Ingin Buat Kolam Renang? Ketahui 6 Hal Penting Tentang Kontraktor Kolam Renang

Anda ingin membuat kolam renang tapi tak tahu bagaimana cara membuatnya ? Jalan keluarnya tentu saja menggunakan kontraktor kolam renang. Dengan jasa ini, Anda cukup ongkang-ongkang kaki saja dan tinggal menunggu.

Beberapa bulan kemudian, kolamrenang pun jadi. Anda bisa menyelam di sana, bermain, atau sekadar dijadikan hiasan.

Bagi kalian yang masih awam terkait dunia ini, simak beberapa informasi seputar kontraktor kolam renang darimulai: harga kontraktor utk kolam renang, luas lahan minimal, lama dibuat, kedalaman yg ideal dan masih banyak lagi informasi lainnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Kontraktor Kolam Renang 

Sebelum itu, Anda harus tahu apa saja tugas dan tanggung jawab kontraktor. 1 hal yang wajib anda tahu, tugas kontraktor dimulai dari perencanaan pembangunan sampai bisa dipakai.

Segala hal terkait pembangunan kolam renang dari awal sampai akhir, dalam arti lain, dari yang hanya masih berupa dataran tanah, berubah menjadi kolam indah yang sudah terisi air. Pokoknya sudah siap digunakan (sudah terisi air).

Adapun tugas lain kontraktor kolam renang:

  • Membangun dari awal sampai bisa dipakai
  • Melakukan renovasi
  • Melayani jasa perbaikan (masalah apa saja)
  • Melakukan perawatan dan water treatment
  • Menyediakan peralatan dan aksesoris

Dan itulah tugas dan tanggung jawab kontraktor kolam renang. Bila ada masalah apa saja yang ada hubungannya dengan kolam renang seperti: pembuatan, kerusakan, perawatan dan lain-lain, Anda tinggal panggil saja jasa kontraktor ini.

Berapa Biaya Jasa Pembuatan Kolam Renang 2021 ? 

biaya jasa pembuatan kolam renang
foto : biaya jasa pembuatan kolam renang

Harga pembuatan kolam renang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Yang paling menonjol adalah faktor luas kolam yang ingin dibuat. Tiap jasa juga membanderol harga yang berbeda-beda, jadi tidak mudah mengetahui harga pasti membuat kolam renang.

Hanya saja, perhatikan beberapa faktor berikut ini karena mereka bisa menjadi penentu biaya pembuatannya:

4 Faktor yang Memengaruhi Biaya Pembuatan Kolam Renang

>Lokasi Pembuatan Memengaruhi Harga

Faktor jarak dan akomodasi dari jasa kontraktor yang Anda pilih juga memengaruhi harga. Makin jauh lokasinya, maka makin mahal harganya. Apalagi pembuatan kolam renang tidak cuma butuh waktu 1, 3, 4 hari jadi.

Selain itu untuk mengantar material-material bangunan juga bakal butuh waktu lebih lama jika jaraknya jauh. Jika mau berhemat, pilihlah jasa kontraktor yang dekat dari lokasi.

>Sistem Sirkulasi yang Anda Pilih Memengaruhi Harga

Setidaknya ada 3 jenis sistem kolam sirkulasi yang perlu Anda tahu. Ada sistem sirkulasi skimmer, sistem sirkulasi semi overflow dan sistem sirkulasi full overflow.

Sistem Sirkulasi Skimmer: Sirkulasi airnya berupa air disedot oleh pompa melalui main drain dan skimmer box, kemudian airnya akan menuju pompa filter, setelah dari filter air disalurkan lagi ke outlet.

Sistem ini sangat cocok dipakai untuk lahan kolam yang sempit.

Sistem Sirkulasi Semi Overflow: Pada sistem ini air akan ditumpahkan lewat gutter menuju balancing tank, lalu dari balancing tank air, kemudian disedot oleh pompa menuju filter setelah itu dialirkan ke outer.

Keberadaan gutter hanya dijadikan sebagai sisi saja, lalu ada ground tank yang berfungsi menampung air yang tumpah menuju gutter.

Sistem Sirkulasi Full Overflow: Gutter pada sistem full overflow dibuat mengelilingi kolam. Ini adalah sistem paling mahal dibanding 2 sistem yang lainnya.

>Mesin Pompa, Filter dan Aksesoris Pada Kolam Memengaruhi Harga

Makin besar suatu kolam renang, makin luas kolam renang, maka makin besar kubikasi air. Ini membuat mesin yang dibutuhkan pun besar juga. Beberapa material seperti mesin pompa, aksesoris kolam, lampu outlet, skimmer box, maintenance kit, semua itu butuh biaya.

>Biaya Konstruksi Kolam Renang Sangat Memengaruhi Harga

Biaya konstruksi ini meliputi banyak hal, darimulai menggali tanah, bekesting kolam (proses membentuk cetakan kolam renang), pembesian dan pengecoran, finishing , biaya untuk pemipaan, aksesoris, pompa dan pengaturan filter

Masing-masing dari mereka memiliki biaya sendiri-sendiri. Agar kalian memperoleh gambarannya, Saya akan berikan contoh pembuatan ukuran 3m x 7m dengan kedalaman 1,4 meter.

Baca juga Jasa Arsitek Jogja : Harga Bikin Rumah, Desain Interior dan Harga Renovasi

Langkah-Langkah Membuat Kolam Renang dan Harganya 

tahapan membuat kolam renang
foto : tahapan membuat kolam renang

Mari kita cari harganya dengan hitungan kasar dari pembuatan kolam remang dengan luas 3m x 7m kedalaman 1,4 meter berikut:

  • Biaya untuk Galian Kolam Renang

Jika luas galian adalah 3m x 7m dan kedalaman 1,4 meter, para tukang harus menggali dengan ukuran sekitar 3,6m x 7,6m dan kedalaman 1,6m. Kenapa lebih besar dari ukuran yang diminta?

Itu karena nanti akan dipasangi beton agar air tidak meresap masuk ke tanah. Jadi tanah sengaja lebih digali lebar dari aslinya.

Jenis tanah yang menjadi tempat galian juga ikut menentukan harga, biasanya untuk tanah berkapur atau limestone, harga galian bisa mencapai Rp 400 ribu sampai Rp 500 ribu per m3.

Sementara untuk tanah biasa sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 130 ribu per m3.

Jika luas galian adalah 3m x 7m dengan kedalaman 1,4, maka kita anggap saja biaya yang dibutuhkan secara keseluruhan adalah Rp 5 juta.

Biaya Galiannya : Rp 5 juta

  • Biaya Bekesting Kolam Renang

Bekesting adalah bentuk cetakan yang nantinya akan menjadi bentuk dari kolam tersebut. Sifat bekesting sementara saja, karena dia hanya sebagai cetakan yang menentukan bentuk konstruksi beton.

Dalam proses pembuatan bekesting, kita akan memakai dua jenis bahan, yaitu batako dan tripleks. Harga batako sekarang berkisar Rp 2.000 per buah, dan harga tripleks sekitar Rp 90.000 per buah.

Dan untuk tambahannya, gunakan juga beberapa kayu, biasanya para kontraktor memakai kayu kaso, balok hingga bambu sebagai penunjang.

Harga tersebut tinggal kalian kalikan saja dengan kebutuhan untuk membuat cetakan kolam. Jika menurut pengalaman para kontraktor kolam renang, dengan ukuran kolam 3m x 7m dengan kedalaman 1,4 maka biaya yang keluar adalah Rp 10 juta.

Biaya Bekesting: Rp 10 juta

  • Biaya Pembesian dan Pengecoran

Bagian ini lah yang paling memakan biaya. Pada kasus pembuatan 3m x 7m dengan kedalaman 1,4 meter, mereka menggunakan besi 8 dengan 2 lapis.

Lalu nanti ada juga pengaturan sloof. Sloof akan disesuaikan dengan beban air dan beton. Untuk memenuhi semua kebutuhan ini, kira-kira dana yang digelontorkan adalah Rp 10 juta.

Belum untuk biaya pengecoran. Para tukang memekai beton sebagai fondasi mereka, harganya sendiri sekitar Rp 1.300.000 ditambah dengan jasa para tukang. Diperkirakan, untuk biaya pembelian beton nanti bisa menghabiskan dana sekitar Rp 11 juta.

Biaya Pembesian dan Pengecoran: Rp 21 juta

  • Biaya Finishing 

Tahap selanjutnya kolam renang akan dipasangi lantai, pemasangan dinding , dan border pada bagian pinggiran

Tapi sebelum melakukan finishing, kita perlu melakukan waterproofing agar konstruksi tidak bocor.

Selanjutnya tinggal pemilihan keramik. Biasanya para kontraktor memakai keramik yang harganya sampai Rp 100.000 – Rp 180.000 per m2, lalu pembelian material Mozaic bisa mencapai harga Rp 450.000 per m2, lalu material finishing batu alam mencapai Rp 120.000 per m2.

Untuk ukuran 3m x 7m dengan kedalaman 1,4 meter, volume kolam bisa mencapai 50 m2. Dan sebesar itulah material finishng yang kalian perlukan. Singkatnya, pada biaya finishing kita butuh dana sebesar Rp 12 juta.

Biaya Finishing: Rp 12 juta

  • Adapun Biaya Alat-Alat terkait

Agar berfungsi dengan baik, kondisi air tetap segar dan tidak hanya bertindak sebagai genangan air saja, dibutuhkan beberapa alat pendukung seperti: pipa, pompa, filter, sand filter, dan beberapa aksesoris kolam renang lainnya.

Biaya ini tergantung dari merk apa yang dipilih. Jika kalian memilih pompa ¾ Hp merk hayward, sand filter merk hayward, diperkirakan biayanya bisa mencapai Rp 25.000.000

Biaya Peralatan: Rp 25 juta

Di atas adalah hitungan kasarnya saja. Belum tentu juga bakal semahal itu. Dan jika ditotal, untuk membuat 1 buah ukuran 3m x 7m dengan kedalaman 1,4 meter membutuhkan dana sekitar Rp 73 juta rupiah.

6 Ukuran dan Kedalaman Kolam Renang yang Ideal 

ukuran ideal membuat kolam renang
foto : ukuran ideal membuat kolam renang

Ukuran dan kedalaman kolam renang bisa disesuaikan dengan lokasi Anda. Tapi pastikan minimal ukurannya tidak kurang dari ini. Lalu berapa ukuran-ukuran kolam yang baik?

  • Ukuran Minimal Kolam Renang Rumahan

Ukuran untuk di rumahan yang hanya dipakai pribadi minimal berukuran 3m x 7m dan kedalamannya sendiri 60 cm untuk bagian dangkal dan kedalaman 2,5 meter pada bagian dalam.

Jika ingin yang lebih kecil lagi, Anda bisa mengakalinya dengan membentuk kolam menjadi seperti setengah lingkaran, persegi, lingkaran dan bentuk lainnya sehingga ukurannya jadi tidak begitu lebar, misalnya 2m x 8m.

  • Ukuran Minimal Kolam Renang Anak-Anak

Paling kecil biasanya 80 x 120 cm atau lebih luas lagi 1,5 x 2 meter dan kedalamannya berkisar antara 60 cm sampai 80 cm. Untuk luasnya boleh terserah Anda yang penting adalah kedalamannya.

Bagi anak-anak kedalaman 60 cm adalah kedalaman ideal, sementara untul bayi paling ideal adalah kedalaman 30 cm.

  • Ukuran Minimal Kolam Renang Publik

Karena kolam renang publik digunakan banyak orang, maka ukurannya haruslah besar. Minimal lebarnya adalah 5 meter, dan panjangnya 25 meter. Sementara kedalamannya sendiri akan lebih baik dibuat variasi.

Misalnya dari kedalaman 1 meter menuju 4 meter. Di publik sendiri biasanya tak cuma ada 1 jenis kolam saja, ada  untuk anak-anak, dewasa, dan berdasarkan lokasinya (indoor dan outdoor).

  • Ukuran Minimal Kolam Renang Standar Nasional

Karena dipakai untuk pertandingan olahraga, maka kita harus mengikti standar nasional yang sudah diatur di Permenpora nomor 0636 tahun 2014.

Contohnya, untuk ukuran tipe B, ukurannya diatur harus: 50m x 21m untuk luasnya, kedalaman 1,35 meter sampai 3 meter, lintasan 8 dan suhu air 25°C sampai 28°C.

  • Ukuran Minimal Standar Internasional

Jika kalian mengikuti peraturan Federasi Renang Internasional (Fédération Internationale de Natation, disingkat FINA) maka luas kolam yang mereka tentukan adalah 50m x 25 m.

Tapi bila Anda mengikuti peraturan Permenpora nomor 0636 tahun 2014 tipe A, maka ukuran arena menjadi: 50m x 26m, kedalaman 3 meter, lintasan 10 dan suhu air 25° C – 28° C.

  • Ukuran Minimal Sauna

Jenis sauna bukan untuk olahraga, tapi relaksasi tubuh dengan kondisi air yang panas. Ukurannya biasanya lebih kecil sekitar 1,8 x 2 meter dengan kedalaman 60 cm atau lebih.

Pokoknya yang nyaman untuk digunakan berendam air panas. Untuk ukuran seperti itu, biasanya muat untuk 4 – 6 orang.

Berapa Lama Proses Pembuatan Kolam Renang?

berapa lama proses membuat kolam renang yang keren
foto : berapa lama proses membuat kolam renang yang keren

Proses pembangunan meliputi kegiatan menggali tanah, bekesting, pembesian, pengecoran, finishing dan pemasangan alat-alat berserta aksesorisnya, kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk melakukan semua tugas itu adalah 16 sampai 20 minggu.

Bila cuacanya buruk, bisa saja waktu yang diperlukan lebih lama. Berikut adalah detail waktu yang diperlukan jika semuanya berjalan lancar:

  • Lamanya penggalian tanah bisa mencapai waktu beberapa hari atau lebih dari seminggu atau 2 minggu. Jika kolam yang digali tidak begitu luas, waktu yang dibutuhkan lebih sedikit. Tergantung luasnya, makin luas maka penggalian makin lama
  • Proses bekesting akan memakan waktu sangat lama, bekesting harus melekat saat proses pengecoran terjadi. Pembuatan bekesting bisa memakan waktu berminggu-minggu. Lalu kita harus menunggu bekesting dilepas, yang mana menyesuaikan apakah betonnya sudah kering atau belum
  • Proses pembesian dan pengecoran beton memakan waktu yang lama, jika ditotal, dari mulai penggalian sampai pengecoran beton, kira-kira membutuhkan waktu 12 sampai 16 minggu. Pada proses ini bekesting juga harus dibuka, kita harus menyesuaikan cornya, apakah sudah kering atau belum. Biasanya cor beton akan kering setelah 7 hari
  • Lalu untuk proses finishing, waktu yang dihabiskan kira-kira 4 mingguan

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait kolam renang, pembangunannya, kontraktor, proses, hingga harga.

Sekarang kalian tinggal mencari jasa kontraktor saja untuk melakukan proses pembangunan kolam renang impian.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Murah Area Jogja

jasa pembuatan kolam renang di jogja
foto : jasa pembuatan kolam renang di jogja

 Bagi Anda yang tinggal di Jogja, bisa memakai jasa pembuatan kolam renang dari BikinRumah.co.id

Jasa ini bergerak dalam pembangunan berbagai bangunan darimulai rumah, jembatan, kantor, apartemen, gedung, kolam renang dan bangunan lainnya.

Sebelum memulai memesan, Anda dapat berkonsultasi dulu (gratis). Coba bicarakan kepada kami bagaimana keinginan Anda, seperti apa yang mau Anda buat, kedalaman, ukuran dan estimasi biaya borongan kolam renang

Dengan arsitek kami, Anda bisa mulai mencurahkan desain yang diinginkan, atau menyerahkan tugas tersebut langsung pada arsitek kami.

Bagaimanapun itu, mulai saja dulu dengan kami. Tenang saja, ini gratis, jika sudah setuju atau deal dan memulai kontrak barulah diharuskan membayar.

Jika Anda sekarang sedang membutuhkan konsultasi, manfaatkanlah layanan gratis kami dengan cara seperti ini:

  1. Kunjungi situs resmi jasa kontraktor kolam renang jogja
  2. Pada bagian beranda, Anda bisa melihat berbagai portofolio kami, pengalaman kerja dan hasil kerja yang pernah kita lakukan. Di sana juga terdapat daftar harga dan layanan yang Anda peroleh. Harga tersebut bisa berubah tergantung bagaimana permintaan Anda
  3. Klik opsi ini: ‘Konsultasi Gratis’, nanti Anda akan langsung terhubung ke nomor WhatsApp kami. Atau klik opsi yang lain, seperti: ‘Mulai Gratis’, ‘Get Started’ atau ‘Hubungi Kami’. Pokokmya semua jenis ‘hubungkan pada kontak’, Anda klik saja

Mulai gratis dengan berkonsultasi. Siapa tahu Anda cocok dengan BikinRumah.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat