Cek Kebocoran Pipa Air dengan Mudah

Anda mungkin salah satu orang yang perlu mengetahui cara untuk cek kebocoran pipa karena beberapa keluhan. Salah satu keluhan yang seringkali dibicarakan adalah tagihan penggunaan air yang membengkak. Selain itu juga ada keluhan beberapa bagian rumah yang rusak akibat tetesan air secara terus menerus dari pipa yang bocor.

Langkah dan tindakan yang harus segera dilakukan adalah cek kebocoran pipa air rumah Anda. Untuk mengatasi tagihan air yang membengkak ataupun menyelamatkan bagian rumah Anda yang mulai rusak akibat kebocoran pipa.

Proses dalam mengecek kebocoran pipa bisa Anda lakukan secara mandiri terlebih dahulu. Karena Anda akan membutuhkan pengeluaran untuk biaya deteksi pipa bocor, baik dengan cara menghubungi pihak jasa langsung ataupun sewa alat deteksi kebocoran pipa air.

Biaya yang Anda keluarkan akan cukup banyak jika menghubungi jasa deteksi kebocoran air langsung sebelum mengeceknya secara mandiri.

Maka dari itu, Anda perlu memahami ulasan ini dengan baik agar bisa mengecek kebocoran pipa secara mandiri. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mulai kegiatan cek kebocoran pipa.

Cek Kebocoran Pipa Secara Mandiri dengan Mudah

Kegiatan cek pipa secara mandiri bisa Anda lakukan sesuai dengan mesin yang digunakan untuk menginstalasi sumber air bersih.

Setiap sumber air memiliki cara pemakaian dan penggunaan mesin yang berbeda-beda untuk menghasilkan instalasi air bersih. Berikut tiga macam mesin yang biasa masyarakat beserta cara mengecek kebocoran yang terjadi.

Cek Kebocoran Pipa pada Pompa Pressure Switch

cek kebocoran air pada pompa pressure switch

Sebagian besar orang yang menggunakan sumber air dari air sumur pada umumnya memakai pompa jenis Pressure Switch. Lalu bagaimana caranya agar Anda dapat mengetahui kebocoran yang terjadi?

Pada umumnya, masyarakat yang menggunakan sumber air sumur baik itu sumur dangkal maupun sumur dalam biasanya memakai control berupa pompa pressure switch. Namun, pemakaian pompa pressure switch juga bisa mengalami beberapa kendala.

Salah satu contoh permasalahan yang sering terjadi adalah seperti pada saat semua keran yang ada di rumah sudah ditutup.

Namun, pompa pressure switch tersebut tetap menyala sehingga Anda dapat menyimpulkan jika ada bagian pipa yang bocor.

Jika kebocoran yang terjadi pada pipa lumayan kecil, maka keadaan pompa pressure switch menyala dan mati secara berturut-turut dalam jangka waktu 5 menit.

Akan tetapi, jika kebocoran pada pipa lumayan besar maka pompa pressure switch akan menyala secara terus-menerus.

Namun Anda tidak perlu melakukan pembongkaran pipa air secara langsung, masih ada satu hal lagi yang perlu Anda lakukan.

Langkah yang perlu Anda lakukan sebelum mencari pipa yang bocor adalah dengan cara menutup stop keran.

Stop keran biasanya terletak di sebelah pompa pressure switch dan pada umumnya memiliki warna merah. Jika beberapa saat setelah Anda menutup stop keran tersebut pompa pressure switch tetap menyala, mungkin saja kebocoran yang ada terjadi pada bagian Valve.

Jika seperti itu, cek valve pressure switch sebelum memutuskan pengecekan pada bagian lain. Tetapi apabila stop keran telah dimatikan dan pompa pressure switch mati saat itu juga, maka kebocoran pipa air terjadi pada bagian lain.

Cek Kebocoran Pipa pada Pompa Flow Switch

kebocoran air pada flow switch

Selanjutnya pengecekan kebocoran pada pompa pendorong (booster) atau pompa flow switch. Untuk mengetahui adanya kebocoran pipa air, Anda harus memahami sistem kerja normal pompa ini, berikut sistem kerja pompa flow switch.

Pompa dengan flow switch atau pompa booster  tersambung dengan aliran listrik menggunakan stop kontak. Namun pompa jenis ini tidak akan menyala jika tidak ada keran air yang sedang menyala ataupun hidup di rumah Anda.

Ada dua keadaan saat pompa flow switch akan mati atau menyala. Keadaan yang pertama terjadi jika Anda menghidupkan salah satu ataupun semua keran air yang ada. Maka secara otomatis booster pompa akan menyala.

Pompa ini memiliki fungsi untuk mendorong aliran air agar lebih kencang mengalir dari penyimpanan air menuju keran air yang sedang Anda nyalakan.

Keadaan kedua terjadi saat Anda mematikan keran air. Pompa jenis flow switch ini secara otomatis juga akan mati jika tidak ada satupun keran air yang menyala.

Lalu apa tAnda-tAnda yang bisa Anda dapatkan setelah mengetahui sistem kerja pompa flow switch ini? Jika terjadi kebocoran pada pipa air maka pompa jenis ini akan menyala secara terus-menerus, walaupun semua keran air di rumah Anda dalam keadaan mati.

Baca Juga Pilih Jasa Konstruksi Baja Ringan Yogyakarta Profesional

Cek Kebocoran Pipa pada Meteran Air PDAM

cek meteran pdam

Cara mengecek kebocoran pada meteran air PDAM hampir sama halnya dengan pompa flow switch. Jika tidak ada penggunaan keran air, meteran air PDAM harusnya tidak berputar dan angkanya tidak bertambah.

Ada kebocoran jika Anda tidak menyalakan keran air namun meteran berputar dan angkanya bertambah.

Sulit sekali mengetahui ciri-ciri fisik terjadinya kebocoran pipa air pada pipa yang berada di dalam lantai ataupun tembok. Jika kebocoran terjadi dalam lantai maka air yang keluar secara terus-menerus akan terserap oleh lapisan tanah.

Namun Anda juga akan sulit mengetahui kebocoran yang terjadi pada pipa dalam tembok. Apalagi jika tembok Anda memiliki cat anti air yang sangat bagus atau terlapisi dengan keramik.

Saat ini sudah ada alat cek kebocoran pipa air yang berada di bawah lantai atau dalam tembok yaitu water leak detector. Cara kerjanya yaitu dengan cara memonitor sensor yang dapat mendeteksi lokasi kebocoran.

Jika alat ini mendekati lokasi kebocoran, maka pendeteksi akan mendengar bunyi yang cukup kecil dari headphone dan grafik pada monitor sedikit naik. Namun, jika alat detektor ini tepat mengenai bagian kebocoran, maka mikrofon akan mengeluarkan bunyi yang sangat kencang dan grafik pada monitor akan sangat tinggi.

Bagaimana, mudah bukan mendeteksi kebocoran pipa? Anda bisa mencoba cara di atas sebelum kebocoran yang terjadi semakin fatal. Demikian ulasan singkat mengenai cek kebocoran pipa air, semoga bermanfaat.

Antisipasi kebocoran air dirumah anda sebaiknya saat membangun rumah menggunakan jasa kontraktor jogja yang terpercaya, termasuk pemilihan pipa air yang bagus serta sistem plumbing supaya air tidak boros

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat