Cara Memperbaiki Pipa Bocor dan Sambungan

Cara memperbaiki pipa bocor tergolong membutuhkan ketelitian yang tinggi. Selain ketelitian, prosesnya juga sangat merepotkan. Apalagi jika Anda harus membongkar ulang pipa yang sudah tertanam di dalam dinding maupun di dalam lantai.

Oleh karena itu, Anda patut waspada terhadap kebocoran pipa di rumah. Justru akan lebih baik jika Anda dapat mencegahnya. Simaklah sebab-sebab kebocoran pipa air berikut ini sebagai pengetahuan sekaligus langkah awal pencegahan terjadinya kebocoran pipa air.

Kenali Sebab-Sebab Kebocoran Pipa Air

cara memperbaiki pipa air bocor

Sebelum mencari cara memperbaiki pipa bocor, kenali dahulu penyebab kebocoran tersebut. Berikut adalah sebab-sebab yang berpotensi membuat kebocoran pada pipa air.

1. Kualitas Pipa

Gunakan pipa yang berkualitas tinggi khususnya untuk pemasangan yang tertanam dalam tembok atau lantai. Jangan tergiur dengan harga pipa murah yang justru menjadi rawan bocor.

Terkecuali jika Anda hendak memasang pipa tersebut di luar (tidak ditanam). Sehingga tidak masalah jika memilih pipa yang murah, karena dapat dengan mudah terpantau dan proses perbaikannya tidak sulit.

2. Kualitas Plester Tembok

Plaster tembok yang terlalu keras memberikan efek penekanan yang kuat pada pipa yang tertanam. Sehingga menyebabkan pipa yang tertanam lama-lama akan pecah dan kebocoran besar pun terjadi. Oleh sebab itu pastikan kualitas plaster tembok Anda adalah yang terbaik atau ganti pipa Anda dengan kualitas yang lebih kuat.

Baca juga Cara Mencari Kebocoran Pipa Air di Tembok

3.  Korosi

Korosi pada pipa adalah hal yang lumrah terjadi pada pipa yang sudah lama tidak pernah diganti. Selain umur pipa, kandungan air juga dapat berpengaruh pada kondisi pipa. Jagalah agar kadar pH air di rumah tetap seimbang untuk memperlambat  proses korosi.

Untuk proses korosi yang tidak dapat terhindarkan ini, mau tidak mau Anda harus mengganti pipa air pada hunian Anda secara berkala.

4. Kualitas Pemasangan Pipa

Pemasangan pipa harus dilakukan dengan benar. Kurangilah titik-titik sambungan pada instalasi air Anda, karena titik inilah yang rawan terjadi kebocoran. Apalagi jika sambungan antar pipa tidak menggunakan lem yang berkualitas, maka sambungan akan mudah lepas.

Sambungan yang lepas atau bergeser ini dapat disebabkan oleh korosi dan tekanan air yang melaju terlalu tinggi. Oleh sebab itu gunakan lem pipa yang berkualitas pada sambungan antar pipa, serta pastikan bahwa tekanan air tidak terlalu tinggi.

Itulah hal-hal yang dapat menjadi penyebab kebocoran pada pipa air. Jika Anda sudah mengetahui penyebabnya secara pasti, maka Anda dapat mulai memperbaikinya sendiri. Lalu bagaimanakah cara memperbaiki pipa bocor secara mandiri? haruskah menambalnya atau mengganti pipa lama dengan yang baru?

Cara Menambal dan Menyambung Pipa Bocor

cara memperbaiki pipa wastafel bocor

Pertama-tama Anda harus mengerti dahulu letak titik kebocoran tersebut. Kemudian, Anda harus membongkar dinding atau lantai tepat pada titik yang sesuai untuk melihat kondisi pipa. Lalu amatilah pipa dengan teliti untuk mengetahui seberapa besar tingkat kerusakan.

Bila terjadi kerusakan parah, maka Anda perlu mengganti pipa lama dengan yang baru. Namun bila hanya terdapat kebocoran halus, Anda hanya perlu menambalnya saja. Proses mengganti dan menambal pipa harus dilakukan dengan teliti. Oleh sebab itu, perhatikanlah informasi berikut sebagai panduan cara memperbaiki pipa bocor secara mandiri.

1. Cara Menambal  Pipa

Untuk kerusakan yang halus, Anda hanya perlu menambalnya saja. Sebelum melakukan proses penambalan, pastikan keran air telat ditutup total. Kemudian persiapkanlah bahan yang Anda butuhkan berupa pipa PVC baru dan Lem khusus Pipa.

Berikut adalah cara memperbaiki pipa bocor dengan metode tambal pipa. Langkah pertama, potonglah pipa PVC baru membentuk huruf “U” dengan ukuran yang sesuai untuk menutup kebocoran. Kemudian, oleskan lem khusus pada pipa berbentuk “U” tersebut dan tempelkan pada area pipa yang bocor. Tahan posisi beberapa saat sampai lem pipa mengering, dan kedua pipa tersebut menyatu dengan sempurna.

Cek kembali untuk memastikan kebocoran sudah tertutup dengan sempurna, dengan cara menyalakan kembali keran air agar aliran air melewati pipa tersebut. Pastikan tidak ada air yang merembes keluar. Ketika sudah tidak ada lagi air yang merembes dari pipa, maka proses penambalan sudah selesai.

Baca Juga Cek Kebocoran Pipa Air dengan Mudah

2. Cara Menyambung Pipa

Untuk kerusakan pipa yang parah seperti terdapat keretakan yang besar atau pipa sampai pecah, maka Anda perlu mengganti pipa bocor tersebut dengan yang baru. Sebelum melakukan proses tersebut pastikan seluruh keran air telah mati. Kemudian persiapkan bahan berupa pipa baru, lem khusus pipa dan sealtape khusus pipa.

Berikut adalah cara memperbaiki pipa bocor dengan metode sambung pipa. Langkah pertama yaitu potonglah pipa yang sudah rusak tersebut. Setelah terpotong, Anda harus menyambungnya kembali dengan pipa yang baru. Lapisi sambungan pipa dengan  lem khusus pipa, lalu tempelkan dan tahan posisi sampai lem benar-benar kering dan sambungan antar pipa sudah menempel dengan baik.

Kondisi khusus bila sambungan pipa menggunakan drat, maka gunakanlah sealtape untuk memperkuat sambungan. Terakhir, selalu cek kembali kondisi pipa, dengan menyalakan kembali keran air dan membiarkan air mengalir melewati sambungan. Pastikan sudah tidak ada air yang merembes dari sambungan.

Nah, itulah dua cara yang dapat Anda praktikkan sendiri di rumah dengan mudah. Inti dari cara memperbaiki pipa bocor adalah dengan melihat seberapa besar kerusakannya, dan menentukan metode yang tepat untuk memperbaikinya.  Bila bisa memperbaikinya sendiri, maka tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk memanggil tenaga ahli. Apabila masih kesulitan, Anda bisa langsung menghubungi jasa kontraktor jogja untuk mengatasi secara cepat masalah kebocoran pipa air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Jasa Kontraktor Jogja | Design Rumah - Konstruksi - Gedung Bertingkat