Berapa Kisaran Gaji Kontraktor di Indonesia Tahun 2022

Salah satu pekerjaan yang hingga sekarang ini cukup banyak orang minati adalah menjadi seorang kontraktor. Terlebih gaji kontraktor terbilang cukup menggiurkan bagi masyarakat. Akan tetapi, sebelum mengetahuinya pastikan memahami dahulu seperti apa pengertian dan tugasnya.

Mengenal Apa itu Kontraktor dan Kisaran Gaji Kontraktor 

gaji kontraktor

Apa Pengertian Kontraktor?

Perlu Anda pahami, bahwa kontraktor adalah sebuah pihak baik itu badan hukum seperti PT atau CV maupun perorangan yang mendapat pekerjaan sekaligus tanggung jawab dalam membangun bangunan dengan persyaratan tertentu dari pemilik bangunannya sesuai kesepakatan.

Tentu saja, keberadaan jasa yang satu ini sangat penting saat seseorang ingin membangun rumah ataupun jenis hunian lainnya. Pasalnya, jasa tersebut tentu memiliki tenaga berpengalaman dan profesional dalam mengerjakan rumah tepat waktu.

Tidak hanya itu, tugas sekaligus masa tanggung jawab kontraktor tentu akan terus berjalan hingga masa garansi bangunannya berakhir. Adapun standar gaji karyawannya terbilang cukup tinggi. Dengan begitu, tidak heran jika ada banyak orang tertarik untuk menjalankan profesi tersebut.

Apa Saja Tugas Kontraktor?

Tugas jasa kontraktor yang paling utama adalah menyelesaikan pembangunan pemilik bangunan sesuai waktu, kualitas, serta biaya. Pemilik pekerjaan ini sendiri dapat berupa badan hukum, negara, hingga perorangan. Begitu pula dengan kontraktor dapat berupa perorangan atau badan hukum.

Tidak hanya itu, kontraktor juga umumnya menjadi pihak yang bertanggung jawab dalam mengerjakan baik seluruh atau sebagian pekerjaan. Tidak heran jika keberadaannya memiliki wewenang dalam menyediakan tenaga kerja, alat konstruksi, material bangunan, dan layanan lainnya sesuai kebutuhan.

Kontraktor sendiri akan mendapatkan proyek untuk mereka kerjakan lewat dua cara. Pertama yakni ditunjuk oleh sebuah perusahaan secara langsung atau bisa juga dengan mengikuti lelang dari perusahaan. Agar memenangkan lelang, maka perlu memenuhi kriteria sesuai kesepakatan.

Baca juga 24 Jasa Kontraktor Terbaik di Setiap Kota Indonesia dan Review Jasa Tersebut

Beberapa Tanggung Jawab Kontraktor

Perlu Anda pahami, bahwa kontraktor memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan pekerjaaan yang diperlukan hingga proyek selesai. Adapun tanggung jawab dan peran tersebut akan terwujud dalam berbagai aspek. Mulai dari pemantauan, perencanaan, manajemen, dan lainnya.

Tidak heran jika tanggung jawab sekaligus peran kontraktur tersebut berbeda dari proyek satu dengan lainnya. Mulai dari menentukan sekaligus mengestimasikan berbagai aspek proyek mulai dari bahan dan alat yang akan mereka gunakan, memastikan keselamatan kerja, dan lainnya.

Pihak kontraktor juga perlu mengantisipasi adanya kemungkinan perubahan dalam pembangunan proyek tersebut. Selain itu, mereka juga perlu melakukan koordinasi yang baik kepada semua pihak yang terlibat dalam konstruksi tersebut. Kontraktor juga perlu mengatur persyaratan izin, peraturan, dan hukum.

Berapa Kisaran Gaji Kontraktor?

Untuk kisaran gaji pekerja kontraktor yang telah kami kami update di tahun 2022 ini, mulai dari yang baru lulus SMK / SMA / Universitas umumnya mencapai Rp 2-6 juta setiap bulannya. Tidak jauh berbeda dengan jenjang karir dalam sebuah perusahaan bidang lainnya, untuk kualifikasi seseorang juga akan mempengaruhi gaji tersebut pada perusahaan konstruksi.

Oleh sebab itu, bisa saja gaji akan terus bertambah seiring meningkatnya level keahlian, pengalaman, serta sertifikasi dari jasa kontraktor. Lantas, apa perbedaan antara kontraktor dengan pemborong? Kedua hal tersebut tentu bukan termasuk profesi sama.

Pasalnya, kontraktor mempunyai sistem kerja berdasarkan kontrak tertulis. Berbeda dengan pemborong yang biasanya hanya melalui perjanjian lisan saja. Selain itu, hingga saat ini jasa kontraktor sudah memiliki badan hukum sehingga pemborong tidak.

Baca juga 9 Rekomendasi Daftar Perusahaan Kontraktor Terbesar di Indonesia

Daftar Gaji Kontraktor Berdasarkan Profesi Jabatan ( hitungan Rupiah ) Tahun 2022 :

SESUAI JABATAN ESTIMASI MINIMAL MAKSIMAL
Bagian Akutansi 5.000.000,- 7.200.000,-
Manager Akuntan 22.000.000,- 25.300.000,-
Tehnik Arsitek 10.000.000,- 18.500.000,-
Keahlian Otomotisasi 11.000.000,- 25.000.000,-
Bisnis Manager 21.000.000,- 28.000.000,-
Pembuat Riset dan Keahlian Bisnis 40.000.000,- 80.000.000,-
Kepala Tehnik 13.000.000,- 25.000.000,-
Direksi Utama 260.000.000,- 400.000.000,-
Direksi Pendamping 155.000.000,- 250.000.000
Kepala Insinyur Tehnik 10.000.000,- 23.000.000
Bagian Teknik dan Konstruksi 10.000.000 24.500.000
Bagian Konstruksi Umum 5.200.000 8.000.000
Manager Konstruksi 35.000.000 57.000.000

Tips Memilih Jasa Kontraktor yang Bagus

Setelah memahami pengertian, tugas, dan gaji sebelumnya, tentu sangat penting juga untuk memahami seperti apa saja tips dalam memilih jasa tersebut. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam mewujudkan properti sesuai keinginan masing-masing. Terlebih, sekarang ini sudah ada banyak jasa bermunculan.

Oleh sebab itu, jangan sampai memilihnya secara sembarangan. Pasalnya, perlu banyak pertimbangan saat ingin menggunakan jasa tersebut. Pastikan Anda memilih jasa kontraktor yang kredibel dan berkualitas. Jasa tersebut juga perlu memiliki identitas dan kontak yang jelas.

Perusahaan kontraktor yang sudah memiliki identitas dan kontak secara jelas tentu akan lebih terpercaya. Umumnya, identitas meliputi nama perusahaan, kontak mudah dihubungi, sekaligus alamat kantor mudah diakses. Apabila tidak memiliki hal tersebut ada baiknya untuk memilih jasa lainnya.

Itu tadi penjelasan lengkap tentang pengertian, tugas, serta gaji kontraktor. Setelah mengetahuinya, tentu saja akan ada banyak orang yang tertarik untuk menjalankan profesi tersebut. Pekerjaan ini memang sangat cocok apabila Anda menyukai proses pembangunan rumah. Apabila ada yang ingin menambahkan data gaji terbaru silahkan berkomentar di kolam bawah ini. Terimakasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 - BikinRumah.co.id