Perbaikan Atap Bocor, 5 Cara dengan Mudah

Musim Hujan telah tiba, seringkali kita was was jika atap bocor dan bikin air menggenang di dalam rumah Anda. Jangan khawatir, ada kok cara untuk memperbaiki atap rumah anda yang bocor dengan mudah. Simak pembahasannya dari jasa perbaikan atap bocor jogja yang sudah terpercaya.

Kebocoran atap rumah kita tentu sangat mengganggu. Selain air menggenang di rumah kita, kebocoran atap biasa dapat merusak furnitur seperti lemari, kursi, dan furnitur kayu lainnya. Lingkungan rumah semakin tidak menyenangkan karena banyak blok di sudut rumah.

kadangkala air masuk melalui celah genteng yang sudah retak atau geser, pertama-tama mengalir di sepanjang langit-langit atau bilah untuk menemukan jalan di mana ada lubang tetesan di lantai

Sumber kebocoran berada beberapa sentimeter atau bahkan 2 meter dari tempat tetesan air itu menyentuh tanah. Temukan sumber kebocoran di siang hari. Anda bisa naik ke loteng rumah dengan membawa lampu atau senter. Hati-hati saat melakukan itu, waspadai keberadaan kabel listrik, mungkin ada sambungan kabel yang terbuka.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mematikan listrik di rumah Anda dengan mematikan sekring saat Anda memperbaiki atap yang bocor

Periode seperti itu tidak perlu terjadi jika Anda memahami bagaimana kebocoran atap dan hambatan lainnya diharapkan. Oleh karena itu, jangan pernah remehkan plafon bocor ini. Efeknya pasti bikin susah dan akan terasa tidak menyenangkan.

Berikut ini untuk mendapatkan gambaran bagaimana atap yang bocor dapat diperbaiki. Ini pasti akan membantu anda dikemudian hari seblum terjadi kebocoran. Berikut adalah beberapa tips tentang cara memperbaiki atap yang bocor:

5 Cara Perbaikan Atap Bocor dengan Mudah dilakukan sendiri

kebocoran pada genteng

1. Gunakan genteng tahan air bukan murahan

Perubahan cuaca tahunan tidak diragukan lagi dapat menyebabkan atap rumah kita cepat bocor. Untuk itu kita perlu mengecek atap secara rutin dan jangan lupa untuk mengaplikasikan waterproofing.

Apakah Anda tahu fungsi tahan air ini? Sederhananya, waterproofing membantu memperbaiki kebocoran di atap rumah dan menghilangkan masalah. Karena cat ini mengandung water repellent sehingga tidak memungkinkan masuknya air, sehingga atap yang bocor bisa diperbaiki dengan waterproofing.

2. Perhatikan derajat kemiringan atap.

Tujuannya agar air hujan langsung cepat ngalir ke bawah. Jika atap rumah sedikit miring dan rata, atap bisa bocor karena air hujan bisa melambat dan membentur beton. Untuk kemiringan atap memerlukan 30 – 40 derajat.

Tidak hanya itu, juga mengurangi sambungan atap karena dapat menyebabkan kebocoran. Aman untuk mengatur dengan hati-hati selama konstruksi.

3. Perbaiki Genteng Rumah yang Bergeser / mlorot

Hal tsb dapat menyebabkan atap rumah tidak sengaja terjadi. Jika demikian, Anda harus segera meletakkan ketidakpastian di tempat yang tepat. Langkah ini tak bisa dikerjakan mendadak, anda hanya perlu mengecek secara teratur.

Tidak ada salahnya mengecek atap secara rutin agar masalah tersebut bisa teratasi sejak dini, kan ?

4. Bersihkan selokan Talang yang kotor

seperti sisa-sisa daun yang meleleh, menghambat aliran air hujan. Bila ini terjadi, talang air jelas tidak bisa menyerap dan mengalirkan air dengan baik karena salurannya tersumbat.

Oleh karena itu, disarankan untuk membersihkan atap rumah sebelum musim hujan. Jangan lupa untuk membersihkan talang secara menyeluruh dan teratur!

5. Mengganti atap genteng yang retak atau hancur

Jika Anda pergi ke atap rumah Anda secara teratur, Anda mungkin tidak sengaja menginjak dan atap genteng akan retak. Kualitas telah menurun seiring berjalannya waktu, sehingga bukan tidak mungkin ubin retak atau pecah.

Namun, itu bisa dilupakan dan dibiarkan tak tergantikan. Yang sulit tentu saja saat hujan. Tiba-tiba, rintik hujan jatuh ke lantai rumah.

Dalam kasus seperti itu, segera ganti genteng jika rusak.

Baca Juga Cek Kebocoran Pipa Air dengan Mudah

Rekomendasi penutup plafon anti bocor terbaik

1. Polimer atau akrilik

Rekomendasi atap anti bocor pertama ini sangat populer. Cukup sikat atau gulung langit-langit yang ingin Anda tutupi. Bahannya sendiri merupakan bahan tahan air polimer atau akrilik dan banyak dijual dengan berbagai merk dalam bentuk cat anti bocor. Polimer yang lebih elastis biasanya digunakan sebagai penutup untuk atap dan sirap, dan akrilik lebih sering digunakan sebagai cat di dinding.

2. Semen / aditif cair

Atap anti bocor selanjutnya ini terbuat dari bahan penguat cair (aditif) yang mengandung campuran air dan semen. Bahannya beda, tapi fungsinya sama. Ini berarti membuat langit-langit dan beton kokoh dan tahan air.

Berbagai tipe plafon kekinian memakai bahan pelapis cat dengan kualitas terbaik sepertiAquaguard, Asana Proof, Pentens dan Supercement adalah contoh bahan atap berbahan dasar semen yang banyak digunakan.

Misalnya, kebocoran pada atap beton, asbes atau genteng yang disebabkan oleh retakan rambut, yang dapat diperbaiki dengan wire mesh dan waterproofing. Namun jika bagian retakan yang ditemukan lebih besar dari ukuran sehelai rambut, maka harus dibor dan diplester kembali

3. aspal Atap anti bocor utama dikenal sebagai Bitumen.

Tidak seperti dua penutup atap sebelumnya, aspal ini berbahan dasar aspal, yang semakin membatasi pilihan Anda. Oleh karena itu, beberapa model plafon modern menggunakan material ini sebagai penutup plafon.

Bitumen tersedia dalam bentuk pasta dan lembaran membran (gulungan), tetapi sangat disarankan agar pemasangannya sendiri dilakukan oleh spesialis.

Itulah cara perbaikan atap bocor secara sederhana, sebaiknya pengecekan dilakukan sebelum pada musim hujan, akan tetapi hal ini belum tentu juga anda bisa menemukan, mungkin jika anda tidak berhasil ada baiknya menggunakan jasa perbaikan atap yang bocor berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat