Kontraktor Rumah dengan Tugas dan Tanggung Jawab

Tidak semua orang mampu mengurus hal dalam proses pembangunan hunian. Apalagi waktu mereka sangat terbatas untuk menghandle semua itu, oleh karenanya jasa kontraktor rumah ini akan sangat membantu mereka yang ingin memiliki rumah sesuai dengan keinginannya sendiri.

Mengenal Jasa Kontraktor Rumah

Dewasa ini, sebagian besar orang masih saja ada yang salah persepsi mengenai pengertian Jasa Kontraktor Rumah. Ada yang mengira, bahwa pekerjaan seorang kontraktor itu hanya berurusan dengan administrasi pembangunan saja. Terkait proses bangunan yang hendak dikerjakan tidak termasuk.

Padahal kenyataannya bukan seperti itu, tugas seorang Jasa Kontraktor Rumah itu sudah pasti berkaitan erat dengan pembangunan rumah.

Jadi, tidak hanya mengurus masalah administrasinya saja. Melainkan rancangan anggaran biaya pun juga menjadi tanggung jawab dari pihak perusahaan.

Jasa Kontraktor Rumah ini akan membantu Anda sepenuhnya dalam mewujudkan hunian impian. Apalagi bagi customer yang tidak bisa melakukan pembangunan sendiri atau bahkan mengurus hal lainnya.

Tentu saja jasa ini akan membantu semaksimal mungkin, termasuk pemilihan desain interior.

Seperti yang sudah Anda ketahui pada pembahasan sebelumnya, bahwa tugas dari Jasa Kontraktor Rumah itu tidak hanya mengurus masalah administrasinya saja. Melainkan semua hal yang berkaitan erat dengan pembangunan rumah. Namun, ada tugas umum lain yang harus customer ketahui.

  1. Melakukan Rencana Sesuai dengan Prosedur Serta Kesepakatan

Salah satu tugas umum dari Jasa Kontraktor Rumah, yaitu melakukan perencanaan sesuai dengan prosedur dan juga kesepakatan bersama.

Hal tersebut memang sudah seharusnya mereka lakukan, karena visi misinya adalah mewujudkan keinginan customer dalam membangun hunian impiannya.

Melakukan perencanaan ini, meliputi beberapa aspek seperti merencanakan desain interior atau bahkan bahan material yang nantinya akan pekerja gunakan saat proses pembangunan.

Perencanaan yang sesuai dengan kesepakatan ini sudah termasuk ke dalam SOP serta prosedur perusahaan kontraktor.

2. Melakukan Pelaporan Terkait Kemajuan Proyek Pembangunan

Selain itu, tugas Jasa Kontraktor Rumah selanjutnya adalah dengan melaporkan kemajuan proyek yang saat itu juga sedang berjalan. Hal tersebut sudah seharusnya mereka lakukan, terlebih lagi bagi seorang pekerja.

Jadi, harus melaporkan seluruh kegiatan yang mereka kerjakan kepada customer.

Biasanya laporan yang akan diberikan kepada customer, termasuk laporan dalam bentuk harian, minggu atau bahkan bulanan.

Itu karena proses pembangunannya sendiri pasti membutuhkan waktu yang cukup lama. Laporannya sendiri berisi proses kerja, jumlah tenaga kerja, tingkat kemajuan proyek / gangguan.

Baca juga Arsitek Jogja: Apa Saja Tugasnya?

3. Memastikan Bahwa Proyek Sudah Berjalan Sesuai dengan Jadwal

Tugas dari Jasa Kontraktor Rumah berikutnya, yaitu dengan memastikan bahwa proyek yang sedang berjalan saat itu juga sesuai dengan jadwal semestinya.

Hal tersebut berawal dari kesepakatan bersama, antara pihak perusahaan / jasa dengan customernya. Jadwalnya sesuai keinginan mereka.

Hal tersebut sangat perlu jasa lakukan, karena berkaitan langsung dengan biaya juga. Bila terjadi keterlambatan dalam melakukan pengerjaan proyek. Maka sebagai customer, tentu saja merasa dirugikan dan pasti memerlukan biaya tambahan. Namun, hal ini tidak terjadi jika jasanya terpercaya.

4. Mempersiapkan dan Menyediakan Berbagai Keperluan Bahan dan Alat

penentuan bahan bangunan
ilustrasi penentuan bahan bangunan

Tugas dari Jasa Kontraktor Rumah selain memastikan proyeknya berjalan sesuai jadwal, yaitu mempersiapkan dan juga menyediakan berbagai macam keperluan bahan serta alat pembangunan.

Tentu saja hal tersebut termasuk aspek yang sangat penting, karena menyangkut kualitas bangunan.

Selain itu, Jasa Kontraktor Rumah ini juga wajib untuk menyediakan tenaga kerja yang sudah profesional dalam bidangnya dan juga mumpuni untuk dapat mengerjakan pembangunan hunian sesuai keinginan customer.

Namun, ada baiknya Anda juga sesekali harus meninjau pekerjaannya.

5. Memastikan Bahwa Alat Pembangunannya dalam Kondisi Baik

Salah satu hal yang paling penting sebelum melakukan pembangunan hunian, yaitu dengan menggunakan alat serta bahan yang berkualitas.

Dari sinilah tugas Jasa Kontraktor Rumah, mereka harus memastikan bahwa alat yang digunakan sudah sesuai dan juga dalam kondisi yang cukup baik.

Dengan alat yang dalam keadaan baik / tidak rusak, maka proses pembangunan rumah juga pasti akan berjalan dengan lancar. Apalagi hal ini juga berkaitan erat dengan keselamatan para tenaga kerja.

Misalnya saja alat berat yang digunakan, jika rusak tentu saja akan terjadi kecelakaan kerja.

6. Memberikan Layanan Terbaik Kepada Customer

Dari berbagai macam tugas yang sudah seharusnya Jasa Kontraktor Rumah lakukan. Tugas paling umum dan menyangkut semuanya, yaitu pihak jasa harus selalu memberikan layanan terbaiknya.

Meskipun hasil pengerjaannya bagus, jika pelayanannya kepada klien buruk tentu ada nilai minusnya.

Oleh karena itu, sebagai Jasa Kontraktor Rumah itu harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada para customernya. Tidak hanya melalui hasil dari pembangunannya saja yang bagus, akan tetapi respon baik kepada klien juga sudah seharusnya mereka terapkan.

Itulah beberapa penjelasan secara singkat, namun bermanfaat mengenai tugas umum dari kontraktor rumah jogja. Sesuai dengan pembahasan di atas, kini Anda telah mengetahui bahwa tugas dari jasa tersebut tidak hanya memberikan pelayanan terbaik. Akan tetapi, menyangkut aspek lain juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat