses produksinya selesai. Jadi, letak gudang dengan tempat produksinya akan berdekatan supaya bisa terjangkau.

Gudang khusus untuk menyimpan bahan baku ini, biasanya akan menyimpan berbagai macam bahan baku pada umumnya. Seperti misalnya saja karet, bahan baku material beton, biji besi, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan menyimpan baha bakunya, supaya lebih tertata dan mudah ditemukan.

  1. Tempat Gudang Khusus Penyimpanan Barang Setengah Jadi

Selain itu, masih ada jenis gudang lain yang tidak kalah pentingnya dalam dunia perbisnisan. Gudang ini adalah tempat khusus untuk menyimpan barang setengah jadi. Maksud dari tempat ini, yaitu gudang yang dipergunakan sebagai penyimpanan barang yang masih dalam proses manufaktur.

Menurut informasi lengkapnya, biaya sewa di gudang / tempat penyimpanan barang setengah jadi ini cukup mahal. Itu karena memerlukan waktu dan juga tenaga yang sangat besar untuk melakukan aktivitas pelabelan di setiap barang yang akan masuk sebagai tanda atau label asli dari barangnya.

  1. Jenis Gudang Tempat Menyimpan Bahan Hasil Dari Produksi

Kemudian, ada jenis gudang atau tempat penyimpanan yang khusus untuk menyimpan bahan hasil dari produksi. Biasanya gudangsemacam ini akan menjadi sangat penting, karena untuk dapat mempersiapkan stok barang sebagai bentuk antisipasi / jaga – jaga jika ada permintaan customer.

Biasanya setiap penjualan, tidak menutup kemungkinan akan ada customer yang memesan / membeli lebih. Nah, fungsi dari gudang penyimpanan bahan hasil produksi ini adalah untuk menyimpan stok barangnya. Sistem pembayarannya, yaitu per minggu atau bahkan per bulan.

  1. Gudang Cross Docking

Untuk tempat penyimpanan satu ini, memiliki keterkaitan erat dengan jasa ekspedisi. Itu karena gudang cross docking ini merupakan gudang yang berfungsi untuk dapat memindahkan muatan dari satu truk ke truk lain. Jadi, cara kerjanya akan jauh lebih simpel dan lebih praktis serta tidak lelah.

Gudang cross docking ini terbilang yang paling efisien, karena fungsinya sendiri mampu membantu dalam proses pemindahan barang secara cepat dan juga akurat. Dengan begitu, lebih menghemat waktu dan tenaga. Sedangkan biaya sewanya juga lebih murah daripada jenis gudang yang lain.

Baca juga Perusahaan Besar Di Jogja: Kontraktor Terbaik BikinRumah.Co.Id

  1. Jenis Gudang / Tempat Penyimpanan Fulfillment

Gudang fulfillment ini akan berguna bagi Anda yang sedang mencari jenis tempat penyimpanan yang gunanya untuk melakukan proses reverse logistics. Gudang fulfillment adalah pilihan terbaik, manfaatnya sendiri adalah untuk dapat menyimpan berbagai macam barang yang akan di retur.

Biasanya gudang fulfillment ini akan berguna sebagai tempat untuk dapat melakukan pengecekan / pemeriksaan kembali terhadap berbagai macam barang retur sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mencari barang yang sebenarnya tidak layak kirim maupun rusak, kemudian memusnahkannya.

  1. Gudang Dengan Fungsi Sebagai Tempat Transhipment

Pada umumnya, jenis gudang satu ini tidak jauh berbeda dengan tempat penyimpanan bernama cross docking sebelumnya. Mengingat fungsinya adalah sebagai pusat transit dari berbagai barang yang nantinya akan pihak terkait kirimkan ke customer. Tentu saja sudah sesuai dengan alamatnya.

Gudang sebagai tempat transhipment ini sebenarnya adalah tempat penyimpanan barang yang memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Setelah barangnya telah melalui tahapan pembagian maupun proses sortir. Kemudian, barang pilihan tersebut sudah siap untuk dikirimkan kepada pihak customer.

  1. Gudang Pusat Distribusi

Sesuai dengan namanya, gudang / tempat penyimpanan satu ini memang berfungsi sebagai tempat distribusi. Tempat ini akan petugas gunakan untuk menyimpan berbagai macam jenis barang yang jangka waktunya tidak lama. Jadi, produk yang berasal dari pemasok akan tersimpan di gedung ini.

Pihak pemasok yang mengirimkan barangnya untuk bisa tersimpan di gedung distribusi ini. Setelah itu, pihak gedungnya akan mengirimnya berbagai macam barangnya ke tempat tujuan atau para pelanggan. Alurnya, menyimpan produk yang datang saat pagi lalu mendistribusikan malam hari.

Seperti itulah beberapa penjelasan, mengenai berbagai macam jenis gudang hasil buatan kontraktor gudang terbaik dan terpercaya. Sesuai dengan pembahasan di atas, kini Anda telah mengetahui bahwa tempat penyimpanan itu ada begitu banyak variasinya. Apalagi fungsinya juga berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat