Langkah-langkah Renovasi Rumah 100 Juta yang Perlu Anda Terapkan

Pada dasarnya, anggaran untuk merenovasi rumah biasanya tidak ada batasnya. Akan tetapi, tidak ada salahnya apabila Anda menerapkan langkah-langkah renovasi rumah 100 juta. Dengan begitu, pembiayaan hunian tersebut lebih terencana sesuai anggarannya.

Renovasi Rumah 100 Juta yang Perlu Diperhatikan

renovasi rumah 100 juta

Merenovasi rumah bisa jadi solusi tepat apabila Anda ingin menambahkan ruangan atau memperbaiki bangunan yang sudah rusak di dalamnya. Dengan begitu, tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan dari hunian tersebut. Di bawah ini beberapa tips renovasinya:

  1. Buat Skala Prioritas

Apabila Anda ingin merenovasi rumah, maka jangan sampai tidak bisa mengontrol biaya pengeluarannya. Pasalnya, sangat penting untuk membuat skala prioritas. Oleh sebab itu, pastikan untuk menanamkan dalam pikiran bahwa tidak semua hal perlu terenovasi dalam satu waktu.

Contohnya saja di awal mempunyai tujuan untuk renovasi rumah satu kamar. Tentu tidak ada salahnya melakukan sesuai dengan rencana tersebut. Akan tetapi, terkadang tiba-tiba muncul godaan lainnya seperti ingin menambah beberapa furniture lainnya sehingga biaya akan membengkak.

  1. Hitung Biaya Tukang dengan Cermat

Setelah membuat skala prioritas, maka pastikan juga untuk menghitung biaya jasa tukang dengan cermat. Adapun jumlah tukang yang umumnya sangat perlu dalam proses renovasi rumah tersebut adalah sekitar 3-4 orang saja. Agar lebih murah, maka perhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

Terlebih, apabila rumah tersebut hanya terdiri dari satu lantai saja. Tentu jumlah tukang yang diperlukan tersebut akan jauh lebih sedikit sehingga proses renovasi tersebut hanya memerlukan biaya murah. Umumnya, biaya tukang tersebut perlu Anda bayarkan per harinya.

Baca juga Rekomendasi Jasa Renovasi Rumah Online 2022 – Terupdate

  1. Pakai Jasa Pemborong

Tidak ada salahnya juga apabila Anda ingin melakukan renovasi rumah dengan memanfaatkan jasa pemborong. Pahami terlebih dahulu bahwa kebanyakan penggunaan jasa pemborong tersebut jauh lebih murah daripada dengan jasa kontraktor pada umumnya.

Dengan begitu, tentu biaya yang ada tersebut akan jauh lebih murah. Meski begitu, tentu saja kualitasnya tidak kalah bagus. Akan tetapi, pastikan memilih jasa pemborong berpengalaman dan profesional agar hasilnya memuaskan dan sesuai keinginan.

  1. Pilih Sistem Upah Harian

Apabila Anda menggunakan jasa borongan, maka pastikan untuk memilih sistem upah harian Dengan begitu, setiap pekerja renovasi tersebut akan mendapatkan upah sesuai dengan jumlah hari saat mereka bekerja. Tentu saja sistem upahnya lebih terkontrol dan jelas.

Bukan tidak mungkin juga Anda bisa melakukan renovasi dengan biaya di bawah 100 juta sekalipun. Berbeda dengan sistem upah borongan. Umumnya, seseorang perlu membayar total biaya upah setelah menyepakatinya. Tentu saja perhitungannya tidak sejelas sistem upah harian sebelumnya.

Baca juga Inilah Kisaran Harga Borongan Renovasi Rumah Beserta Rinciannya

  1. Hitung Biaya Bangunan/Material

Setelah itu, sangat penting juga untuk membuat perencanaan saat membeli material bangunan yang ingin Anda gunakan nantinya. Akan tetapi, penting juga memahami dahulu bahwa dalam hal ini perlu melakukannya dengan kecermatan dan ketelitian.

Hal semacam ini tidak lain karena biaya material tersebut terbilang dapat sebagai biaya paling mahal daripada lainnya saat melakukan renovasi. Oleh sebab itu, jangan sampai ada kesalahan dalam menghitungnya. Pastikan perhitungan sudah tepat dan sesuai dengan budget Anda.

  1. Hindari Mengganti Semua Barang

Saat ingin merenovasi rumah, maka tidak seharusnya Anda perlu mengganti semua barangnya menjadi baru. Pasalnya, tidak mengapa apabila mencari perabotan ataupun aksesoris rumah yang masih bagus dan layak untuk menggunakannya. Baik itu meja, kursi, lemari, dan lain sebagainya.

Tentu saja, dengan menggunakan kembali barang yang sudah ada tersebut akan menghindarkan Anda kehilangan uang hanya untuk membeli produk baru saja. Oleh sebab itu, tentu akan lebih menghemat uang apabila ingin melakukan renovasi di bawah 100 juta sekalipun.

  1. Manfaatkan Barang Bekas

Apabila anggaran yang tersedia cukup terbatas, maka tidak ada salahnya untuk membeli produk bekas berkualitas. Tentu saja hal ini bukan termasuk pilihan buruk. Pasalnya, produk bekas akan terjual dengan harga jauh lebih miring dan pastinya terjangkau.

Dengan begitu, Anda sudah tidak perlu bergantung lagi dengan merek atau perusahaan tertentu. Pastikan untuk memilih barang alternatif sesuai dengan anggaran yang ada. Tidak ada salahnya juga untuk mencari produsen dengan harga promo atau murah.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa langkah renovasi rumah 100 juta. Proses renovasi ini tentu perlu Anda persiapkan dengan tepat agar nantinya tidak melebihi budget. Oleh sebab itu, pastikan menerapkan beberapa tipsnya seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 - BikinRumah.co.id