Ruko Jogja dan Tips Membangunnya

Berbicara mengenai usaha bisnis, setiap pebisnis pastilah memiliki rencananya sendiri. Seperti dengan menjual dari rumah, sewa tempat hingga membangun ruko. Untuk membangunnya, ada tips proses pembangunan ruko jogja yang bisa Anda contoh. Supaya hasil rukonya bisa sesuai keinginan.

Proses Pembuatan Ruko Jogja

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa setiap pebisnis apalagi yang masih pemula. Mereka memiliki caranya sendiri dalam memperdagangkan produk jualannya. Bahkan saat menginjak titik penjualan yang tertinggi, seringkali mereka pindah tempat. Seperti dengan sewa dan bangun.

Mereka akan melakukan dua hal tersebut, antara sewa dan membangun bangunan sesuai keinginannya. Namun, saat ini sudah banyak sekali pebisnis sukses yang lebih memilih membangun rukonya sendiri demi memperluas jangkauan pembeli. Akan tetapi, pertama harus mendesain dulu.

Ruko Jogja dan Tips Membangunnya
Ruko Jogja dan Tips Membangunnya

Anda pun bisa melakukan hal ini jika ingin membangun sebuah ruko untuk bisnis. Pertama, buatlah desain bangunan bersama BikinRumah.Co.Id. Pihak desainernya sendiri sudah sangat berpengalaman dan profesional. Biasanya para klien akan mereka beri rekomendasi desain terbaik.

Tips Dalam Membangun Ruko Terbaik

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, bahwa sebelum melakukan proses pembangunan ruko. Anda harus melalui tahapan pembuatan desain bangunannya terlebih dahulu. Supaya hasil rukonya nanti bisa sesuai dengan ekspektasi. Mengingat tukang bangunan akan mengikuti keinginan kliennya.

  1. Mengetahui Ukuran Ideal Dari Ruko

Salah satu tips terbaik bagi Anda yang hendak membangun sebuah ruko untuk bisnis, yaitu dengan mengetahui perkiraan ukurannya terlebih dahulu. Jikalau ukurannya sempit, tentu saja akan memengaruhi minat dari para pembeli. Tidak menutup kemungkinan, bila mereka merasa tidak nyaman.

Pastikan terlebih dahulu berapa ukuran yang ideal untuk ruko Anda. Kenali jenis bisnis yang dijalani, supaya penentuan ukurannya bisa berjalan lancar. Bisa juga meminta bantuan secara langsung dengan pihak perusahaan atau jasa kontraktor. Pihak desainer dari BikinRumah.Co.Id pun juga bisa.

  1. Membangun Ruko Lebih Menarik

Tips membangun ruko yang lebih menarik ini, artinya Anda harus berinisiatif membuat desain bangunannya tampak elegan dan mewah. Biasanya ruko itu selalu monoton, tidak ada nilai plusnya. Tentu saja hal tersebut akan memengaruhi tingkatan kenyamanan para customer yang berbelanja.

Apalagi jika rukonya terlihat sempit, karena banyaknya barang dagangan yang Anda jual. Jadi, untuk meminimalisir tampilan yang tidak enak dipandang. Cobalah untuk membuat bangunan tampak bersih atau bahkan rapi dan unik. Pilihlah jenis warna cat yang terang dan soft, agar kesannya bagus.

  1. Memilih Lokasi yang Strategis

Di mana – mana, setiap pebisnis yang ingin menjalankan usahanya supaya selalu laku. Tentu saja harus memilih lokasi penjualan yang strategis. Itu karena jika memilih tempat yang ramai orang kunjungi, bukan tidak mungkin jika barang dagangan akan banyak customer lirik dan dihampiri.

Itulah mengapa tips terbaik bagi Anda yang hendak membangun ruko, yaitu dengan memilih lokasi terbaik. Carilah sekiranya tempat ruko yang ramai orang lewat, seperti misalnya saja dekat dengan jalan raya besar. Sudah pasti akan ada banyak pembeli yang melirik dagangan dan datang ke ruko.

  1. Membangun Ruko Dengan Bentuk Menarik

Ada kaitannya dengan pembangunan ruko yang menarik sebelumnya, tips satu ini bisa Anda coba dengan berinisiatif membangun ruko dengan bentuk yang beda dari lainnya. Pada umumnya, ruko itu hanya berbentuk tingkatan dua atau tiga lalu ada bagian teras yang seringkali berisikan dagangan.

Nah, untuk mengatasi monoton dari desain ruko. Apalagi bentuknya yang sudah banyak pebisnis lain terapkan, cobalah Anda memikirkan ide bagaimana caranya bagian teras ruko memiliki desain bangunan yang lebih menjorok ke samping atau bisa memperluas ruangannya agar tampak lebar.

  1. Memerhatikan Batasan Jalan

Meskipun terkadang hal ini merupakan tugas dari perusahaan atau jasa kontraktor. Namun, tidak ada salahnya jika Anda yang memberitahukan kepada para tim / pekerja yang membangun ruko. Beritahukan bahwa untuk melakukan pembangunan, berikan batas dengan jalan raya sekitar 5 meter.

Hal tersebut merupakan bentuk antisipasi, karena tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada pelebaran jalan raya yang tidak tahu kapan akan terjadi. Jadi, untuk itu Anda harus berinisiatif juga memberitahukan kepada mereka. Supaya kesannya tidak terlihat menyempitkan lahan untuk ruko.

  1. Memerhatikan Tanah

Tips satu ini sama halnya ketika Anda membangun rumah di atas tanah hasil dari pembelian. Tentu saja bukan milik pribadi, jadi harus memiliki sertifikat dan lain sebagainya. Sama seperti sebelum melakukan pembangunan ruko untuk bisnis ini. Sertifikat tanah tentu harus punya untuk kepemilikan.

Jangan lupa juga untuk mengurus surat berharga lain yang berhubungan dengan bangunan. Ingatlah, bahwa tidak menutup kemungkinan jika nanti akan ada kegiatan pelebaran tanah di jalan raya. Bagi pebisnis yang membeli / menyewa ruko, biasanya mereka akan mengurus IMB sebagai administrasi.

Baca juga Jasa Renovasi Rumah Jogja Terbaik dan Terpercaya

  1. Memisahkan Bangunan Ruko Dengan Hunian

Tidak menutup kemungkinan, bahwa sekarang ini banyak sekali para pebisnis yang membangun ruko untuk usaha mereka namun berdampingan dengan hunian aslinya. Jadi, ruko bisnisnya berada di bawah. Sedangkan rumah ada di tingkat atas, hal tersebut boleh saja. Tapi perhatikan hal lain juga.

Jikalau Anda ingin mempunyai ruko yang nyaman untuk bisnis, Maka jangan sekali – kali menggabungkan lantai bisnis dengan hunian pribadi. Apalagi kenyamanan dalam berbelanja adalah nomor satu untuk customer. Pastikan lantai dasar menjadi ruko usaha dan tidak ada campur tangan hal pribadi.

  1. Menghindari Penggunaan Sekat Pada Ruko

Perlu Anda ketahui, bagi ruko yang sudah selesai dibangun. Supaya kesannya terlihat luas, walaupun aslinya tidka begitu lebar. Hindari penggunaan sekat di dalam ruko, karena justru akan mempersempit ruangan di dalamnya. Jadi, supaya rukonya lega dan lebar jangan pakai sekat.

Partisi atau bahkan sekat ini akan membuat ruangan ruko terlihat semakin sempit, sehingga customer tidak akan nyaman dalam berbelanja atau masuk ke dalamnya. Daripada menggunakan sekat, lebih baik Anda memakai partisi yang digunakan untuk ruangan vital yang butuh privasi cukup tinggi.

  1. Membangun Bangunan Ruko Dengan Konsep Minimalis

Salah satu proses paling penting sebelum membangun ruko, yaitu dengan mempersiapkan desain bangunannya terlebih dahulu. Itulah mengapa Anda harus memilih jasa desain terbaik, BikinRumah.Co.Id bisa jadi pilihan terbaik. Desainernya memiliki pengalaman yang cukup lama.

Tentu saja dengan pengalaman lama tersebut, mereka bisa membantu klien untuk membuatkan desain bangunan ruko yang menarik. Anda bisa mengajukan pembuatan desain ruko yang tampilannya minimalis, supaya kesannya terlihat mewah. Pihak desainer akan membuatnya bagus.

  1. Tidak Menggunakan Furniture Besar

Biasanya ruko untuk bisnis di zaman modern seperti sekarang ini, pihak pebisnis seringkali menambahkan furniture menarik lainnya supaya ruko terlihat bagus dan rapi. Namun, pemilihan barang tersebut tentu tidak boleh sembarangan. Apalagi ukuran juga termasuk hal sensitif.

Jikalau Anda ingin memperindah ruko dengan menambahkan furniture tambahan. Akan lebih baik untuk tidak meletakkan furniture dengan ukuran yang besar. Tentu saja akan merusak ukuran ruko. Selain terlihat sempit, tampilan ruangan ruko menjadi tidak rapi.

Itulah beberapa penjelasan secara detail, mengenai tips membangun ruko jogja. Dari pembahasan di atas, kini Anda telah mengetahui bahwa untuk melakukan pembangunan ruko itu ada caranya. Bahkan sebelum membangun, harus membuat desain dulu. BikinRumah.Co.Id bisa jadi pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat