3 Cara Deteksi Kebocoran Pipa Air di Rumah Secara Mandiri

Pipa yang bocor dapat merusak bagian rumah Anda yang terkena air secara terus menerus, sehingga membutuhkan penanganan awal berupa deteksi kebocoran pipa air. Pendeteksian kebocoran dapat anda lakukan secepat mungkin sebelum beberapa bagian rumah tersebut rusak parah. Deteksi pipa bocor dilakukan untuk menemukan lokasi kebocoran yang spesifik dan bagian pipa yang bocor.

Kebocoran pada pipa air bisa terjadi kapan saja. Ada beberapa hal yang bisa mengakibat pipa air bocor yang perlu Anda ketahui. Kebocoran pipa air bisa terjadi karena ada bagian pipa yang pecah ataupun karena adanya sambungan pipa yang tidak rapat.

Pipa air yang yang berada di dalam tembok ataupun di bagian rumah yang tersembunyi memang membuat bangunan rumah terlihat lebih indah. Namun, hal itu akan menjadi masalah jika terjadi kebocoran dan menyebabkan beberapa bagian rumah terlihat tidak menarik lagi bahkan rusak.

Jika Anda membiarkan keadaan pipa air yang bocor dalam jangka waktu yang lama, penggunaan dan juga tagihan air akan meningkat dan pengeluaran membengkak. Selain itu juga dapat mengakibatkan kerusakan beberapa bagian rumah yang terkena air secara terus menerus.

Deteksi kebocoran pipa air pada pipa yang tersimpan di bagian tersembunyi ataupun di dalam tembok cukup menyulitkan proses pengecekan dan perbaikan. Walaupun begitu, Anda perlu mencoba melakukan pendeteksian secara mandiri terlebih dahulu.

Pengecekan secara mandiri tanpa menghubungi jasa ahli pipa akan lebih menghemat pengeluaran Anda. Lalu, bagaimana cara cek kebocoran pipa air? Atau apakah harus menggunakan alat cek kebocoran pipa air? Berikut ini ulasan singkat tentang cara deteksi kebocoran pipa air.

Deteksi Kebocoran Pipa Air Secara Mandiri

Ada beberapa poin yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan deteksi kebocoran pipa air di rumah.  Pastikan Anda melakukan pendeteksian secara detail dan teliti. Mintalah bantuan salah satu anggota keluarga ataupun teman untuk menemani Anda dalam pengecekan.

Mendeteksi Kebocoran Pipa Air di Tembok

deteksi kebocoran pipa air di tembok

Tembok rumah yang terkena kebocoran pipa air biasanya mengalami perubahan warna cat. Ada beberapa ciri-ciri tembok rumah yang mengalami perubahan warna cat akibat terus menerus terkena air.

Salah satu ciri-cirinya yaitu jika tembok rumah Anda berwarna putih, biasanya warna tersebut akan berubah warna menjadi kekuningan jika terus menerus terkena air. Perubahan warna yang terjadi di permukaan tembok biasanya memiliki corak abstrak atau tidak beraturan.

Ciri-ciri selanjutnya untuk mendeteksi kebocoran pipa air di tembok adalah dengan mencari tekstur tembok yang berbeda. Ada beberapa ciri tembok yang terkena air dari pipa yang bocor. Yaitu permukaan tembok menjadi lebih lembab hingga tembok tersebut bergelombang dan berbentuk sedikit cembung.

Selain itu, deteksi kebocoran pipa air di tembok juga bisa Anda lihat dari permukaan tembok. Tembok yang rusak akibat air yang membasahi secara terus menerus membuat permukaan tembok lebih kasar. Hal tersebut terjadi karena cat pada permukaan tembok mulai mengelupas.

Tembok juga bisa mengalami penjamuran. Hal tersebut dapat terjadi apabila tembok seringkali dalam keadaan lembab sehingga memicu pertumbuhan jamur. Jamur yang ada pada tembok biasanya berbentuk sekumpulan titik coklat ataupun warna hitam yang cukup padat.

Jamur yang tumbuh di tembok pada umumnya tidak dapat Anda lihat dengan mata telanjang. Namun, jika mengenai kulit dapat mengakibatkan gangguan kesehatan kulit seperti menimbulkan alergi bahkan penyakit gatal-gatal.

Mendeteksi Kebocoran Pipa Air di Toilet

deteksi kebocoran pipa air di kamar mandi

Cara deteksi kebocoran pipa air di toilet dapat Anda lakukan setelah mengetahui beberapa kebocoran yang sering terjadi di toilet. Salah satu permasalahan yang sering mengakibatkan kebocoran di toilet adalah seal karet.

Bisa jadi seal karet di toilet rumah Anda sudah terpakai dalam jangka waktu yang sangat lama. Selain itu seal karet yang sudah robek juga seringkali menjadi pemicu kebocoran pipa air di toilet. Dua contoh permasalahan seal karet tersebut perlu Anda perbaiki dengan cara menggantinya dengan seal karet yang baru.

Baca Juga Konstruksi Besi Baja, Besi WF Per m2

Mendeteksi Kebocoran Pipa Air pada Selang Flexible

deteksi kebocoran pipa air di selang flexible

Selain itu, mendeteksi kebocoran pipa air juga bisa Anda lakukan pada selang flexible. Ada beberapa penyebab yang seringkali terjadi pada bagian selang flexible. Salah satunya adalah selang flexible air mungkin bocor karena terbentur benda keras.

Selain itu, selang flexible juga seringkali rusak akibat tertarik dengan keras sampai robek. Untuk selang flexible yang rusak dan robek, Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Namun, Anda tidak perlu membeli selang flexible yang baru jika dapat diatasi dengan menambahkan seal tape. Seperti saat bagian sambungan drat kurang merekat dengan baik.

Mendeteksi Kebocoran Pipa Air di dalam Tembok / Lantai

deteksi kebocoran pipa air di lantai

Bagian pengecekan kebocoran pipa air yang paling sulit adalah ketika pipa air berada di dalam tembok / lantai. Kebocoran pipa air tidak dapat Anda lihat secara langsung dan tidak ada bagian yang terlihat lembab atau basah karena terkena air.

Penyebab utama yang sering terjadi pada permasalah kebocoran pipa air dalam tembok / lantai adalah lem pipa yang kurang kuat. Sehingga seiring berjalannya waktu, lem yang terpasang saat instalasi lepas dan pipa air bocor. Jika hal ini terjadi, Anda perlu menghancurkan tembok ataupun menggali tanah tempat Anda menyimpan pipa air.

Selain itu Anda bisa mengatasinya dengan cara membuka istalasi air bersih yang baru. Karena pengeluaran Anda bisa jadi lebih banyak jika harus membongkar tembok ataupun lantai. Buatlah instalasi air yang baru melewati atap atau dinding rumah agar mudah untuk melakukan perbaikan.

Bagaimana, mudah bukan mendeteksi kebocoran pipa? Anda bisa mencoba cara di atas secepatnya sebelum kebocoran yang terjadi semakin fatal. Demikian ulasan singkat mengenai deteksi kebocoran pipa air, semoga bermanfaat.

Apabila kebocoran tersebut udah parah bisa merugikan kantong keuangan anda, lebih baik pakai jasa kontraktor jogja yang sudah berpengalaman menangani permasalah pipa air rumahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat