Cara Membuat Kolam Renang yang Mudah Untuk Pemula

Tidak sedikit orang yang ingin memiliki kolam renang pribadi. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengetahui bagaimana cara membuat kolam renang. Dalam proses pembuatan ini sendiri tentu ada banyak hal perlu Anda perhatikan. Mulai dari biaya, material, desain, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Membuat Kolam Renang Mudah dan Murah

cara membuat kolam renang yang mudah

Apakah Anda ingin membuat kolam renang pribadi di dalam rumah? Jika iya, maka sangat penting untuk mengetahui dahulu seperti apa proses dan cara pembuatannya. Selain itu, pastikan juga memanfaatkan jasa kontraktor berpengalaman agar hasilnya lebih memuaskan. Di bawah ini langkah-langkahnya:

  1. Tentukan Desain dan Ukuran

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan apabila ingin membuat kolam renang adalah dengan menentukan desain dan ukurannya. Proses pengukuran ini sendiri perlu dengan baik dan tepat. Dengan begitu, tidak akan mengganggu fungsi ruangan lain di dalam rumah nantinya.

Sangat penting juga untuk menentukan kedalaman kolam renang tersebut. Umumnya, kedalaman tersebut adalah 0,5-1 meter untuk anak-anak serta 1,5-2 meter untuk orang dewasa. Kemudian, tentukan juga desain kolam renang tersebut dengan matang.

  1. Mengajukan Izin Pembangunan

Selanjutnya, pastikan Anda mengajukan izin pembangunan kolam renang terlebih dahulu. Pasalnya, meski prosesnya berada di tanah milik pribadi, tetap saja perlu mengajukan izin kepada Pemerintah Daerah. Terlebih, terdapat beberapa syarat mengajukan pembangunan tersebut.

Untuk beberapa daerah sendiri pembangunan kolam renang akan terkena pajak tambahan. Dengan begitu, bisa saja Anda terdampak masalah jika sebelumnya tidak mengajukan izin pembangunan tersebut. Pasalnya, dapat dianggap sebagai salah satu tindakan dalam menghindari pajak.

Baca juga Kontraktor Jasa Pembuatan Kolam Renang Purwokerto Terbaik

  1. Penggalian Lahan

jasa buat kolam renang

Apabila sudah mendapatkan izin pembangunan, maka Anda sudah bisa melakukan proses penggalian lahan. Untuk proses ini sendiri dapat menyesuaikan dengan luas, lebar, sekaligus kedalamannya. Pastikan menyesuaikan dengan rencana awal yang sudah terdesain sebelumnya.

Sangat penting juga bagi Anda untuk membuat tanah galian tersebut sedatar mungkin di bagian dasar kolamnya. Usahakan juga membuat galian di bagian dasar serta dinding kolam renang sepadat mungkin. Tentu saja hal ini demi mempermudah proses pembangunan dinding dan lantai nantinya.

  1. Pasang Pipa, Rangka, dan Instalasi Listrik

mesin kolam renang

Langkah selanjutnya adalah dengan memasang pipa, rangka beton dinding, serta instalasi listrik. Umumnya, proses tersebut berawal dengan memasang rangka besi. Pastikan dalam proses pemasangannya ini benar-benar merata pada setiap lantai dasar dan sisi dinding kolamnya.

Setelah itu, pastikan pipa kolam renang dapat terpasang dengan baik. Dalam hal ini, sangat penting bagi Anda untuk menggunakan jasa tukang pipa air yang sudah berlisensi. Dengan begitu, pipa-pipa kolam renang dapat terpasang dengan baik dan tepat. Tambahkan juga instalasi listrik sebagai penerangannya.

  1. Proses Pelapisan Kolam Renang

Anda juga perlu melakukan proses pelapisan kolam renang. Umumnya, pelapisan tersebut menggunakan beton. Usahakan setiap sudut dan siis kolam renang dapat terlapisi dengan baik. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mencegah terjadinya air merembes karena lapisan tidak rapat.

Kemudian apabila lantai dan dinding kolam renang sudah terlapisi dengan baik, maka pastikan untuk memasang lapisan akhir yaitu keramik. Untuk jenis keramiknya sendiri dapat Anda pilih sesuai dengan budget masing-masing.

Baca juga Rekomendasi Jasa Kontraktor Kolam Renang Jogja yang Terbaik

  1. Pembuatan Pinggiran Kolam Renang

Apabila area kolam sudah terlapisi dengan baik, maka proses ini dapat dilanjutkan dengan membangun area luar kolam. Tidak lain yakni bagian pinggiran kolam renang. Umumnya, area tersebut akan dibentuk seperti bingkai. Tidak hanya itu, dibuat juga saluran air khusus.

Dengan begitu, akan memudahkan air dari cipratan kolam renang dapat langsung masuk dan terbuang dari saluran tersebut. Umumnya, pada proses ini dapat memanfaatkan berbagai jenis material. Mulai dari keramik, batu alam, kayu, dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Isi Kolam dengan Air

Ketika Anda sudah selesai dalam proses pembuatan pinggiran kolam renang, maka langkah selanjutnya adalah mengisi kolam dengan air. Ada baiknya untuk memanfaatkan instalasi pipa sehingga dapat mengisi kolam renang dari sistem air rumah.

Dengan begitu, akan lebih mudah apabila sewaktu-waktu menguras atau membersihkan kolam renang secara menyeluruh. Akan tetapi, tidak ada salahnya apabila membeli air dari perusahaan pemasok untuk mengisi kolam renang tersebut secara khusus.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa cara membuat kolam renang. Sekarang ini setiap orang dapat dengan mudah membuat kolam pribadi mereka sendiri di rumah. Dengan begitu, aktivitas berenang dapat Anda lakukan kapan saja sesuai keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 - BikinRumah.co.id